Dirut Railink Buka Suara soal Gangguan KA Bandara YIA, Pastikan Tak Ada Penumpang Tertinggal
Direktur Utama PT Railink, Porwanto Handry Nugroho (dua dari kanan), di Bandara YIA, Kulon Progo, Kamis (18/12/2025), menegaskan gangguan operasional KA Bandara YIA pada November 2025 telah ditangani dan memastikan tidak ada penumpang tertinggal pesawat.--Foto: Anam AK/diswayjogja.id
KULON PROGO, diswayjogja.id - Direktur Utama PT Railink, Porwanto Handry Nugroho, buka suara terkait gangguan operasional Kereta Api (KA) Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) yang sempat menyebabkan keterlambatan perjalanan, pada 12 November 2025.
Dia menegaskan, setiap gangguan telah ditangani sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan dipastikan tidak ada penumpang yang tertinggal pesawat.
Porwanto mengatakan, PT Railink telah memiliki mekanisme penanganan gangguan yang terkoordinasi dengan Angkasa Pura dan maskapai penerbangan. Koordinasi tersebut dilakukan untuk mengantisipasi dampak keterlambatan KA terhadap jadwal penerbangan penumpang.
“Kalau memang kelambatannya masih bisa ditunggu, kami koordinasikan. Kalau terlalu panjang, pasti ada langkah lanjutan supaya perjalanan penumpang tetap berjalan,” ungkap Porwanto di Yogyakarta International Airport (YIA), Kamis (18/12/2025).
BACA JUGA : Puncak Penumpang KA Bandara YIA Diprediksi 21 Desember, Market Share Tembus 62 Persen
BACA JUGA : Hadapi Lonjakan Nataru, KAI Bandara Operasikan 50 Perjalanan per Hari di Yogyakarta
Dia mencontohkan gangguan yang terjadi bulan lalu akibat masalah pada sarana KA Bandara. Saat itu, PT Railink mengambil langkah cepat dengan memindahkan penumpang menggunakan angkutan jalan raya agar tetap dapat mengejar jadwal penerbangan.
“Alhamdulillah, penumpang masih bisa ikut pesawat. Tidak ada yang tertinggal,” katanya.
Porwanto juga meluruskan informasi yang sempat beredar di masyarakat terkait isu KA Bandara mogok hingga menimbulkan kepanikan penumpang. Menurutnya, kondisi di lapangan tidak seperti yang diberitakan.
“Tidak ada rebutan, tidak ada penumpang yang panik, dan tidak ada yang ketinggalan pesawat. Penumpang justru tenang karena komunikasi kami dengan maskapai dan Angkasa Pura sudah berjalan baik,” jelasnya.
BACA JUGA : Railink Tambah Perjalanan Malam dan Perluas Fasilitas KA Bandara YIA
BACA JUGA : Railink Antisipasi Daerah Rawan Longsor, Pastikan Operasional KA Bandara Aman
Sebagai penyedia layanan publik, Porwanto mengakui PT Railink tidak mungkin bekerja secara sempurna tanpa kekurangan. Namun, pihaknya berupaya menutup setiap kekurangan dengan pelayanan ekstra agar penumpang tetap merasa aman dan nyaman.
“Kami tidak perfect, tapi kekurangan itu kami tutupi dengan pelayanan tambahan supaya penumpang tetap senang dan bahagia,” tegasnya.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber: