Bukan Indonesia! Ini 10 Negara Paling Bahagia di Dunia, Nomor 1 Wajib dikunjungi!

Bukan Indonesia! Ini 10 Negara Paling Bahagia di Dunia, Nomor 1 Wajib dikunjungi!

Gambaran orang bahagia-disway-google

DISWAYJOGJA.ID - Pada Maret 2023, World Happiness Report merilis laporan negara paling bahagia di seluruh dunia. Laporan ini diumumkan tepat pada Hari Kebahagiaan Internasional (20/03/2023). 

Terhitung, ada lebih dari 150 negara yang mengikuti survei pemeringkatan negara paling bahagia di dunia. Pemeringkatan ini didasarkan pada enam faktor utama, yaitu: pendapatan, kesehatan, kebebasan, keramahan, tingkat korupsi hingga dukungan sosial.

Pemeringkatan ini dilakukan berdasarkan evaluasi hidup rata-rata mereka selama tiga tahun, yakni pada 2020, 2021, dan 2022.

Dari pemeringkatan itu, Finlandia keluar sebagai negara terbahagia di urutan pertama. negara ini bahkan telah menyandang gelar tersebut selama 6 tahun berturut-turut loh. Dikatakan bahwa, negara seribu danau itu telah menempati posisi teratas selama enam tahun berturut-turut dengan skor yang jauh di depan semua negara lain. Wah luar biasa sekali negara satu ini!

Menurut para ahli dari Universitas Aalto di Finlandia, faktor sistem kesejahteraan Finlandia yang unggul, berkontribusi besar hingga negara tersebut dinobatkan paling bahagia di dunia. Tak heran jika warganya merasa aman dan makmur.

Selain itu, negara ini juga memberikan tunjangan pengangguran hingga kesehatan yang hampir gratis. Tata kota Finlandia juga membuat para masayarakatnya merasa lebih sehat dan aman.

Sementara negara kita, Indonesia, menempati urutan ke-84 dalam daftar negara paling bahagia di dunia pada tahun ini.

 

10 negara Paling Bahagia

Mengutip dari World Happiness Report, ini 10 negara paling bahagia di dunia:

1. Finlandia 

2. Denmark 

3. Islandia 

4. Israel 

5. Belanda 

6. Swedia 

7. Norway 

8. Swiss 

9. Luksemburg 

10. Selandia Baru 

 

10 negara Paling Tidak Bahagia

Ada pula 10 negara paling Tidak Bahagia di dunia pada 2023 dalam laporan yang sama, yaitu: 

1. Afganistan 

2. Libanon 

3. Sierra Leone 

4. Zimbabwe 

5. Kongo 

6. Botswana 

7. Malawi 

8. Komoro 

9.Tanzania 

10. Zambia

 

negara-negara diatas tentu berada diposisi tersebut dikarenakan sejumlah sebab. Namun perlu diingat bahwa setiap sesuatu tentu memiliki kurang dan lebih sendiri-sendiri. Seseorang dapat memilih dimana pun ia hidup dan kapan ia harus berbahagia.

Sampai disini apakah kamu berencana untuk pindah ke salah satu negara diatas? kira-kira nomor yang mana?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kompas.com