Pemain Asing Baru PSS Sleman, Ze Valente: Saya Pernah Berjanji Suatu Hari Akan Bermain di Sini!

Pemain Asing Baru PSS Sleman, Ze Valente: Saya Pernah Berjanji Suatu Hari Akan Bermain di Sini!

Alasan Ze Valente bergabung ke PSS Sleman. Foto: Instagram/pssleman--

YOGYAKARTA (Disway Jogja) – Namanya Jose Pedro Magalhaes Valente atau Ze Valente. Dia merupakan pemain yang sudah malang melintang di kasta kedua Liga Portugal.

Ze Valente menjadi pemain asing pertama yang didatangkan PSS Sleman pada bursa transfer tahun ini, dan menjadi pemain asing kedua di skuad, bersama Mario Maslac.

Bukan tanpa alasan PSS Sleman menjatuhkan pilihan pada pria kelahiran Paredes, Portugal, 14 Mei 1994 tersebut.

Valente pernah mengantarkan klub kasta kedua Portugal, Estoril Praia menjadi kampiun. Musim lalu, dia bermain di klub liga 2 Portugal, Penafiel dan finis di peringkat ke-7.

Valente diperkenalkan kepada publik pada Selasa (14/6) di Omah Sleman. Dengan ekspresi bahagia, Valente mengungkapkan alasan mengapa dia memilih PSS Sleman untuk melanjutkan kairer profesional di luar Portugal.

Maklum, selain di negaranya sendiri, Valente tercatat hanya pernah berkarier di Siprus pada musim 2019/2020 saat membela Doxa Katokopias.

“Saya sangat senang ketika tahu memiliki kemungkinan untuk datang dan bermain di Indonesia. Saya tidak perlu menjelaskan mengapa memilih klub ini karena setiap pemain yang benar-benar mencintai semangat sepakbola pasti mudah jatuh cinta dengan PSS,” ujar dia.

Pengalaman berlibur di Pulau Bali menjadi momen awal pria kelahiran Paredes, Portugal ini mengenal sepakbola Indonesia. Dia mengaku terkesan dengan masyarakat Bali yang penuh perhatian, ramah dan memiliki semangat berbagi untuk orang lain.

“Ketika berlibur di Bali, saya belajar sepakbola Indonesia. Hal yang mengejutkan ketika mengetahui betapa bersemangatnya mereka mendukung klub kesayangannya. Berkat hal tersebut, saya pun berjanji pada diri sendiri untuk suatu hari saya akan bermain di sini,” tuturnya.

Selain sepakbola, Valente juga mengaku terkesan dengan kesantunan orang Indonesia.

"Saya sebagai orang Eropa malah harus banyak belajar dari orang Indonesia agar kita semua bisa menjadi pribadi yang lebih baik,” imbuhnya.

Valente adalah pemain baru yang ke-14 PSS Sleman pada bursa trasnfer tahun ini.

Sebelumnya, PSS Sleman sudah kedatangan sembilan pemain baru, yaitu Fandi Eko Utama, Hambali Tolib, Ibrahim Sanjaya, Marckho Sandy Meraudje, Muhammad Ridwan, Dedy Gusmawan, Todd RIvaldo Ferre, Try Hamdani, Boaz Solossa, Jandia Eka, Rifky Suryawan, Manda Cingi, dan Komarudin.

Beberapa nama lama yang musim lalu dibekap cedera juga ada yang dipastikan tetap bertahan.

PSS Sleman mengumumkan bahwa mereka tetap akan diperkuat oleh dua pemain senior, yaitu Wahyu Sukarta dan Ega Rizky.

Tim pelatih PSS Sleman sendiri sudah memastikan bakal memperpanjang tujuh pemain senior mereka. Ketujuh pemain itu adalah Mario Maslac, Kim Jeffrey Kurniawan, Daeve Mustaine, Irkham Mila, Derry Rachman, dan Bagus Nirwanto.

Tim pelatih juga telah memutuskan untuk mempertahankan lima pemain jebolan PSS Development, yaitu Riza Fadillah, Ifan Nanda, Dimas Fani, Bagas Umar, dan Wahyu Boli. Namun, PSS Sleman telah melepas 16 pemainnya, yaitu kiper Miswar Saputra, Supriyadi Eeng, Arsyad Gufron, Rifaldi Bawuo, Dendi Agustian, Ocvian Chanigio, Jepri Kurniawan, Kanu Helmiawan, Asraq Gufron, Misbakus Solikin, Syahroni, Mahdi Albar, Ramdani Lestaluhu, Imam Mahmudi, Bagus Prasetyo, dan Alex Dusai. (mar3/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com