6 Perbedaan Budaya Kuliah dan Sekolah yang Biasanya Bikin Mahasiswa Baru Kaget!

6 Perbedaan Budaya Kuliah dan Sekolah yang Biasanya Bikin Mahasiswa Baru Kaget!

Ilustrasi suasana sekolah dan perkuliahan -Disway-

DISWAYJOGJA.ID - Kuliah merupakan jenjang sekolah yang paling tinggi, baik itu S1, S2, S3, D1, D3 dan lain-lain. Karenanya banyak sekali perbedaan yang ditemukan antara kuliah dan sekolah di bawahnya seperti SMA maupun SMP.

Tak heran bila banyak mahasiswa yang cukup kaget dengan budaya-budaya yang ada di perkuliahan. Kira-kira apa saja? Simak sampai selesai!

1. Pakaian 

Pakaian menjadi salah satu perbedaan utama antara kuliah dan sekolah.

Di sekolah diwajibkan untuk memakai seragam seperti yang dijadwalkan. Berbeda dengan mahasiswa kamu bisa menggunakan pakaian apapun asalkan sopan.

Namun ada juga beberapa perguruan yang mengharuskan mahasiswanya mengenakan seragam seperti politeknik kesehatan, perguruan tinggi vokasi. Namun jumlahnya tidak sebanyak perguruan tinggi lain yang tidak memiliki aturan seragam untuk mahasiswanya.

2. Jadwal

Jika biasanya di sekolah kamu akan belajar dari pagi hingga sore dengan durasi yang telah ditentukan, berbeda dengan perguruan tinggi yang memiliki waktu lebih fleksibel.

Hal ini tergantung pada kelas mana mata kuliah apa yang kamu ambil. Waktunya bisa saja pagi, siang, ataupun sore.

3. Sumber Belajar

Kalau di sekolah kamu akan belajar dengan sumber yang telah disediakan seperti LKS, buku paket, dan lain sebagainya.

Sedangkan saat kuliah, kamu harus mencari sumber lain karena buku saja tidak cukup. Ini tidak lain agar mahasiswa dituntut lebih mandiri.

4. Liburan

Saat liburan tiba, kebanyakan siswa akan menghabiskan waktunya untuk beristirahat dan bersenang-senang, dari banyaknya tuntutan akademik yang biasanya diberi saat aktif sekolah.

Berbeda dengan kuliah yang memiliki durasi liburan lebih panjang dari 2 bulan hingga 3 bulan lamanya saat tahun ajaran baru. Ini tentu sangat lebih lama dari pada libur sekolah yang hanya 2 sampai 3 minggu saja.

Namun jika mengikuti organisasi, waktu libur ini digunakan untuk mengikuti kebijakan organisasi.

5. Kemandirian

Jika disekolah, biasanya pembelajaran akan dimulai oleh guru, baru kemungkinan siswa akan diberi soal atau tugas rumah.

Berbeda saat kuliah mahasiswa akan dituntut mandiri untuk memahami sendiri tema yang sudah dosen siapkan. Terus setelahnya dosen akan mengevaluasi hasil tugas mahasiswa.

6. Istilah

Saat menjadi mahasiswa, kamu akan menemui banyak istilah-istilah asing yang tidak biasa didengar saat di sekolah. Seperti UKT, IPK, KKN, KRS, PKL, Sempro, dan masih banyak yang lain.

Ini tentu akan membuat bingung, tapi perlahan kamu akan terbiasa dan hafal dengan sendirinya.

 

Demikian beberapa perbedaan budaya yang sering kali ditemukan antara kuliah dan sekolah. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: