Memanfaatkan 10 Hari Pertama Ramadan 2024: 9 Amalan Baik yang Bisa Dilakukan

Memanfaatkan 10 Hari Pertama Ramadan 2024: 9 Amalan Baik yang Bisa Dilakukan

Memanfaatkan 10 Hari Pertama Ramadan 2024: 9 Amalan Baik yang Bisa Dilakukan--

DISWAY JOGJA - Ramadhan adalah bulan penuh berkah ketika umat Islam berpuasa sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari sebagai wujud ibadah dan pengendalian diri. Namun selain puasa, ada olahraga yang sangat dianjurkan saat 10 hari pertama Ramadhan. Berikut enam praktik baik yang harus dilakukan selama masa ini:

BACA JUGA : Wajib Dicoba! 7 Masakan Khas Ramadhan Dari Berbagai Daerah di Indonesia, Simak Ulasannya Disini

1. Perbanyak Dzikir dan Sholat

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadhan adalah memperbanyak Dzikir dan Sholat. Ketika kita mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui zikir dan doa, maka kita bisa menerima nikmat dan ampunan-Nya. Selalu sediakan waktu untuk berzikir dan berdoa, baik sebelum berbuka, saat sahur, atau di waktu lain yang diperbolehkan.

2. Membaca Al-Qur'an

Ramadhan adalah bulan Al-Qur'an yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi umat manusia. Salah satu amalan terbaik yang bisa dilakukan selama 10 hari pertama bulan Ramadhan adalah membaca Al-Qur'an. Targetkan membaca Al-Quran setiap hari, baik satu juz maupun beberapa halaman sesuai kemampuan masing-masing orang.

BACA JUGA : 5 Tradisi Bulan Ramadhan 2024 Yang Paling Bikin Kangen, Nomor 3 Pasti Kamu Mengalaminya!

3. Bersedekah

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadhan adalah bersedekah. Manfaatkan kesempatan ini dan berikan sebagian dari penghidupan Anda kepada yang membutuhkan. Berdonasi untuk amal tidak hanya dalam bentuk materi saja, namun bisa juga dalam bentuk waktu, tenaga atau kebaikan lainnya yang bisa kita berikan kepada orang lain.

4. Beriktikaf

Iktikaf adalah menyendiri di masjid atau tempat ibadah lainnya untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Pada 10 hari pertama bulan Ramadhan, manfaatkan kesempatan ini dan lakukan Iktikaf. Berada di lingkungan yang penuh ibadah, kita bisa meningkatkan kualitas ibadah dan mendapat keberkahan dari Allah SWT.

5. Berbuat baik kepada sesama

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadhan adalah berbuat baik kepada orang lain. Gunakan waktu dan kesempatan ini untuk membantu orang lain, tersenyum atau melakukan perbuatan baik lainnya. Dengan berbuat baik kepada sesama kita bisa mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

6. Menjauhi dosa dan maksiat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: