Lagi-lagi UGM Harumkan Nama Indonesia di Kancah Dunia, Tim Mobil Balapnya Ukir Prestasi di Belanda

Lagi-lagi UGM Harumkan Nama Indonesia di Kancah Dunia, Tim Mobil Balapnya Ukir Prestasi di Belanda

Tim mobil balap UGM mengukir prestasi di Belanda. Foto: Dok. UGM--

YOGYAKARTA (Disway Jogja) – Tim mobil balap Universitas Gadjah Mada (UGM), Bimasakti, telah mengukir prestasi di kompetisi Formula Student Netherlands (FSN) yang digelar di Sirkuit TT Assen, Belanda pada 9 - 14 Juli 2022.

Tim Bimasakti UGM berhasil menyabet juara 1 untuk kategori Business Plan Presentation dan Golden Fifghter Award.

FSN adalah kompetisi mobil balap khusus mahasiswa tingkat dunia yang bertujuan untuk mengembangkan formula balap mobil, mulai dari sisi desain, teknis, hingga peluang bisnisnya.

BACA JUGA:Pantai Depok Diterjang Ombak, Ini Arahan Sultan HB X yang Harus Direalisasikan

Menariknya, UGM baru pertama kali mengikuti kompetisi FSN dan harus bersaing dengan 44 tim dari 15 negara.

Pada kompetisi tersebut tim Bimasakti juga menduduki peringkat 6 Presentasi Desain Teknik, peringkat 11 Presentasi Analisis Biaya, dan peringkat 7 Kelas Keseluruhan Kendaraan Pembakaran.

“Bimasakti UGM menjadi satu-satunya tim noneropa yang lolos inspeksi dengan hanya sembilan mobil total di kelas Combustion yang dapat lolos inspeksi,” kata Kapten Tim Bimasakti UGM Aditya Maheranta.

Aditya mengungkapkan keikutsertaan tim dalam kompetisi di Belanda menjadi pengalaman baru bagi mereka.

FSN memiliki standar kompetisi dan inspeksi keamanan mobil yang lebih tinggi.

Pada awalnya, sejumlah komponen dari mobil Bimasakti UGM dinilai masih memerlukan perbaikan oleh tim juri. Bahkan, juri beranggapan mobil Bimasakti UGM tidak memiliki peluang untuk lolos inspeksi.

“Namun, kami terus berusaha untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan terhadap mobil di lokasi perlombaan dengan peralatan dan jumlah anggota yg terbatas. Akhirnya kami dinyatakan lolos inspeksi dan berkesempatan untuk berlaga di kategori endurance,”papar mahasiswa Teknik Mesin UGM ini.

BACA JUGA:Pemerintah Kota Jogja Bakal Sidak Alat Ukur SPBU, Jangan Coba-coba Curang

Kegigihan dan sikap pantang menyerah dari tim Bimasakti UGM ini diganjar dengan penghargaan khusus dari juri yaitu Golden Fighter Award.

“Dewan Juri menilai bahwa sikap gigih dan pantang menyerah ini menjadi pengingat bagi tim formula student seluruh dunia untuk terus menembus tapal batas dan pantang menyerah dalam menghadapi semua kendala yang ada,” ucap dia.

Dosen pembimbing tim Bimasakti UGM Fauzun menyebut prestasi ini diraih berkat kerja keras mahasiswanya, yang didukung penuh oleh Departemen Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik UGM serta para sponsor dan donatur.

“Dalam keikutsertaan tim Bimasakti yang pertama kali di FSN 2022 ini bisa meraih beberapa penghargaan tentunya menjadi hal yang sangat membanggakan dan mengharumkan nama UGM serta Indonesia di mata dunia,” ucap Fauzun. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn