Bikin Gerah dan Tidak Nyaman? Berikut 10 Rekomendasi Kain yang Cocok dijadikan Bahan Pakaian

Bikin Gerah dan Tidak Nyaman? Berikut 10 Rekomendasi Kain yang Cocok dijadikan Bahan Pakaian

Ilustrasi beberapa jenis kain-Disway-Pinterest

DISWAYJOGJA.ID - Selain minuman dan makanan, pakaian menjadi salah satu kebutuhan pokok yang tidak lepas dari kehidupan manusia.

Agar nyaman digunakan, tentu seseorang harus pandai dalam memilih pakaian yang akan dikenakan. Hal yang perlu diperhatikan saat memilih pakaian salah satunya adalah segi kainnya.

BACA JUGA:Rekomendasi Outfit Ngampus untuk Mahasiswa Baru

Kamu perlu memastikan apakah kain tersebut cocok untuk dijadikan pakaian, apakah nyaman saat digunakan, ataupun sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. 

Nah, ada berbagai jenis kain yang ditawarkan di pasaran. Mulai dari yang memiliki kualitas baik dengan harga murah hingga kain premium dengan harga fantastis. Kamu perlu memilih kain tersebut sesuai kebutuhan mu.

10 Rekomendasi Kain yang Cocok untuk dijadikan Bahan Pakaian 

Berikut diswayjogja rekomendasikan jenis-jenis kain yang sering digunakan untuk bahan pakaian berikut ini!

1. Linen

Kain linen terbuat dari serat rami yang ditenun. Karena sifatnya yang cukup sejuk dan mampu menyerap keringat dengan baik, kain ini cocok untuk digunakan untuk membuat seprai.

Kamu bisa memilih pakaian dengan bahan linen berkualitas yang lebih halus agar tahan lama dan lebih nyaman di kulit. 

Kain ini juga tidak mudah menimbulkan reaksi alergi apapun, sehingga cocok untuk dijadikan pilihan bahan pakaian.

BACA JUGA:6 Perbedaan Budaya Kuliah dan Sekolah yang Biasanya Bikin Mahasiswa Baru Kaget!

2. Drill

Kain yang satu ini memiliki wujud menyerupai kain katun. Hanya saja kain drill lebih tebal dibanding katun biasanya. 

Kain yang terbuat dari pencampuran serat tetoron dan rayon serta polyester ini biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan seragam sekolah baik celana, baju, rok atau seragam pabrik.

 BACA JUGA:Perempuan Harus Tahu! Ini Tips Mengenakan Pakaian Sesuai Bentuk Tubuh

3. Katun

Katun merupakan salah satu kain yang paling populer dan tidak asing didengar. Kain yang terbuat dari serat kapas ini dikenal sebagai jenis kain yang paling nyaman di kulit dan mempunyai daya serap keringat yang baik.

Selain itu, katun memiliki serat yang kuat sehingga tahan lama.

Ada berbagai jenis katun yang bisa ditemukan, mulai dari yang berbahan serat 100% alami, maupun yang dicampur dengan polyester. Meski begitu, katun tetap nyaman dijadikan pakaian yang dipakai untuk beraktivitas sehari-hari. 

Beberapa jenis katun tersebut antara lain katun paris, katun jepang, katun ima, katun linen, katun twill, katun toyobo, katun silk, dan masih banyak lagi.

4. Kain sifon

Kain sifon terbuat dari perpaduan antara bahan nilon, sutra, katun, polyester dan rayon. Kain ini memiliki tekstur ringan, tipis dan transparan.

Kain sifon biasanya digunakan untuk pelapis gaun malam karena cukup mengkilap.

Perlu diketahui kain ini sulit menyerap keringat. Karenanya kamu perlu mengkombinasikan kain ini dengan beberapa paduan bahan lain seperti katun atau spandeks. 

5. Kain rajut

Kain yang satu ini cocok digunakan sebagai bahan untuk pakaian musim dingin. Ia terbuat dari jeratan benang-benang yang dirajut saling bertautan. 

Meskipun nyaman digunakan, kain ini kurang cocok dipakai saat musim panas karena tidak pandai menyerap keringat.

6. Kain jersey

Kain jersey menjadi salah satu jenis kain yang cocok digunakan untuk pakaian olahraga maupun sejenisnya. 

Sifatnya elastis, halus, tidak berbulu, cukup tebal dan mudah melar. Kain ini mampu menyerap keringat dan terasa dingin saat dikenakan, sehingga sangat cocok untuk berolahraga.

7. Sutera

Sutera merupakan jenis kain dengan kualitas tinggi. Saat dikenakan, kain ini terasa lembut dan menyejukkan. Harganya pun dijual lebih mahal dari pada kain lainnya.

Kain ini terbuat dari kepompong ulat sutera, dan mempunyai perawatan yang cenderung tidak mudah.

BACA JUGA:Tidak Makan Terlalu Banyak tapi Tetap Menggemuk? Mungkin ini Penyebabnya

8. Denim

Jika kamu mengira jeans adalah salah satu nama kain, kamu salah. Jeans merusak nama  celana yang terbuat dari bahan denim.

Kain ini tak perlu dipertanyakan lagi kualitasnya, karena terbuat dari serat yang sangat kuat, tebal namun mudah dicuci. 

Meski biasanya digunakan sebagai kain utama pembuatan jaket dan celana panjang, denim juga bisa dijadikan sebagai bahan utama pakaian sehari-hari seperti blus, rok maupun casual dress sesuai dengan ketebalannya masing-masing.

9. Brokat

Siapa yang tidak kenal dengan kain brokat? Ya, kain brokat menjadi salah satu macam kain yang sering digunakan sebagai bahan dasar kebaya. 

Tampilannya yang mewah membuat pakaian berbahan brokat cocok digunakan untuk acara resmi seperti pernikahan atau pesta formal.

Kain ini biasanya didesain cantik dengan berbagai motif ditambah mute yang memberi kesan lebih menarik.

10. Viscose

Selain sutera, ada pula kain viscose yang cukup berkualitas tinggi. Tekstur nya terasa sejuk, mudah menyerap keringat, dan terlihat mewah. 

Viscose terbuat dari sumber alami yang diproses dengan bahan kimia agar menjadi lembut. 

 

Nah, untuk memilih bahan kain yang tepat kamu juga harus mempertimbangkan hal lain seperti budget, detail jahitan, maupun warna kain tersebut. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: