Jangan Takut Bila Kentutmu Bau Karna Makan Telur Asin! Ini 13 Manfaat yang Terkandung, Kamu Wajib Tau!

Jangan Takut Bila Kentutmu Bau Karna Makan Telur Asin! Ini 13  Manfaat yang Terkandung, Kamu Wajib Tau!

Telur asin adalah masakan Indonesia dengan bahan dasar telur bebek dan termasuk makanan yang sangat populer.--

DISWAY JOGJA.ID - Telur asin adalah masakan Indonesia dengan bahan dasar telur bebek dan termasuk makanan yang sangat populer. Istilah telur asin mengacu pada telur yang telah diawetkan dengan garam.

Telur asin memiliki beberapa nutrisi diantaranya; mengandung energi 195 kalori, protein 13,6 gram, karbohidrat 1,4 gram, lemak 13,6 gram, kalsium 120 miligram, fosfor 157 miligram, dan zat besi 2 miligram.

Selain itu, telur asin mengandung vitamin A 841 IU, vitamin B1 0,28 miligram, dan vitamin C 0 miligram. Hasil ini diperoleh dengan pengujian 100 gram telur asin dengan persentase layak konsumsi sebesar 83%.

Telur asin mengandung berbagai nutrisi yang penting bagi tubuh, berikut adalah beberapa manfaat telur asin yang perlu Anda ketahui untuk mendukung kesehatan:

1. Mendukung Regenerasi Sel

Protein membantu tubuh membentuk sel baru dan meregenerasi sel yang rusak. Mengonsumsi telur asin dapat meningkatkan proses regenerasi sel yang optimal.

Ini berarti bahwa sel-sel dalam tubuh akan lebih tahan terhadap kerusakan.

2. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi yang tinggi dalam telur asin membantu mencegah gejala anemia pada tubuh. Gejala ini termasuk mual, pusing, sakit kepala, dan kelelahan ringan.

Meskipun demikian, konsumsi harus dibatasi dalam batas yang tepat.

3. Baik Untuk Kesehatan Mata

 

Meningkatkan fungsi penglihatan merupakan bagian dari manfaat telur asin. Hal ini karena vitamin A dan B  dari kandungan telur asin dapat melindungi mata dari kekeringan, serta mencegah katarak dan penyakit mata terkait usia.

BACA JUGA:Soal Pernyataan Kentut Bau Telur Asin, KPMDB Jakarta Tuntut Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Minta Maaf

4. Penangkal Radikal Bebas

Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan dalam telur. Antioksidan berperan sebagai penangkal radikal bebas yang membantu menjaga kesehatan tubuh.

Selain dari telur asin kamu juga dapat mendapatkan antioksidan dari berbagai buah-buahan dan dari the yang menyegarkan.

5. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat lain dari telur asin adalah meningkatkan sirkulasi darah. Ini disebabkan oleh kandungan mineral dan nutrisi yang berbeda dalam telur. Nutrisi ini bekerja dengan memperlebar pembuluh darah dalam tubuh.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Telur asin mendukung pertumbuhan otak. Omega-3 yang terkandung dalam telur berperan dalam pertumbuhan sel otak dan mencegah masalah pada organ tersebut.

Asupan ini sangat cocok untuk ibu hamil dan anak-anak hingga usia 3 tahun.

7. Kuning telur juga kaya akan kolin dan lesitin

Kolin adalah nutrisi yang berperan seperti vitamin yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan membran sel otak, neurotransmitter, dan sistem saraf.

Studi Plasma free choline menyatakan bahwa kolin sangat penting untuk kesehatan otak. Studi dengan 2.200 partisipan dewasa menunjukkan bahwa kadar kolin yang tinggi dalam darah berhubungan dengan fungsi otak yang lebih baik.

Nutrisi ini juga penting selama kehamilan untuk mendukung perkembangan otak janin. Selain itu, studi The golden egg juga menyatakan bahwa kolin adalah nutrisi mirip vitamin yang penting untuk meningkatkan membran sel dalam tubuh.

BACA JUGA:Wajib Tau! Ternyata Buah Stroberi Tidak Hanya Bernutrisi Tapi Juga Baik Untuk Kecantikan, Simak Penjelasanya!

8. Melindungi Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat lain dari telur asin adalah untuk sebagai kekebalan tubuh yang baik. Ini diperoleh dari kandungan selenium yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

9. Mencegah Masalah Pada Tulang

Kandungan fosfor dan kalsium yang terkandung pada telur asin sangat berguna untuk menjaga dan mendukung pertumbuhan tulang. Selain itu, makanan sehat ini juga berguna untuk mencegah osteoporosis.

Selain itu, kandungan kalsium juga berperan dalam mendukung pertumbuhan tulang terutama pada anak-anak dan remaja.

10. Penambah Metabolisme Tubuh

Fungsi dari telur asin bagi tubuh yaitu untuk meningkatkan metabolisme. Protein dalam telur bekerja dengan memberikan energi pada sel-sel tubuh untuk memanfaatkan gizi dari makanan dan minuman. Dengannya, metabolisme tubuh dapat ditingkatkan.

11. Meningkatkan Massa Otot

Protein dalam telur asin juga membantu meningkatkan massa otot. Nutrisi ini memainkan peran penting dalam membangun jaringan otot dalam tubuh.

12. Mengurangi Risiko Beberapa Penyakit

Dari beberapa penelitian menyebutkan bahwa karotenoid yang terdapat dalam kuning telur adalah senyawa antioksidan yang dapat melindungi sel dan DNA dari kerusakan oksidatif.

Karotenoid utama dalam kuning telur termasuk karoten, cryptoxanthin, zeaxanthin, dan lutein, yang berhubungan dengan penurunan risiko penuaan, katarak, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker. Semoga bermanfaat(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: www.halodoc.com