4 Rekomendasi Kuliner Khas Cirebon? Cocok Banget Buat Menu Buka Puasa Hari Ini, Cobain Deh, Pasti Ketagihan!

Minggu 17-03-2024,00:05 WIB
Reporter : Eko Prasetyo
Editor : Syamsul Falaq

Makanan khas Cirebon ini sangat cocok untuk jadi santapan menu buka puasa 2024. Meskipun makanan satu ini terkadang disamakan dengan soto maupun gulai ternyata empal gentong jauh berbeda dan memiliki rasa yang nikmat.

BACA JUGA : Bosan dengan Camilan Itu aja? Ini dia Rekomendasi Camilan Anti Mainstream Pilihan Lezat Setelah Berbuka Puasa

Salah satu yang terkenal adalah Empal Gentong Bu Darma. Tempat wisata kuliner terbaru 2024 ini merupakan salah satu tempat yang legendaris di Cirebon untuk menikmati empal gentong karena telah berdiri sejak 1980. Harga empal gentong di sini cukup terjangkau, mulai dari Rp 26.000 seporsi.

3. Rujak Gamel

Wisata kuliner terbaru 2024 selanjutnya yang cocok jadi menu buka puasa adalah Rujak Gamel. Rujak gamel, rujak khas Cirebon yang berasal dari Desa Gamel, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Memang belum terlalu banyak penjual rujak gamel. 

Rujak gamel salah satu makanan khas Cirebon 2024 yang diburu para pecinta pedas. Rujak gamel tak jauh berbeda dengan rujak pada umumnya.

Isiannya berupa rebusan kangkung, mie, kol, ditambah mentimun, tahu dan gorengan. Bedanya, rujak gamel dilengkapi dengan 'kerupuk teles' atau kerupuk basah. Kerupuknya direbus, tak digoreng. Teksturnya kenyal-kenyal gurih.

BACA JUGA : Sedep Banget! Ini Dia Rekomendasi Menu Berbuka Puasa Khas Sunda, Cocok Disantap Saat Berbuka Puasa!

Harga kuliner terbaru 2024 ini adalah 12 ribu loh, murah banget kan. Kalau  mau ditambahkan telur pindang jadi 15 ribu saja.

4. Mie Koclok

Wisata kuliner 2024 khas Cirebon selanjutnya adalah Mie Koclok.  Mi koclok cirebon merupakan mi basah yang dihidangkan dengan siraman kuah kaldu ayam bercampur santan dan tepung maizena yang membuatnya kental. 

Sebagai pelengkapnya, ada suwiran daging ayam, potongan telur, irisan kol, dan toage. Kamu bisa mencoba resep mi koclok cirebon untuk melepas rindu kampung halaman. 

Kuliner terbaru 204 ini termasuk lintas generasi ini disebut kocok dalam nama hidangan ini merujuk kepada proses memasaknya. Adapun dalam memasaknya mengocok-ngocok mie dalam wadah logam bolong-bolong bergagang, seraya mencelupkannya ke dalam air panas.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Menu Takjil Untuk Berbuka Puasa! Enak Serta Praktis!

Untuk menikmati makaanan khas cirebon terbaru 2024 ini, Tak usah mencari di tempat tertentu, karena para penjual mie koclok dapat ditemukan di jalanan sekitar Cirebon maupun restoran khas Cirebon. Untuk harga satiu porsi mie koclok pun cukup terjangkau. Dari kisaran Rp 10 ribu hingga Rp 30 ribu.

Demikian 5 rekomendasi  menu untuk buka khas Cirebon terbaru 2024. Semoga bermanfaat yah, Selamat Mencoba. (*)

Kategori :