Cara Memasang Kabel Ground Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Benar

Cara Memasang Kabel Ground Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Benar

cara memasang kabel ground merek mesin cuci terbaik yang benar-toonsteb-freepik.com

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik merupakan salah satu barang elektronik yang perannya sangat penting untuk membantu memudahkan pekerjaan rumah tangga.

Supaya pengoperasiannya bisa tetap optimal, maka merek mesin cuci terbaik perlu untuk dilakukan pemeliharaan dengan rutin.

Meskipun demikian, seperti halnya barang elektronik lainnya, merek mesin cuci terbaik juga perlu dilakukan instalasi yang tepat guna memastikan keamanan pemakaian. Salah satunya yaitu dengan pemasangan kabel ground yang benar.

Perlu kamu ketahui bahwa kabel ground merek mesin cuci terbaik memiliki fungsi sebagai jalur perlindungan darurat yang akan mengalirkan arus listrik secara berlebih ke tanah apabila terjadi sebuah gangguan di sistem listrik.

Hal ini sangat penting guna mencegah adanya bahaya kejutan listrik atau kebakaran akibat dari hubungan arus pendek (konsleting).

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bau, Begini Cara Mengatasinya

BACA JUGA : Ciri-Ciri Merek Mesin Cuci Terbaikmu Sudah Konslet, Begini Cara Mengatasinya

Berikut ini cara yang benar dalam memasang kabel ground mesin cuci :

1. Pilih Lokasi yang Tepat

Pertama, kamu harus menentukan lokasi ataupun area rumah yang tepat untuk mesin cuci kamu. Pastikan kalau sudah terdapat akses untuk menuju ke sumber listrik dan ke saluran air yang mudah.

2. Matikan Listrik

Sebelum kamu memulai, pastikan bahwa listrik ke area penempatan mesin cuci kondisinya telah benar-benar dimatikan. Hal itu bisa dilakukan dengan cara mematikan saklar utama, atau bisa juga mematikan pemutus sirkuit yang sesuai pada kotak sirkuit.

3. Siapkan Kabel Ground

Kemudian pastikan bahwa kabel ground yang dimiliki telah sesuai digunakan untuk mesin cuci. Sebagai tanbahan informasi, bahwa kabel ground biasanya memiliki warna hijau atau terbuat dari tembaga yang berlapis hijau.

4. Temukan Terminal Ground

Sselanjutnya yaitu cari terminal ground di mesin cuci kamu. Biasanya terminal tersebut letaknya ada di bagian belakang unit atau ada di dalam kompartemen yang ditunjuk.

BACA JUGA : Tanda-Tanda Merek Mesin Cuci Terbaik Harus Diganti

BACA JUGA : Ciri-Ciri Dinamo Merek Mesin Cuci Terbaik Rusak, Ini Penyebabnya

5. Koneksikan Kabel Ground

Hubungkan satu ujung kabel ground pada terminal ground di mesin cuci. Pastikan koneksi tersebut sudah kokoh dan aman.

6. Sambungkan ke Sumber Ground

Berikutnya, kamu sambung ujung yang lain dari kabel ground pada sumber ground yang letaknya terdapat pada dinding. Biasanya sumber ground tersebut berupa titik tembaga yang terhubung ke sistem grounding rumah.

7. Uji Koneksi

Setelah kabel ground sudah terpasang, maka kamu pastikan untuk menguji koneksi dengan memakai alat pengukur kebocoran arus ataupun menggunakan multimeter. Hal itu akan memastikan kalau koneksi ground bisa berfungsi dengan baik. Sehingga, dapat memberi perlindungan yang memadai.

8. Pasang Mesin Cuci dengan Aman

Setelah semuanya sudah koneksi terpasang secara benar, lalu pasang mesin cuci secara hati-hati sesuai buku instruksi yang telah diberikan. Jauhkan dari dinding dan permukaan yang gampang terbakar. Hal itu tujuannya supaya merek mesin cuci terbaik kamu bisa beroperasi dengan optimal.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bocor Dan Cara Mengatasinya

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Menyetrum dan Cara Mengatasinya

9. Uji Fungsi Mesin Cuci

Sebelum kamu mulai untuk menggunakan mesin cuci, pastikan kamu terlebih dahulu untuk mengujinya. Langkah ini penting kamu lakukan guna memastikan kalau seluruh fungsi dari mesin cuci mampu berjalan dengan baik. Juga, tidak timbul masalah selama berlangsungnya proses pengoperasian.

Kamu bisa menyimpan panduan ini, dan mengikutinya saat kamu hendak memasang mesin cuci di dalam rumah kamu. Sehingga, pemakaiannya akan tetap efektif dan aman. Selain itu, panduan ini juga akan membantu kamu dalam memberikan perlindungan tambahan pada bahaya listrik dalam rumah tangga.

Itulah panduan lengkap tentang cara yang bisa kamu lakukan untuk memasang kabel ground merek mesin cuci terbaik yang benar. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: nakita.id