Retinol Itu Apa Sih? Bahan Aktif Skincare Yang Dapat Mencerahkan Kulit: Dijamin Glowing Simak Ulasannya!

Minggu 25-02-2024,11:25 WIB
Reporter : Amsya Sabrina
Editor : Syamsul Falaq

JOGJA DISWAY - Retinol adalah bahan aktif yang banyak terkandung dalam produk skincare. Kandungan ini memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan, mulai dari memutihkan kulit hingga mengurangi keriput. Manfaat retinol bahkan dapat kamu langsung peroleh di awal penggunaan, apabila cara pakainya benar.

Produk skincare yang mengandung retinol semakin populer. Banyak orang telah menguji dan mengalami manfaat retinol dalam melawan tanda-tanda penuaan, sehingga kini dianggap sebagai elemen penting dan dasar dalam rutinitas perawatan kulit.

Retinol sering kali menjadi bahan aktif atau komponen dalam produk skincare yang tersedia di berbagai toko kosmetik atau apotek. Kandungannya bervariasi, mulai dari 0,01% hingga 3%.

Ada banyak produk skincare dengan retinol yang tersedia tanpa memerlukan resep dokter, meskipun biasanya dengan konsentrasi yang lebih rendah.

BACA JUGA : Ingin Kulit Lebih Cerah? Konsumsi Buah-buahan Ini Untuk Cara Memutihkan Kulit Wajah, Aman Sehat dan Alami!

Dengan banyaknya produk retinol yang tersedia secara bebas, kamu memiliki kemudahan dalam memilih produk perawatan kulit dan kecantikan untuk mendapatkan kulit yang halus, cerah, dan tampak awet muda.

Meskipun demikian, penting untuk memahami cara penggunaan retinol yang benar agar hasilnya optimal dan untuk menghindari kemungkinan efek samping.

Apa Itu Retinol?

Retinol, sebagai salah satu jenis retinoid yang merupakan turunan dari vitamin A, bekerja dengan cara merangsang pergantian sel kulit mati dengan sel kulit baru yang sehat. Karena fungsinya yang penting ini, retinol sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit dan meningkatkan kecantikan kulit.

Di bawah ini terdapat berbagai manfaat retinol yang bisa diperoleh melalui produk skincare dan perawatan kulit:

·          Mencegah jerawat

Efek eksfoliasi yang dimiliki oleh retinol memiliki potensi untuk mencegah penumpukan sel kulit mati di dalam pori-pori, yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat.

·          Membuat kulit awet muda

Retinol meningkatkan produksi kolagen, mengurangi kerutan, mencegah keriput, dan mengurangi garis halus, sehingga memberikan penampilan kulit yang halus dan awet muda.

·           Menghaluskan kulit

Retinol memiliki efek eksfoliasi yang menyebabkan pengelupasan sel kulit mati, yang pada gilirannya merangsang pembentukan lapisan kulit baru yang lebih lembut dan halus.

·           Menjaga kelembapan kulit

Retinol juga membantu menjaga kelembapan kulit dengan merangsang produksi kolagen, mencegah kulit kering, dan memastikan kulit tetap terhidrasi.

·          Mencerahkan warna kulit

Retinol membantu mencerahkan kulit dengan mengangkat sel kulit mati dan merangsang pembentukan sel kulit yang lebih sehat, serta dapat mengurangi bintik hitam akibat paparan sinar matahari.

·          Menyamarkan Flek Hitam

Pemakaian retinol juga bakal meratakan warna kulit kamu. Jadi, jangan takut karena retinol bakal menyamarkan flek hitam, noda bekas terbakar matahari, hiperpigmentasi, hingga bekas jerawat.

BACA JUGA : Rahasia Kulit Cantik dan Putih: 7 Cara Memutihkan Kulit Belang dengan Mudah, Langsung Cobain!

Cara Memakai Retinol Dengan Benar:

Bagi kamu yang baru pertama kali ingin menggunakan retinol, penting untuk tidak sembarangan karena penggunaan yang salah dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Namun, penggunaan retinol sebenarnya cukup mudah. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk menggunakan retinol :

- Gunakan retinol hanya pada malam hari sebelum tidur karena manfaatnya akan lebih efektif jika dibiarkan meresap dalam waktu yang cukup.

- Bersihkan wajah dan pastikan kulit benar-benar kering dengan handuk bersih. Tunggu sekitar 20 menit setelah mencuci wajah untuk memastikan bahwa kulit benar-benar kering. Ini penting karena penggunaan retinol pada kulit yang lembap dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, dan pengelupasan kulit.

- Setelah kulit wajah kering, teteskan sejumlah kecil krim retinol pada ujung jari Anda, sekitar seukuran kacang polong sudah cukup untuk menutupi seluruh wajah. Hindari penggunaan yang berlebihan karena dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi pada kulit.

- Ratakan krim retinol secara merata ke seluruh wajah dengan gerakan memijat ringan, mulai dari dahi, pipi, dagu, dan di sekitar mata.

- Tunggu sekitar 20 menit sebelum melanjutkan dengan pemakaian pelembap.

- Penting untuk menggunakan tabir surya pada pagi hari setelah menggunakan retinol karena retinol dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

BACA JUGA : 7 Tips Memutihkan Kulit Wajah Dengan Cepat, Alami dan Aman Untuk Anda Coba, Simak Ulasannya Dibawah Ini!

Apakah Retinol Bisa Dipakai Semua Orang?

Retinol tidak disarankan bagi individu dengan kulit yang mengalami pengelupasan yang parah atau kerusakan akibat paparan sinar matahari. Selain itu, penggunaan retinol juga harus dihindari oleh ibu hamil karena berpotensi mengganggu perkembangan janin dan dapat menyebabkan cacat pada bayi yang baru lahir.

Efek Samping Retinol

Selain memiliki manfaat luar biasa untuk kulit wajah, retinol juga memiliki beberapa efek samping jika digunakan secara tidak tepat. Beberapa efek samping retinol termasuk iritasi, kemerahan, sensasi terbakar pada kulit, dan pengelupasan.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan reaksi kulit terhadap retinol, sehingga menimbulkan efek samping. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan beberapa hal, seperti tidak menggunakan retinol terlalu sering atau dalam dosis yang tinggi.

Perlu persiapan kulit dengan baik sebelum penggunaan retinol dan hindari penggunaannya saat kulit masih lembap. Penting juga untuk menghindari penggunaan retinol bersamaan dengan bahan-bahan keras lainnya, seperti eksfoliator atau obat jerawat.

Kamu bisa mulai memakai retinol dengan dosis rendah, apalagi jika memiliki kulit yang sensitif. Jika kulit Anda tidak memiliki reaksi yang merugikan, silakan perlahan-lahan naik ke produk retinol dengan dosis yang lebih tinggi.

Itulah penjelasan lengkap mengenai manfaat, cara pakai, dan efek samping dari retinol . Jadi, jangan sembarangan memakai retinol agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya untuk kulit wajah kamu. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :