7 Amalan Sebelum Tidur yang diajarkan Rasulullah, No 1 dijamin Bikin Tidur Makin Nyenyak!

7 Amalan Sebelum Tidur yang diajarkan Rasulullah, No 1 dijamin Bikin Tidur Makin Nyenyak!

-Disway -Google

DISWAYJOGJA.ID - Islam hadir dengan beragam amalan yang sangat bermanfaat bila dilakukan seorang muslim. 

Salah satunya amalan ketika hendak tidur. Sebagai seorang muslim, baiknya kita melakukan berbagai amalan yang Rasulullah ajarkan tidak lain untuk kebaikan diri sendiri.

BACA JUGA:Lakukan Hal ini Jika Kamu Sulit Tidur!

Selain itu, mengamalkannya mempunyai banyak keutamaan-keutamaan yang tidak terhingga. Serta dapat membuat kita terjaga dan lebih tenang saat tidur.

7 Amalan Sebelum Tidur yang diajarkan Rasulullah 

Bagi kamu yang belum tahu amalan-amalan tersebut, simak bacaan ini baik-baik ya.

1. Berwudhu Sebelum Tidur

Dalam sebuah hadist diriwayatkan,

“Barang siapa yang berwudhu sebelum tidur, maka malaikat akan menjaganya dan setan tidak akan mendekatinya.” (HR. Muslim, no. 2714)

Dari hadits diatas kita dapat menyimpulkan bahwa berwudhu sebelum tidur adalah amalan sunnah yang sangat dianjurkan dan memiliki banyak manfaat. Karenanya mari berusaha untuk mengamalkan sunnah ini sebagai bagian dari rutinitas harian kita, tidak lain agar mendapatkan keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT.

 

2. Membersihkan Tempat Tidur Sebelum Tidur

Dalam hadits Riwayat Muslim Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

“Jika kalian ingin tidur, hendaklah kalian menyapu tempat tidur kalian dengan sarung kalian, karena kalian tidak mengetahui apa yang ada di atas tempat tidur kalian.”

 

3. Membaca Doa Sebelum Tidur

Membaca doa sebelum tidur menjadi salah satu cara Nabi Muhammad SAW untuk mengingat Allah SWT dan mensyukuri nikmatNya.

Amalan ini bertujuan untuk memohon perlindungan dari berbagai macam gangguan yang mungkin terjadi saat tidur. Dengan demikian, kualitas tidur akan lebih terjaga, dan kita akan merasa lebih tenang saat beristirahat.

 

4. Membaca Surah Al-Mulk Sebelum Tidur Membaca Surat Al-Mulk sebelum tidur dapat melindungi pembaca dari siksa kubur.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Ada sebuah surah dalam Al-Quran yang terdiri dari tiga puluh ayat, yang akan memberikan syafaat kepada pembacanya hingga ia diampuni (dari dosa-dosanya); surah itu adalah Tabarakalladzi biyadihil mulk (Surah Al-Mulk).” (HR. At-Tirmidzi)

Dalam hadits lain juga diriwayatkan, 

“Barangsiapa yang membaca surah Tabarakalladzi biyadihil mulk (Surah Al-Mulk) setiap malam, maka ia akan terhindar dari siksa kubur.” (HR. An-Nasa’i)

Dari hadits diatas, dapat disimpulkan bahwa membaca Surat Al-Mulk sebelum tidur sangat kaya akan keutamaan. Tak hanya mendekatkan kita kepada Allah SWT, tetapi juga membantu dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi kehidupan akhirat.

 BACA JUGA:6 Surat Al-Qur'an dengan Keutamaan Luar Biasa, Muslim Harus Tahu!

5. Membaca Surah Al-Kafirun Sebelum Tidur

Membaca surah ini sebelum tidur dinilai dapat memperkuat iman dan menjaga diri dari pengaruh negatif. 

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Rasulullah SAW bersabda:

“Jika kalian hendak tidur, hendaknya membaca Surah Al-Kafirun, karena sesungguhnya surah ini merupakan pemisah antara keimanan dan kekufuran.”

Dalam riwayat lain disebutkan,

“Barangsiapa yang membaca Surah Al-Kafirun sebelum tidur, maka ia akan terjaga dari godaan setan dan gangguan jin.”

Amalan ini merupakan cara efektif yang bisa kita coba untuk menjaga kualitas tidur dan memperkuat iman di tengah berbagai tantangan yang mungkin dihadapi.

 

6. Berbaring pada Sisi Kanan

Amalan sebelum tidur yang satu ini memiliki sejumlah manfaat. Secara fisik, berbaring pada sisi kanan membantu meningkatkan kualitas tidur, mengurangi risiko gangguan tidur, serta membantu proses pencernaan. 

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

“Jika kamu ingin tidur, berbaringlah pada sisi kananmu, kemudian bacalah doa: ‘Ya Allah, aku berserah diri kepada-Mu, dan dengan rahmat-Mu aku berlindung. Aku rindu kepada pahala-Mu, dan aku takut kepada siksa-Mu. Tidak ada yang dapat menolak apa yang Engkau berikan dan tidak ada yang dapat memberikan apa yang Engkau tolak.’”

 

7. Membaca tasbih, tahmid, dan tahlil Sebelum Tidur

Membaca tasbih, tahmid, dan tahlil merupakan amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan sebelum tidur. Amalan ini bahkan dapat menjaga kita dari gangguan setan, menenangkan pikiran, serta mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

 

Yuk biasakan amalan-amalan tersebut sebelum tidur, semoga bermanfaat!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: