Cara Mengecek Kapasitor Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Mudah

Cara Mengecek Kapasitor Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Mudah

cara yang mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengecek kapasitor merek mesin cuci terbaik-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Penggunaan merek mesin cuci terbaik di tanah air sudah semakin masif sebab sangat efektif dalam memudahkan pekerjaan dalam rumah tangga. Oleh karena itu, performa mesin cuci harus selalu terjaga dengan baik dan kerusakan dalam bentuk apa pun harus segera diatasi.

Memperbaiki merek mesin cuci terbaik sebenarnya terbilang mudah jika kamu sudah memahami sistem dasar dari alat elektronik, seperti cara mengecek kapasitor mesin cuci dengan benar.

Ukuran kapasitor merek mesin cuci terbaik memang kecil dibandingkan dengan komponen inti lainnya pada  mesin cuci. Namun adanya kapasitor ini sangat penting untuk mendukung performa dari mesin cuci. Kapasitor memiliki fungsi memberikan daya listrik tambahan agar dinamo bisa berputar.

Ketika kamu baru menyalakan merek mesin cuci terbaik, dinamo yang berputar pertama kalinya perlu daya listrik yang lebih banyak, sehingga rotasinya akan berlangsung secara maksimal sesuai dengan pengaturan.

BACA JUGA : Cara Menyambung Selang Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Kurang Panjang

BACA JUGA : Cara Menggunakan Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung Untuk Hasil Maksimal

Oleh sebab itu, kerusakan yang terjadi pada kapasitor akan sangat berpengaruh pada kinerja merek mesin cuci terbaik. Jika kamu menguasai cara mengecek kapasitor mesin cuci, maka proses identifikasi kerusakan akan lebih cepat sehingga kamu bisa segera mengatasinya.

BErikut cara cek kapasitor mesin cuci :

1. Cek kapasitor dengan aliran listrik

Cara ini bisa berisiko menimbulkan korsleting sehingga ini harus dilakukan oleh orang yang mempunyai pengetahuan tentang teknik kelistrikan secara memadai.

Kamu bisa memulainya dengan cara siapkan kabel besar 2 buah lalu sambungkan 2 kabel tersebut ke 2 kabel kapasitor. Colokkan kabel besar tersebut sebentar saja ke stop kontak yang mempunyai aliran listrik kemudian segera cabut lagi.

Tempelkan kedua ujung kabel satu sama lain. Jika saat kedua ujung kabel bersentuhan muncul percikan bunga api, itu menandakan bahwa kondisi kapasitor baik.

Namun, jika bunga api tersebut tidak muncul itu berarti kapasitor telah rusak. Jika pengecekan telah selesai, pisahkan kedua ujung kabel dan jangan sampai tersentuh dengan tangan.

BACA JUGA : Cara Mengeringkan Pakaian Dengan Merek Mesin Cuci Terbaik Sesuai Jenisnya

BACA JUGA : Cara Mencuci Hijab Dalam Merek Mesin Cuci Terbaik

2. Cek kapasitor dengan Multitester digital

Kamu dapat gunakan metode ini jika telah menyiapkan multitester digital. Mulai dengan mengatur skala selektor pada simbol kapasitor.

Tempel kabel berwarna merah dan kabel berwarna hitam (probe) multimeter ke terminal kapasitor. Apabila hasil layar multitester angkanya menunjukkan lebih dari 1.300 atau malah angkanya kembali lagi ke 1, artinya kondisi dari kapasitor tersebut baik atau tidak ada masalah.

Namun sebaliknya, apabila layar multitester tidak dapat menunjukkan angka sama sekali, maka berarti kapasitor tersebut sudah rusak.

3. Cek kapasitor dengan Multitester analog

Cara ini tergolong paling praktis sebab multitester analog gampang ditemukan. Kamu tinggal atur panel multimeter pada setelan Ohm X1K.

Kemudian, tempelkan kabel yang warna merah dan kabel yang warna hitam (probe) multimeter ke terminal kapasitor. Amati hasil pengecekan di layar multimeter.

BACA JUGA : Penyebab Selang Pembuangan Merek Mesin Cuci Terbaik Rusak, Begini Cara mengatasinya

BACA JUGA : Cara Mengatasi Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Berputar

Jika jarum bergerak ke arah kanan kemudian ke kiri, itu berarti kapasitor dalam keadaan yang baik dan tidak terjadi kerusakan. Tetapi, apabila jarum tersebut bergerak ke arah kanan lalu tidak kembali lagi ke kiri berarti kapasitor tersebut telah rusak.

Perhatikan beberapa hal ini saat cek kapasitor merek mesin cuci terbaik :

- Dengarkan bunyi kapasitor secara seksama karena kapasitor yang rusak biasanya akan terdengar lebih brisik seperti bunyi dengung.

- Perhatikan perubahan fisik kapasitor, misal bodi kapasitor yang sudah menggembung atau kabel yang mengelupas dan terputus.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek kapasitor pada merek mesin cuci terbaikmu dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: aqua elektronik indonesia