Ciri-Ciri Merek Mesin Cuci Terbaikmu Sudah Konslet, Begini Cara Mengatasinya

Ciri-Ciri Merek Mesin Cuci Terbaikmu Sudah Konslet, Begini Cara Mengatasinya

ciri-ciri merek mesin cuci terbaik konslet-EyeEm-freepik.com

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik merupakan salah satu peralatan dalam rumah tangga yang sangat membantu untuk mengurus pekerjaan mencuci pakaian.

Tetapi, seperti pada alat elektronik rumah tangga lainnya, merek mesin cuci terbaik juga dapat mengalami beberapa masalah, salah satunya yaitu korsleting listrik.

Korsleting listrik yang terjadi pada merek mesin cuci terbaik merupakan masalah serius yang dapat menimbulkan risiko terjadinya kebakaran dan kerusakan permanen pada mesin cuci.

Sehingga penting bagi kamu mengetahui ciri-ciri merek mesin cuci terbaik konslet, penyebab dari masalah ini, dan cara yang bisa diambil untuk mengatasinya.

BACA JUGA : Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik Front Loading Harga Di Bawah Rp5 Juta

BACA JUGA : Bahaya Meletakkan Merek Mesin Cuci Terbaik Di Kamar Mandi

Ciri-ciri mesin cuci sudah konslet :

1. Mesin Cuci Tidak Menyala

Tanda yang paling jelas kalau mesin cuci sedang mengalami korsleting salah satunya yaitu saat mesin cuci tidak mau nyala sama sekali meski telah dihubungkan ke sumber listrik. Hal ini menunjukkan kalau aliran listrik ke mesin cuci sudah terputus sebab adanya masalah di sirkuit internal.

3. Muncul Asap

Asap yang muncul dari mesin cuci merupakan tanda bahaya yang jelas. Asap tersebut biasanya hasil dari kabel atau komponen yang sudah terbakar akibat dari korsleting. Apabila kamu melihat asap, cepat matikan mesin cuci dan cabut kabelnya dari sumber listrik.

2. Bau Terbakar

Apabila kamu mencium bau seperti plastik yang terbakar atau kabel meleleh ketika mesin cuci sedang dipakai atau setelah dipakai, karena hal tersebut merupakan indikasi yang kuat kalau ada korsleting yang terjadi di dalam mesin cuci. Bau tersebut biasanya asalnya dari kabel atau komponen internal yang kondisinya terlalu panas dan sudah mulai terbakar.

4. Percikan Api

Percikan api dari mesin cuci ketika dihidupkan atau ketika sedang digunakan merupakan tanda bahwa terdapat kabel atau komponen yang sudah mengalami korsleting. Percikan api tersebut sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan kebakaran.

BACA JUGA : Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik 10 Kg Harga Mulai Rp1 Jutaan

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bau Tikus, Begini Cara Menghilangkan Baunya

5. Pemutus Arus (MCB) Trip

Apabila pemutus arus listrik yang ada di rumah (MCB) sering trip ataupun mati ketika mesin cuci sedang dioperasikan, hal ini bisa jadi sebab ada korsleting di mesin cuci.

Pemutus arus fungsinya melindungi sistem listrik dari terjadinya kerusakan yang lebih lanjut dengan cara memutus aliran listrik ketika terjadi korsleting atau ketika beban berlebih.

6. Fungsi Mesin Terganggu

Apabila mesin cuci kamu fungsinya sudah mulai tidak normal, seperti mesin cuci berhenti di tengah siklus pencucian, drum tidak bisa memutar, atau ada masalah lain yang tidak biasa, hal itubisa jadi sebab ada korsleting di bagian internal mesin.

Penyebab merek mesin cuci terbaik konslet :

1. Instalasi Listrik Buruk

Instalasi listrik yang kondisinya tidak sesuai standar atau kondisinya kurang baik juga dapat menjadi penyebab adanya korsleting listrik. Hal ini termasuk pemakaian kabel yang tidak sesuai atau penyambungan kabel longgar.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Tidak Berhenti Berputar

BACA JUGA : Mencuci Sambil Mengeringkan Pakaian Dengan Merek Mesin Cuci Terbaik, Simak Penjelasannya Disini

2. Kabel Listrik Rusak

Kabel listrik yang sudah rusak atau terkelupas merupakan penyebab umum adanya korsleting dan bisa menuebabkan kontak langsung di antara kabel negatif dengan kabel positif yang kemudian akan menyebabkan terjadinya korsleting.

3. Air Masuk ke Komponen Listrik

Mesin cuci merupakan sebuah peralatan elektronik yang bekerja menggunakan air, sehingga akan selalu ada risiko air masuk dalam komponen listrik.

Apabila air masuk ke bagian yang seharusnya kodisinya kering, seperti panel kontrol ataupun motor, maka hal itu bisa menjadi penyebab terjadinya korsleting.

4. Komponen Internal Aus

Komponen internal pada mesin cuci seperti motor, panel kontrol atau pompa yang kondisinya sudah aus atau rusak juga bisa menyebabkan korsleting. Komponen yang aus akan cenderung overheat dan bisa menjadi penyebab kebakaran.

BACA JUGA : 9 Tanda Merek Mesin Cuci Terbaik Akan Rusak

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Menggunakan Air Panas

Cara mengatasi mesin cuci yang konslet :

1. Mesin Cuci dimatikan dan Cabut dari Sumber Listrik

Pertama kamu harus segera mematikan mesin cuci dan cabut dari sumber listrik guna mencegah kerusakan yang lebih lanjut atau risiko adanya kebakaran.

2. Periksa Kabel Listrik

Cek keadaan kabel listrik yang terhubung dengan mesin cuci. Apabila ada kabel yang mengelupas atau rusak, segera ganti dengan yang baru dan pastikan kalau pemasangannya tepat.

3. Cek dan Bersihkan Komponen Internal

Apabila kamu mempunyai pengetahuan tentang elektronik, kamu dapat membuka mesin cuci dan mengecek komponen internalnya. Pastikan bahawa tidak terdapat air yang masuk ke dalam komponen listrik dan bersihkan apabila terdapat kotoran yang menempel.

4. Ganti Komponen yang Rusak

Apabila dijumpai komponen internal yang mengalami kerusakan atau aus, maka segera ganti dengan yang baru. Pastikan kamu pakai komponen yang sesuai spesifikasi dari mesin cuci kamu.

BACA JUGA : Trik Meletakkan Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Benar Agar Tidak Bergeser

BACA JUGA : Penyebab Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Berputar Tapi Air Tidak Keluar, Begini Solusinya

5. Panggil Teknisi Profesional

Apabila kamu tidak mempunyai pengetahuan atau keterampilan dalam memperbaiki mesin cuci yang korslet, sebaiknya kamu memanggil teknisi profesional.

Teknisi mempunyai alat dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah korsleting secara aman.

Itulah beberapa ciri, penyebab dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi merek mesin cuci terbaik yang sudah konslet. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: nakita.id