Tidak Hanya Baca Surat Yasin, Ini 4 Amalan Malam Jumat agar Seluruh Dosamu Diampuni

Tidak Hanya Baca Surat Yasin, Ini 4 Amalan Malam Jumat agar Seluruh Dosamu Diampuni

Dzikir bersama pada malam Jumat. --

DISWAY JOGJAMalam Jumat bagi umat Islam adalah hari yang sakral dengan banyak beribadah dan beramal sholeh. Kita bisa melakukan beberapa amalan agar Allah SWT mengampuni seluruh dosa kita. 

Banyak umat muslim pada malam Jumat melakukan amalan dzikir dan membaca Surat Yasin. Baik melakukannya secara bersama-sama maupun sendirian.

BACA JUGA:Al Azhar Mesir Hampir Ditutup Presiden Soekarno Menyelamatkannya, Ini Dialognya dengan Presiden Mesir

Menurut Imam Nawawi dalam kitabnya Al-azhar An-Nawawiyah menyebutkan ada empat amalan yang bisa umat muslim lakukan pada malam Jumat . Antara lain:

1. Membaca Alquran Surat Yasin, Al Kahfi, atau Ad Dhukan

Amalan pertama yang sebaiknya kita lakukan pada malam Jumat adalah dengan memperbanyak membaca Alquran. 

Yang paling umum adalah membaca surat Yasin dan Al Kahfi. Kita bisa melakukannya sehabis sholat magrib. Banyak musholla yang menyelenggarakannya dengan berdzikir dan membaca surat Yasin secara berjamaah. 

Namun ada surat lain dalam Alquran yang bisa kita baca selain surat Yasin, yaitu Ad Dukhan. Sebagaimana sabda Rosululloh SAW bahwa kita dianjurkan membaca Surah Ad Dukhan dan Surah Yasin pada malam Jumat maka dia di pagi harinya akan diampuni dosa-dosanya.

2. Memperbanyak Dzikir pada Malam Jumat 

Amalan yang kedua adalah dengan memperbanyak membaca dzikir. Kita bisa mengamalkan bacaan istighfar yaitu sayyidul istighfar, membaca tahlil, tasbih, maupun tahmid sesuai kemampuan. 

Membaca tasbih pada malam Jumat juga sangat baik apalagi bacaan tasbih bisa menghapus dosa-dosa kita meskipun sebanyak buih di lautan.

Rasulullah memotivasi kita sebagaimana dalam hadis riwayat Imam Bukhari dari Sayyidina Abu Hurairah. "Siapa saja yang membaca subhanallah wabihamdih dalam sehari 100 kali maka akan diampuni dosa kita meskipun sebanyak buih di lautan." 

Karena itu jangan sia-siakan kesempatan ini. Jangan sampai sehabis sholat kita langsung pergi tanpa berdzikir terlebih dahulu.

3. Lebih Banyak Berdoa kepada Allah SWT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: