5 Cara Mudah Perpanjang Usia Merek Mesin Cuci Terbaik Di Rumah

5 Cara Mudah Perpanjang Usia Merek Mesin Cuci Terbaik Di Rumah

Tips merawat merek mesin cuci terbaik agar awet-ryshchyshen-www.freepik.com

diswayjogja.com - Kita tentu memakai merek mesin cuci terbaik di rumah tiap hari untuk mencuci banyak pakaian yang kotor. Maka dari itu, tidak heran jika alat ini sudah menjadi bagian menunjangnya rumah tangga.

Meskipun demikian, merek mesin cuci terbaik harus kita dipakai dengan hati-hati, supaya tetap awet dan bisa tahan lama.

Kamu mungkin sering mengabaikan beberapa hal sederhana, misal seperti tetap melakukan perawatan pada pengering atau ventilasi mesin cuci.

Sehingga, bisa menyebabkan penyumbatan saluran air, kebocoran merek mesin cuci terbaik, mesin cuci tidak bisa mengeluarkan deterjen, dan lain sebagainya.

Beberapa hal yang demikian itu bisa memperpendek umur pakai merek mesin cuci terbaik. Oleh karena itu, kamu jangan sampai mengabaikannya.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Merek Mesin Cuci Terbaik Jalan Sendiri, Ini Penyebabnya

BACA JUGA:5 Penyebab Air Merek Mesin Cuci Terbaik Kotor, Ini Solusinya

Berikut cara mudah merawat mesin cuci agar usianya bisa panjang :

1. Jangan melebihi kapasitas mesin cuci

Mungkin kamu sering melihat ada banyak pakaian yang kotor yang menumpuk di rumah, dan kamu memilih mencucinya secara sekaligus tanpa kamu perhatikan kapasitas maksimum mesin cuci.

Hal ini justru harus kamu hindari, karena bisa menyebabkan mesin cuci kelebihan beban, yang menjadikannya cepat rusak dan aus.

Baca panduan pemakaian mesin cuci, dan patuhi kapasitas mesin cuci sesuai di buku panduan tersebut.

2. Pilih deterjen yang tepat

Ternyata pemilihan deterjen yang tepat bisa berpengaruh pada usia mesin cuci. Oleh karena itu, gunakan deterjen yang khusus diformulasikan untuk penggunaan mesin cuci, supaya usia mesin cuci semakin panjang.

Pilih  deterjen yang cair guna meminimalisir sisa deterjen ertinggal di dalam dispenser deterjen, yang dapat menyumbat saluran dan menyebabkan kerusakan di mesin cuci.

BACA JUGA:Tips Ampuh Mencegah Jamur Di Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA:Cara Memperbaiki Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Goyang Dan Berisik

Deterjen yang cair juga akan cepat larut, sehingga tidak akan meninggalkan residu di pakaian atau di saluran pembuangan mesin cuci.

3. Selalu periksa saku pakaian sebelum dicuci

Kamu seringkali melewatkan hal yang satu ini. Karena, berbagai barang logam yang masih tertinggal di saku pakaian kamu seperti koin dan kunci punya kemampuan untuk membuat bak dalam mesin cuci rusak.

Oleh karena itu, kamu harus selalu cek kantong saku terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci. Selain akan membuat mesin cuci jadi awet, pakaian yang dicuci juga tentu akan tetap awet.

4. Filter Serat dan Ventilasi pengering dibersihkan dengan teratur

Jangan sampai mengabaikan langkah yang sepele satu ini. Meskipun tidak sulit dan hanya membutuhkan waktu yang sedikit, tetapi dengan membersihkan ventilasi saluran dan filter dengan teratur justru akan menjadikan mesin cuci kamu lebih awet.

BACA JUGA:Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Pakai Baking Soda, Ampuh Atasi Jamur Dan Kotoran

BACA JUGA:Cara Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Aman Dari Tikus

Serta, mencegah terjadinya konsleting yang jadi penyebab kebakaran. Bersihkan ventilasi saluran dan filter Paling tidak setahun sekali supaya tetap bekerja secara optimal.

5. Gunakan pembersih kerak

Jika air di wilayah atau lingkungan kamu sulit dan tidak memiliki kualitas yang baik, maka kamu pakailah pembersih kerak.

Sebab, terdapat kemungkinan ada kerak kapur yang menumpuk di tabung dan di pompa mesin cuci, sehingga bisa mengganggu kinerja mesin cuci dengan perlahan.

Perlu kamu ketahui, pembersih kerak adalah bahan kimia yang dipakai untuk menghilangkan endapan kalsium, kerak kapur, dan elemen yang tidak bisa larut yang lainnya dari permukaan logam.

BACA JUGA:Tips Mencuci Baju Di Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Wangi Tahan Lama

BACA JUGA:Jenis Pakaian Yang Tidak Boleh Masuk Ke Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik

Pakailah selama periode waktu tertentu guna menjaga mesin cuci bekerja dalam keadaan yang optimal.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memperpanjang usia merek mesin cuci terbaik di rumah. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.nakita.grid.id