Cara Jitu Menghemat Listrik Saat Menggunakan Merek Mesin Cuci Terbaik

Cara Jitu Menghemat Listrik Saat Menggunakan Merek Mesin Cuci Terbaik

cara menggunakan merek mesin cuci terbaik agar hemat listrik-freepik-www.freepik.com

diswayjogja.com - Menghemat listrik jadi salah satu kebiasaan yang baik dan perlu dilakukan. Salah satunya dengan cara memperhatikan penggunaan barang elektronik di dalam rumah seperti merek mesin cuci terbaik.

Merek mesin cuci terbaik yang hampir dipakai setiap hari akan membutuhkan biaya listrik yang lebih banyak dibandingkan yang lainnya.

Kamu tidak perlu terlalu khawatir, karena tagihan tidak akan membengkak asalkan kamu jeli dan tahu cara untuk menghemat energi saat menggunakan merek mesin cuci terbaik.

Supaya mencuci pakai merek mesin cuci terbaik tidak boros air dan listrik, ada 2 hal yang bisa mempengaruhi, yaitu cara mencuci dan pilihan mesin cuci.

Kamu bisa pilih mesin cuci yang hemat energi yang punya watt yang paling rendah supaya tagihan air dan listrik tidak naik.

BACA JUGA:Penyebab Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Efektif, Begini Cara Mengatasinya

BACA JUGA:5 Cara Mudah Perpanjang Usia Merek Mesin Cuci Terbaik Di Rumah

Berikut tips hemat energi pada saat mencuci pakai mesin cuci :

1. Atur temperatur mesin cuci

Untuk menghemat penggunaan listrik, kamu bisa mengatur suhu mesin cuci yang sesuai dengan jumlah cucian. Hal itu juga bisa menjaga serat kain supaya tidak gampang rusak dan tetap lembut.

2. Atur durasi putaran

Dalam melakukan hal ini terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan seperti  jumlah pakaian yang masuk ke dalam mesin cuci, tingkat kotor pakaian, dan jenis bahan pakaian.

- Tingkat kotor pakaian

Saat kondisi pakaian yang ingin kamu cuci tidak terlalu kotor, putar mesin cuci selama sebentar saja dan lanjut pembilasan manual.

- Jumlah pakaian di dalam mesin cuci

Apabila mencuci pakaian dengan jumlah yang tidak cukup banyak, salah satu cara yang dapat kamu lakukan guna menghemat listrik yaitu memutar mesin cuci hanya untuk pembilasan dalam waktu selama 5-10 menit.

BACA JUGA:5 Penyebab Air Merek Mesin Cuci Terbaik Kotor, Ini Solusinya

BACA JUGA:Cara Mengatasi Merek Mesin Cuci Terbaik Jalan Sendiri, Ini Penyebabnya

- Jenis bahan pakaian

Ketika pakaian direndan dan kamu memutar pakaian di mesin cuci, perhatikan juga bahan pakaian yang kamu rendam tersebut.

Apabila bahan pakaian yang kamu rendam gampang rusak sebaiknya kamu mengerjakan cucian secara manual.

Tetapi, jika pakaian yang dicuci sejenis dalaman, maka kamu cukup putar mesin selama 5-10 menit guna perendaman, lalu dibersihkan dan dibilas dengan cara manual.

3. Kurangi kegiatan mencuci dengan mesin cuci

Supaya bisa hemat listrik dan air, mencuci pakaian menggunakan mesin cuci bisa dilakukan sekitar 1 hingga 2 kali dalam satu minggu atau lebih.

Mencuci banyak pakaian 1-2 kali dalam satu minggu jadi lebih hemat air dan listrik dibandingkan mencuci pakaian sedikit tapi setiap hari.

4. Pakai detergen khusus untuk mesin cuci

Dibandingkan dengan detergen umumnya, detergen yang dipakai untuk mesin cuci punya busa yang lebih sedikit sehingga kamu tidak perlu membilasnya secara berulang-ulang.

Ikutilah takaran yang sudah direkomendasikan guna menghindari busa yang berlebihan. Kamu juga tak perlu menambah siklus bilas ulang.

BACA JUGA:Ide Penempatan Merek Mesin Cuci Terbaik di Dalam Kamar Mandi Kecil

BACA JUGA:Penyebab Baju Jadi Rusak Saat Dicuci Di Merek Mesin Cuci Terbaik

5. Langsung kucek noda

Segera bersihkan pakaian yang baru terkena noda pakai tetesan detergen cair dan air, kemudian kucek. Jangan kamu tunggu hingga jadwal mencuci selanjutnya. Dengan cara ini, kamu cukup pilih siklus cepat di mesin cuci sebab noda telah teratasi.

6. Manfaatkan pengeringan alami

Kadang kita tidak harus selalu mengeringkan cucian menggunakan pengering mesin cuci. Siklus pengeringan mengkonsumsi energi sangat banyak sebab mesin cuci harus memanaskan suhunya dalam tabung.

Setelah air di cucian mulai tiris dengan putaran yang sedang, kamu bisa menggantung pakaian guna dikeringkan dengan sinar matahari langsung.

Itulah beberapa cara jitu yang dapat kamu lakukan untuk menghemat listrik saat mencuci pakai merek mesin cuci terbaik. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.nakita.grid.id