Boleh Pakai Merek Mesin Cuci Terbaik, Begini Cara Mencuci Baju Batik Agar Tidak Luntur

Senin 07-10-2024,12:46 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Kamu harus tahu cara mencuci baju batik yang benar supaya tidak luntur dan rusak, apakah mencucinya bisa pakai merek mesin cuci terbaik atau tidak.

Batik menjadi salah satu warisan budaya di Negara Indonesia yang punya nilai seni dan estetika yang tinggi. Baik perlu dirawat dengan cara yang baik supaya tetap awet dan warnanya tak luntur.

Salah satu tantangan merawat kain batik yaitu mencucinya dengan benar dengan memakai merek mesin cuci terbaik atau menggunakan tangan, agar tidak membuat serat kainnya rusak atau mengakibatkan warnanya memudar.

Merawat kain batik memerlukan perhatian yang ekstra, tapi dengan mengikuti langkah-langkah pencucian yang benar bisa menjaga keindahan dan keawetan kain batik.

BACA JUGA : 9 Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bocor, Bergini Cara Mengatasinya

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Menyebabkan Baju Jadi Lecek, Begini Cara Mengatasinya

Berikut cara mencuci baju batik agar warnanya tidak luntur :

1. Gunakan Air Dingin

Air panas bisa merusak serat kain dan mempercepat warna pada batik luntur. Selain itu, air panas juga bisa membuat kain batik jadi kusut dan sulit dirapikan lagi.

Pastikan selalu mencuci kain batik pakai air dingin, terutama apabila mencuci dengan cara manual dengan tangan. Kain batik jangan direndam terlalu lama karena bisa menyebabkan warna batik pudar.

2. Gunakan Sabun Khusus untuk Batik

Pakai sabun khusus dirancang untuk mencuci kain batik. Sabun ini pada umumnya akan lebih lembut dan tidak ada kandungan bahan pemutih.

Apabila kamu tidak menemukan sabun khusus untuk batik, kamu bisa memakai sabun alami seperti lerak. Lerak merupakan bahan alami yang sudah lama dipakai untuk mencuci kain batik.

Selain bisa menjaga warna batik agar tetap cerah, lerak juga bisa menjaga tekstur kain supaya tetap halus dan lembut.

BACA JUGA : Berbagai Masalah Pada Merek Mesin Cuci Terbaik Top Loading, Pertimbangkan Sebelum Membeli

BACA JUGA : Bahaya Merendam Pakaian Terlalu Lama Di Merek Mesin Cuci Terbaik

3. Cuci dengan Tangan, Hindari Mesin Cuci

Mencuci kain batik lebih baik dilakukan dengan manual tangan. Memakai merek mesin cuci terbaik akan berisiko merusak serat kain dan bisa membuat motif batik jadi pudar atau kusut.

Saat mencuci menggunakan tangan, usahakan tidak menggosok kain dengan terlalu keras. Kamu cukup merendamnya di dalam air sabun, lalu kamu tekan-tekan secara perlahan guna membersihkan kotoran.

Apabila kain batik ada noda yang sulit dihilangkan, pakai spons yang lembut atau kain lap untuk membersihkannya. Jangan menggunakan sikat yang kasar yang bisa merusak kain.

Fokus pembersihan di area yang kotor saja, tanpa harus merendam semua kain dalam waktu yang lama.

4. Jangan Memeras Kain Batik

Memeras kain secara kuat bisa merusak serat kain dan membuatnya gampang kusut. Sebagai gantinya, kamu bisa angkat kain dengan perlahan dan biarkan airnya menetes sendirinya.

Kamu juga dapat menggulung kain batik pakai handuk bersih guna menyerap sisa air tanpa perlu memerasnya. Cara ini lebih lembut dan tidak akan membuat tekstur kain batik jadi rusak.

BACA JUGA : Tips Efektif Mencuci Baju Bayi Menggunakan Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Penyebab Dan Cara Mengatasi Merek Mesin Cuci terbaik Yang Boros Air

5. Jemur di Tempat Teduh

Jangan menjemur kain batik langsung di bawah sinar matahari, sebab sinar ultraviolet yang dihasilkan matahari bisa memudarkan warna kain.

Lebih baik kain dijemur dilokasi yang teduh dan punya sirkulasi udara yang baik. Kain batik digantung dengan baik dan benar, dan jangan pakai penjepit kain yang dapat meninggalkan bekas di kain.

Bila memungkinkan, kamu bisa menggantung kain batik di atas permukaan yang kondisinya rata atau memakai hanger khusus yang tidak akan merusak bentuk kain.

6. Jangan Gunakan Setrika Langsung pada Batik

Panas terlalu tinggi yang dihasilkan dari setrika bisa merusak warna dan motif batik. Apabila kain batik benar-benar harus disetrika, pakai suhu yang rendah dan lapisi kain batik pakai kain yang lain guna melindungi permukaannya.

Alternatif yang lain yaitu dengan memakai setrika uap. Setrika uap lebih aman dipakai untuk kain batik sebab tidak menyentuh langsung permukaan kain. Uap dari setrika bisa membantu meluruskan lipatan kain tanpa merusak motif atau warna.

BACA JUGA : Arti Baby Care Merek Mesin Cuci Terbaik, Berikut Penjelasannya

BACA JUGA : Cara Kerja Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung

7. Kain Batik Disimpan Benar

Simpan kain batik di lokasi yang sejuk dan kering. Jangan menyimpan kain batik di tempat yang lembab, sebab kelembaban dapat menyebabkan tumbuh jamur di permukaan kain.

Apabila kain batik tidak dipakai dalam waktu lama, lebih baik gulung kain dan simpan dalam lemari dengan memakai pelindung kain seperti plastik tipis.

Jangan melipat kain batik terlalu sering, sebab lipatan yang terus menerus dapat meninggalkan bekas di kain dan membuat motif batiknya rusak.

Kamu juga dapat menambah kapur barus atau kamper di area penyimpanan guna mencegah serangga yang merusak kain batik.

BACA JUGA : Cara Menghilangkan Noda Celana Jeans Dengan Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Beberapa Hal Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Boros Listrik, Berikut Tips Agar Hemat Listrik

8. Cuci Kain Batik secara Terpisah

Kain batik, terutama yang masih baru, akan cenderung melepaskan sedikit warna ketika dicuci. Mencuci kain batik dengan pakaian lain secara bersamaan berpotensi mengakibatkan kain lain jadi terkena noda warna.

Apabila kamu mencuci beberapa kain batik sekaligus, pastikan kamu memilih kain batik yang warnanya serupa supaya tidak terjadi perpindahan warna.

Jadi, ketika kamu hendak mencuci kain batik, sebaiknya dicuci dengan pakai tangan, jangan memakai merek mesin cuci terbaik.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan dalam mencuci baju batik yang benar supaya tidak luntur. Semoga bermanfaat.

Kategori :