Tidak Hanya Baca Surat Yasin, Ini 4 Amalan Malam Jumat agar Seluruh Dosamu Diampuni

Tidak Hanya Baca Surat Yasin, Ini 4 Amalan Malam Jumat agar Seluruh Dosamu Diampuni

Dzikir bersama pada malam Jumat. --

Imam Baihaqi dalam kitabnya menyebutkan riwayat dari Sayyidina Abdullah bin Umar beliau pernah berkata bahwasanya ada 5 malam di mana doa yang kita panjatkan tidak akan tertolak.  

Yaitu malam Jumat, malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Sya'ban, malam hari raya Idul Fitri, dan malam hari raya Idul Adha.

Maka kita perbanyak doa di malam Jumat sesuai hajat kita masing-masing. diantara doa terbaik yang bisa kita amalkan adalah doa memohon masuk surga dan selamat dari neraka.

Redaksinya adalah sebagai berikut: “Allahumma inni as alukal jannah. Allahumma ajirni minannar.”

Yang artinya, “Ya Allah aku mohon kepadamu masuk ke dalam surga. Ya Allah selamatkanlah aku dari api neraka.”

4. Bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW

Selanjutnya, amalan yang dianjurkan pada malam Jumat adalah memperbanyak membaca shalawat kepada Rasulullah SAW. 

Nabi bersabda, “Perbanyaklah kalian membaca shalawat kepadaku pada malam bercahaya dan hari berkilauan yakni malam dan hari Jumat karena sesungguhnya bacaan sholawat kalian akan disampaikan kepadaku.”

Rasulullah pernah bersabda siapa saja yang membaca sholawat kepadaku pada hari Jumat sebanyak 100 kali, maka Allah akan mengabulkan untuknya 100 hajat, 70 hajat akhirat dan 30 hajat di dunia.

Jika kita mampu, sebaiknya juga membaca shalawat sebanyak 1000 kali pada malam dan hari Jumat dan kita akan mendapatkan banyak keutamaan. 

Sebagaimana sabda Rosululloh, “Siapa saja yang membaca shalawat atasku pada hari Jumat sebanyak 1000 kali maka ia tidak akan meninggal dunia sebelum diperlihatkan tempat duduknya di surga.”

Karena itu begitu pentingnya malam Jumat, jangan sampai kita melupakan untuk mengamalkan 4 amalan yang sebaiknya kita lakukan. Agar Allah mengampuni dosa kita dan hajat kita Allah kabulkan. 

Semoga bermanfaat. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: