Lakukan Hal ini Jika Kamu Sulit Tidur!

Lakukan Hal ini Jika Kamu Sulit Tidur!

--

DISWAYJOGJA.ID - Memiliki porsi tidur yang cukup serta tertidur dengan cepat merupakan idaman bagi setiap orang. tidur dengan cepat, memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Dilansir dari WebMd, salah satu manfaat tidur cepat ialah meningkatkan kekebalan tubuh.

Dengan memiliki porsi tidur yang cukup dapat membuat organ dalam tubuh kembali berfungsi dengan baik. Namun, bila anda kesulitan untuk tidur cepat dan memiliki porsi tidur yang cukup, cara ini mungkin bisa menjadi solusi nya. Simak baik-baik ya..

1. Membaca Buku

Membaca buku juga menjadi solusi ampuh bagi sebagian orang agar dapat cepat mengantuk dan tidur. Buku yang dimaksud tentu bukan buku digital seperti e-book ya. e-book dengan pancaran cahaya biru dapat mengurangi sekresi melatonin yang justru menyebabkan sulit tertidur.

2. Mematikan Lampu

Kondisi ruangan yang gelap dapat meningkatkan produksi melatonin, yakni hormon penting untuk tidur. Tentu ini sangat membantu anda untuk tertidur cepat.

Namun, beberapa orang ada pula yang tidak bisa tidur dalam kondisi gelap. Alternatifnya adalah demgan mengganti lampu dengan cahaya yang lebih redup.

3. Mematikan Ponsel atau Perangkat Elektronik Lain

Perangkat elektronik yang menyala seperti ponsel misalnya akan membuat anda secara terus menerus untuk mengecek dan memainkan. Akibatnya kamu akan berlarut-larut bermain ponsel tanpa memperhatikan jam.

4. Memutar Musik Relaksasi

Jika kesulitan tidur anda bisa mendengarkan musik yang menangkan hati dan pikiran. Selain itu ternyata musik juga dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang loh.

5. Hindari Minuman Berkafein

Beberapa orang mengonsumsi minuman atau makanan mengandung kafein agar tetap terjaga dalam beraktivitas. Namun tidak untuk tidur cepat, minuman yang mengandung kafein akan mempersulit seseorang tertidur.

Meskipun efeknya berbeda pada setiap orang, tapi baiknya anda menghindari meminum kafein sebelum tidur ya. Jika Anda benar-benar ingin, minumlah paling lambat enam jam sebelum tidur.

6. Hindari tidur Siang

Kebiasaan tidur siang sangat berpengaruh pada pola tidur di malam hari. Beberapa penelitian menunjukkan, tidur siang justru dapat merusak kualitas tidur di malam hari dan membuat seseorang lambat mengantuk dan susah tidur.

Karenanya anda bisa menghindari kebiasaan ini, atau membatasi diri dengan tidur siang singkat yakni sekitar 20-30 menit saja.

7. Olahraga

Aktivitas fisik dinilai sangat bermanfaat untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Sebab, olahraga dapat meningkatkan durasi dan kualitas tidur karena meningkatkan produksi serotonin di otak dan menurunkan kadar kortisol alias hormon stres.

Olahraga yang dapat dilakukan antara lain seperti berlari, bersepeda, atau berenang secara rutin di pagi hari untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik di malam hari.

8. Gunakan Aromaterapi

Tahukah anda? aromaterapi dapat memberikan perasaan yang tenang dan nyaman. Beberapa penelitian menemukan aromaterapi dapat meningkatkan kualitas tidur.

Pilihlah jenis aromaterapi yang anda sukai. Lavender dan mawar merupakan aroma yang paling efektif untuk membuat Anda cepat tertidur.

 

Tertarik untuk mencobanya? yuk segera miliki porsi tidur yang cukup untuk kesehatan kita sendiri.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: