1.300 Goweser Ramaikan TDA 2024, Dimanjakan Keindahan Gunung Menoreh sampai Candi Prambadan

1.300 Goweser Ramaikan TDA 2024, Dimanjakan Keindahan Gunung Menoreh sampai Candi Prambadan

Ribuan pesepeda mengikuti dan meramaikan ajang Tour de Ambarrukmo (TDA), Sabtu, 27 Juli 2024-DOK-

DISWAYJOGJA - Sebanyak 1.300 pesepeda mengikuti dan meramaikan ajang Tour de Ambarrukmo (TDA), Sabtu, 27 Juli 2024. Ribuan pecinta gowes alias goweser dari dalam maupun luar DIY dimanjakan keindahan pegunungan Menoreh Kulonprogo, Gunung Merapi dan pesona Candi Prambanan.

Ajang TDA 2024 tersebut mengusung konsep Sportainment. Dimana sportainment sendiri merupakan gabungan dari kegiatan olahraga wisata (sport tourism) dan hiburan (entertainment) yang bertujuan menjadikan dunia olahraga sebagai alternatif hiburan.

Chairman TDA Surya Ananta mengatakan, jarak tempuh TDA 2024 yang dilewati peserta reguler di event kali ini sepanjang 128 Kilometer dengan elevation gain sebanyak 959. Sedangkan untuk race peserta menanjak King of Mountain dan Queen of Mountain menempuh 145 Kilometer dengan elevation gain sebesar 1.500 di jalur Race Goa Kiskendo Kulonprogo sepanjang 7,5 Kilometer. Dengan estimasi waktu tempuh dari titik start hingga finish sekitar 5 hingga 7 jam perjalanan.

BACA JUGA:Unik dan Kekinian, Simak Daya Tarik Wisata Terbaru 2024 De Mangol Jogja

Dia mengatakan, ajang sepeda bergengsi yang diinisiasi Ambarrukmo Group dengan menawarkan keindahan panorama Yogyakarta dari sisi barat hingga utara kali ini berkolaborasi dengan Antangin. Rute-rute yang akan dipilih melewati banyak UMKM dikarenakan maksud dan tujuan event digelar adalah guna meningkatkan sektor perekonomian dan pariwisata di Yogyakarta. Event ini juga diharapkan menambah length of stay atau lama tinggal menjadi 2 hingga 3 hari di DIY.

”Dari ribuan peserta yang mengikuti event ini, sekitar 70 persen merupakan masyarakat dari luar DIY. Dengan demikian, berbagai potensi yang ada di DIY bisa dikenalkan kepada mereka. Berbagai produk lokal pun diangkat dan wilayah yang dilalui juga berkesempatan mengenalkan potensi setempat,” tutur General Manager Plaza Ambarukmo tersebut.

Ketua TDA 2024 Indra Gunawan menambahkan, event tahun ini tidak hanya menjadi acara olahraga tapi dikemas dalam sportainment yang pertama di DIY. Diman amenghadirkan sport tourism berkolaborasi dengan entertainment. Sportainment tersebut bisa dilihat dari adanya pertunjukan seni budaya Tari Angguk di Taman Budaya Kulonprogo pada checkpoint 1 dan tarian Ramayana di Candi Prambanan pada checkpoint 4.

”Akan menjadi spesial karena ada event after race celebration untuk dinikmati cyclist di main atrium Plaza Event hiburan ini dimeriahkan dengan berbagai acara seperti cheerleaders competition, sempoa ship competition, kids spesial performance dan guest star performance Rio Febrian," tambahnya.

Sementara itu, Flag off race diawali Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk kategori Race King Of Mountain dan Queen Of Mountain di titik start Plaza Ambarukmo tepat pukul 05.30 WIB. Disusul flag off race oleh Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan dan Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo. Tutur hadir sejumlah tamu undangan seperti perwakilan Forkopimda DIY, perwakilan Dinas Pariwisata DIY dan pihak penyelenggara maupun pendukung acara TDA 2024.

BACA JUGA:Geopark Jogja Diusulkan Naik Status, Sri Paduka ; Pentingnya Keterlebitan Warga sebagai Subyek dalam Kegiatan

Sri Sultan menyampaikan terima kasih kepada pihak penyelenggara dan selamat datang kepada semua peserta yang berpartisipasi dan memeriahkan event tahunan ini. Melalui event ini, Raja Keraton Yogyakarta ini memberikan semangat dan harapan agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik serta mengutamakan keselamatan.

”Para peserta semua menempuh sekian kilometer, perjalanan yang jauh. Hati-hati di jalan. Saya berharap seluruhnya bisa finish dengan sehat. Selamat bertanding, semoga bisa menikmati keindahan Yogyakarta dengan baik,” ujar sebelum dimulai acara. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: