Ciri-Ciri Dinamo Merek Mesin Cuci Terbaik Rusak, Ini Penyebabnya

Ciri-Ciri Dinamo Merek Mesin Cuci Terbaik Rusak, Ini Penyebabnya

Ciri-Ciri Dinamo Merek Mesin Cuci Terbaik Rusak-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Terdapat banyak komponen penting yang ada pada merek mesin cuci terbaik. Salah satunya yaitu dinamo merupakan komponen yang fungsinya menghasilkan energi listrik untuk menggerakkan motor pada mesin cuci.

Biasanya dinamo merek mesin cuci terbaik letaknya di bawah dan fungsinya sebagai penggerak. Dinamo akan menggerakkan bak pengering dan pulsator agar mesin cuci bisa berputar dan bekerja untuk mencuci baju dan ketika proses pengeringan.

Untuk kebutuhan mencuci pakaian, dinamo merek mesin cuci terbaik didesain supaya mempunyai putaran mesin yang kuat. Hal itu bertujuan supaya bisa membolak-balikan pakaian dengan tenaga besar. Sedangkan di proses pengeringan, dinamo dirancang supaya dapat menghasilkan perputaran yang cepat. Hal itu bertujuan supaya pakaian jadi lebih cepat kering.

Merek mesin cuci terbaik yang berfungsi dengan normal harus bisa mencuci dan mengeringkan pakaian secara sempurna. Jika mesin cuci tidak bisa berputar dan hanya ada suara berdengung dari dinamonya, kemungkinan terdapat masalah di komponen tersebut.

BACA JUGA : Cara Mencuci Baju Dalam Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Benar

Apabila dinamo merek mesin cuci terbaik mengalami kerusakan, maka akan membuat kerja mesin cuci jadi terganggu bahkan mungkin saja bisa berhenti berfungsi sama sekali. Jika tidak ada dinamo pada mesin cuci, mesin cuci tidak akan bisa dipakai.

Berikut ciri-ciri dinamo mesin cuci rusak :

1. Mesin cuci bergetar

Dinamo mesin cuci yang rusak akan membuat mesin cuci jadi berputar sangat lambat atau juga sangat cepat, bahkan bisa berhenti berputar. Apabila masalah ini tidak cepat ditangani, maka dapat merusak mesin cuci.

2. Proses mencuci jadi lama

Ciri lain dari kerusakan pada dinamo yaitu mesin cuci ketika dinyalakan keluar bunyi yang aneh seperti gemeretak atau gemuruh. Hal ini dapat menyebabkan proses mencuci lama bila dinamo tidak cepat untuk diperbaiki.

3. Mesin cuci tidak berputar

Apabila dinamo rusak, maka motor tidak akan menerima daya yang diperlukan untuk berputar dan merek mesin cuci terbaik tidak akan bisa berfungsi dengan seharusnya.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Bahan Alami

4. Mesin cuci tidak berputar secara konsisten

Dinamo yang rusak mungkin tidak dapat menghasilkan cukup energi listrik untuk menjalankan mesin cuci secara efisien. Hal itu yang nantinya akan menyebabkan mesin cuci memerlukan waktu lebih lama untuk mencuci. Bahkan, proses pencucian jadi tidak maksimal dan hasil cucian pun tidak akan bersih seperti biasanya.

Berikut faktor penyebab dinamo mesin cuci rusak :

1. Kerusakan dinamo

Apabila dinamo rusak, mesin pengering tidak dapat berputar. Terdapat banyak hal yang dapat mengakibatkan dinamo rusak, namun yang paling sering yaitu disebabkan oleh lilitan dinamo yang putus yang akhirnya membuat mesin pengering jadi tidak mau berputar dan keluar suara dengungan.

2. Kerusakan door switch (saklar pintu)

Komponen ini rentan mengalami kerusakan karena posisinya ada di dekat timer. Kerusakan pada door switch bisa berpengaruh pada kinerja mesin pengering. Komponen ini sering kena air dan dapat membuat sensor pengering rusak. Hal tersebut sering terjadi dan seringnya tidak disadari oleh penggunanya.

3. Kerusakan timer pengering

Fungsi timer yaitu untuk mengatur mesin cuci. Kerusakan pada timer mesin cuci akan membuat pengering mesin cuci tidak bisa diputar. Kerusakan timer pengering biasanya disebabkan karena usia mesin yang telah lama atau karena terdapat serangan hama seperti tikus yang menggigit komponen pegas sampai aus.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Nyetrum, Simak Ulasan Lengkapnya Disini

4. Tenaga kapasitor berkurang

Kerusakan tenaga kapasitor bisa mengakibatkan mesin pengering tidak berputar secara cepat. Masalah ini biasanya terjadi dikarenakan usia pakai mesin cuci sudah sangat lama.

5. Sambungan kabel putus

Biasanya hal ini akibat gigitan tikus. Kabel yang sambungannya putus akan berpengaruh pada mesin pengering mesin cuci dan akibatnya mesin pengering jadi tidak mau berputar.

6. Kapasitor mesin terbakar

Akibat dari kapasitor mesin yang mengalami kerusakan yaitu mesin pengering tidak akan berputar. Biasanya kapasitor mesin yang terbakar terjadi saat mesin pengering dipakai terus menerus dan intensitas penggunaannya lumayan tinggi. Kapasitor mesin yang rusak juga bisa menjadi penyebab mesin pengering tidak mau berputar.

Itulah beberapa ciri dan penyebab dinamo merek mesin cuci terbaik kamu rusak. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: aqua elektronik indonesia