Habiskan Biaya Hingga 20 Milyar, Ini 11 Fakta Menarik Film Mencuri Raden Saleh

Habiskan Biaya Hingga 20 Milyar, Ini 11 Fakta Menarik Film Mencuri Raden Saleh

Poster film mencuri raden saleh-Disway-Pinterest

DISWAYJOGJA.ID - Film Mencuri Raden Saleh rilis pada Agustus tahun 2022 yang lalu. Film ini dibintangi para aktor dan aktris muda berbakat, seperti Angga Yunanda, Iqbal Ramadhan, Umay Shahab, Ari Irham, Rachel Amanda, dan Aghniny Haque.

Tak hanya piawai memainkan peran, tampang para pemain yang memikat membuat film ini sangat dinanti-nantikan oleh banyak orang pada masanya.

Selain itu, film yang disutradarai Angga Dwimas Sasongko ini, menyajikan ide dan jalan cerita yang sangat menarik. Bergenre aksi, membuat film ini seru untuk ditonton.

Film Mencuri Raden Saleh mengisahkan sekelompok pemuda yang berencana mencuri lukisan karya Raden Saleh senilai Rp3 miliar. Aksi pencurian lukisan yang disimpan di istana presiden itu tentu saja tidak akan berjalan mudah.

11 Fakta Menarik Film Mencuri Raden Saleh 

Jika kamu termasuk penggemar film ini, berikut sederet fakta menarik film Mencuri Raden berdasarkan berbagai sumber.

1. Mengabiskan biaya hingga 20 miliar

Menurut sutradara Angga Dwimas Sasongko, Mencuri Raden Saleh merupakan karya termahal yang pernah ia buat. Film ini menghabiskan lebih dari Rp20 M untuk biaya produksinya.

2. Menghancurkan 20 Mobil baru

Setidaknya ada 20 mobil baru yang dihancurkan guna keperluan syuting. Hal ini merupakan salah satu faktor yang menghabiskan dana sebegitu besarnya.

3. Proses pengambilan gambar Mencuri Raden Saleh dilakukan banyak tempat.

Proses pengambilan gambar untuk film ini dilakukan dibanyak tempat. Seperti di salah satu museum di Kota Tua, Jakarta Barat. Juga di Surabaya untuk mendapatkan interior Istana Negara yang pas.

4. Film bergenre heist pertama 

Sesuai dengan judulnya, Film Mencuri Raden Saleh merupakan film pertama bergenre heist produksi Visinema. Genre heist adalah genre perampokan yang menjadi salah satu jenis dari genre film kejahatan.

Film dengan genre ini biasanya menampilkan keterampilan, kecerdikan, serta keberanian para perampok yang terampil dalam melakukan aksi kejahatan.

5. Naskah film ditulis 4 tahun lamanya

Menurut sutradara, naskah film ini bergenre sudah ditulis selama empat tahun dengan proses melalui empat penulis.

Ide film ini sendiri muncul saat sang sutradara melihat lukisan karya Maestro Raden Saleh. Menurutnya lukisan itu akan sangat mudah dicuri dilihat dari lokasinya dan terbersitlah ide untuk memfilmkannya.

6.  Iqbaal Ramadhan sengaja belajar melukis untuk mendalami peran.

Dikarenakan tidak pandai dalam melukis, Iqbaal Ramadhan secara langsung belajar melukis dengan Maestro Indonesia Suharmanto dan Dedy Sufriadi di Yogyakarta.

7. Ari Irham sengaja belajar mengendarai truk

Menurut Ari Irham, ia sempat mengalami kesulitan mengendarai truk karena ia belum terbiasa. Saat proses syuting bahkan ia sempat menabrak karena masih dalam proses belajar. 

8. Angga Yunanda mengikuti kelas hacker profesional

Untuk mendalami karakter sebagai hacker, Angga Yunanda sengaja mengikuti kelas hacker untuk dipraktekkan saat proses pembuatan film.

9. Rachel Amanda juga belajar trik kartu.

Untuk mendalami karakternya, Rachel juga sengaja mempelajari beberapa trik-trik khusus dalam permainan kartu.

10. Menampilkan berbagai adegan yang cukup sulit. 

Film Mencuri Raden Saleh menyuguhkan adegan cukup sulit seperti meloncati gedung, mengendarai mobil diarea yang sempit, dan masih banyak yang lain.

Hebatnya, Iqbaal Ramadhan sebagai piko sama sekali tidak menggunakan pemeran pengganti untuk adegan aksinya. Ari Irham juga memilih untuk tetap memerankan diri meski harus mengendarai mobil dengan sangat cepat.

11. Bertabur bintang papan atas.

Selain menggandeng para aktor dan aktris muda papan atas, Film Mencuri Raden Saleh juga dibintangi beberapa aktor senior Ratna Riantiarno, Tio Pakusadewo, dan Dwi Sasono.

Tak heran bila film ini akhirnya sukses memikat hati para penonton.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: