Perempuan Harus Tahu! Ini Tips Mengenakan Pakaian Sesuai Bentuk Tubuh

Perempuan Harus Tahu! Ini Tips Mengenakan Pakaian Sesuai Bentuk Tubuh

Gambaran berbagai bentuk tubuh--

DISWAYJOGJA.ID - Setiap orang, khususnya perempuan pasti selalu ingin terlihat langsing dan bagus ketika mengenakan pakaian. Bukan tanpa alasan, pakaian yang cocok akan membuat mereka lebih percaya diri, terlebih ketika bertemu dengan orang lain.

Perlu diketahui setiap perempuan mempunyai bentuk tubuh yang berbeda-beda, dari bentuk tubuh tersebut terdapat kekurangan serta kelebihan tersendiri. Namun, itu tidak menghalangi kamu untuk tetep terlihat cantik kapanpun dan dimanapun

Mengutip dari popmama.com, ini dia tips-tips mengetahui jenis tubuh yang kamu miliki, dan apa saja pakaian yang lebih cocok untuk dikenakan:

1. Bentuk Tubuh Persegi

Yang dimaksud bentuk tubuh persegi yakni apabila bahu serta pinggul memiliki kesamaan lebar, sehinga bentuk badan menyerupai persegi. Perempuan dengan bentuk tubuh ini biasanya tidak memiliki lekukan pada pinggang dan hanya lurus mulai dari bahu sampai ke pinggul. Ia cenderung memiliki dada kecil atau rata dan pantat yang rata juga. 

Agar terlihat lebih cocok, gunakan baju two pieces/ 2 bagian untuk menyamarkan bentuk tubuh yang tanpa lekuk. Bila ingin memakai gamis atau terusan, selipkan aksesoris seperti ikat pinggang untuk memberi efek lekukan pada pinggang.

Hindari menggenakan pakaian ketat, itu akan semakin memperlihatkan bentuk tubuh yang lurus. 

2. Bentuk Tubuh Segitiga Terbalik

Perempuan dengan bentuk tubuh ini, memiliki dada bidang dan lebar sedangkan pinggulnya kecil. Sehingga jika dilihat seperti segitiga terbalik. Orang-orang yang suka berolahraga renang biasanya memiliki bentuk tubuh seperti ini.

Baiknya gunakan baju atau kaos yang bahannya jatuh untuk menyamarkan bahu yang lebar. Gunakan juga celana/ rok dengan potongan lebar agar terlihat berisi.

Usahakan jangan gunakan tanktop atau pakaian tanpa lengan, yang justru akan memperlihatkan bahu kamu yang lebar. Untuk celana/ rok hindari yang berbentuk ketat atau model pensil yang mengerucut di bawah agar tidak semakin memperlihatkan tubuh bagian bawah yang kecil.

3. Bentuk Tubuh Pir

Dinamakan pir karena cenderung memiliki pinggul, pantat, dan paha yang besar dan cenderung berukuran kecil untuk bagian dada. Seringkali kita temukan orang yang sebenarnya bertubuh kurus, tetapi terlihat gemuk hanya karena bagian bawahnya yang berukuran besar.

Untuk pemilik tubuh ini gunakan celana maupun rok yang melebar kebawah guna menyamarkan bentuk pantat/paha yang besar. Pakailah pakaian yang memiliki banyak detail, seperti kerah yang besar, baju model sabrina, atau model lengan kelelawar/ balon, supaya dapat menyeimbangkan dengan tubuh bagian bawah. Perlu diketahui bahwa warna gelap turut membantu untuk menyamarkan bagian bawah tubuh yang besar. Bila kamu tidak menyukai ketat, kamu bisa mengenakan pakaian yang lebih longgar agar terlihat lebih percaya diri. 

4. Bentuk tubuh jam pasir

Bentuk tubuh yang keempat ini bisa dibilang sebagai bentuk tubuh yang ideal dan diidam-idamkan banyak perempuan. Kesamaan ukuran antara bahu dan pinggul serta lekuk tubuh yang terlihat jelas di bagian pinggang terlihat seperti bentuk jam pasir.

Kalau kamu memiliki tubuh ini gunakan rok atau celana pensil untuk memperlihatkan lekuk tubuh. Ini akan membuatmu terlihat menawan. Selain itu gunakanlah ikat pinggang aksesoris sejenisnya di area pinggang agar lebih terkesan manis. Kamu juga dapat memilih atasan dengan leher terbuka baik berkerah maupun tidak Bila tidak ingin terlihat besar, hindari menggunakan baju yang kelonggaran.

5. Bentuk Tubuh Apel

Perempuan seperti ini mayoritas besar di bagian atas, namun tidak memiliki lekuk di bagian pinggang. Mereka cenderung memiliki dada dan bagian perut yang cenderung besar, tapi bagian pinggul, kaki dan paha memiliki ukuran lebih kecil.

Agar tetap percaya diri kamu bisa menggunakan dress/ terusan dengan model A untuk membentuk lekukan pada pinggangmu yang cenderung lebar. Kaki yang cenderung kecil memiliki poin plus dalam berpenampilan. Jadi jangan ragu untuk pamerkan kakimu dengan menggunakan celana atau rok pendek bagi yang senang memakainya. 

Usahakan untuk hindari pakaian ketat. Seperti baju, celana legging, celana pensil, dan sejenisnya. Hindari pula penggunaan ikat pinggang besar yang hanya akan membuat perutmu terkesan besar. Kamu juga bisa menjauhi pakaian dengan motif berlebihan agar pandangan orang tidak mengarah pada bagian atas tubuhmu, dan membuat tubuhmu terlihat semakin penuh.

Bagaimana? mudah bukan mengetahui bentuk tubuh dan pakaian apa yang pantas kamu kenakan? Apapun bentuknya, selalu ada tips dan solusi agar kamu tetap dapat tampil percaya diri. Ingat! Semua perempuan mempunyai cantiknya sendiri-sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: