Jumpa Mahasiswa Untidar Magelang, Dahlan Iskan: Jawab dengan Pasti, Jangan Takut Salah!

Jumpa Mahasiswa Untidar Magelang, Dahlan Iskan: Jawab dengan Pasti, Jangan Takut Salah!

Mantan Menteri BUMN sekaligus CEO DISWAY.ID, Dahlan Iskan saat berinteraksi dengan mahasiswa peserta kuliah umum di Gedung Auditorium dr HR Suparsono Untidar Magelang, Sabtu, 10 Desember 2022. Foto: Huni Wejang / Magelang Ekspres--

MAGELANG, DISWAYJOGJA.ID - Mantan Menteri BUMN sekaligus CEO disway.id, Dahlan Iskan, memberikan kuliah umum kepada 100 mahasiswa Bidikmisi dan Kewirausahaan Universitas Tidar (Untidar) Magelang.

Mengusung tema "Tantangan Generasi Milenial di Era Globalisasi" kuliah umum diadakan di Auditorium dr HR Suparsono Untidar, Sabtu, 10 Desember 2022.

Pada kesempatan itu, Dahlan Iskan mengaku senang dapat hadir kembali di Untidar untuk yang kedua kalinya dalam memberikan kuliah umum bagi mahasiswa.

BACA JUGA:Buli-buli Klenting Kecil yang Ditemukan di Rumah Keluarga Tewas di Kalideres, Diduga untuk Ritual

Dalam pembawaannya, Dahlan Iskan yang juga mantan direktur utama PLN itu tidak semata-mata menjadi pembicara melainkan interaksi dua arah dengan mahasiswa.

Sehingga peserta yang hadir tidak merasa bosan dengan melontarkan pertanyaan terkait ucapan-ucapan yang tidak kongkrit sebagai seorang calon pemimpin.

"Sebagai seorang calon pemimpin, ucapan itu harus konkret. Jawab dengan pasti, jangan takut salah. Semisal kalian ditanya berapa jumlah peserta seminar, jangan hanya jawab banyak, tetapi jawab dengan angka. Saya rasa peserta seminar saat ini sekitar 60an orang, meski nantinya salah tidak apa-apa, yang penting jawaban pasti," ucapnya.

BACA JUGA:Pembunuh Satu Keluarga dengan Racun di Magelang 'Ngaku' Dendam Sejak SMA

Menurutnya, tidak ada negara miskin dan kaya, yang ada adalah negara dengan manajemen baik dan negara dengan manajemen tidak baik.

"Jadi kita itu harus punya pemikiran teknik. Pemikiran teknik di sini diartikan pemikiran yang menggunakan logika akal sehat, jadi bukan berarti orang sosial tidak bisa berpikiran teknik. Sebagai contoh, Singapura itu tidak kaya, lebih kaya Indonesia, tapi kenapa Singapura bisa jadi negara maju, karna manajemen dan pemikirannya individunya baik," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Wakil Rektor 3 Universitas Tidar, Prof Dr Sugiyarto menuturkan kehadiran Dahlan Iskan pada kuliah umum dapat memberikan inspirasi bagi para mahasiswa untuk tidak takut dalam hal berinovasi, berkreasi, dan berpikir kreatif.

BACA JUGA:Ini Jenis Racun yang Mengakibatkan Satu Keluarga di Magelang Tewas, Pelaku Mencampurkan ke Dalam Minuman

"Saya rasa hadirnya Pak Dahlan Iskan dalam kesempatan ini bisa dijadikan motivasi bagi para mahasiswa, tentang bagaimana perjalanan seorang Dahlan Iskan mulai dari mantan Mentri BUMN, mantan dirut PLN, hingga saat ini sebagai CEO disway.id, dengan dimulai dari tidak takut bermimpi," ungkapnya.

Di sesi akhir acara, tak lupa Dahlan Iskan juga membagikan 10 buah bingkisan berisi sepatu 'DI 19' pada para mahasiswa sebagai bentuk apresiasi keaktifan menjawab dan mengajukan pertanyaan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.disway.id