10 Penyebab Merek AC Terbaik Tidak Dingin Pada Siang Hari Beserta Solusinya

10 Penyebab Merek AC Terbaik Tidak Dingin Pada Siang Hari Beserta Solusinya

Penyebab Merek AC Terbaik Tidak Dingin Pada Siang Hari Beserta Solusinya-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merasakan kesejukan dari merek AC terbaik pada saat siang hari yang terasa sangat panas bisa memberikan ketenangan dan kenyamananpada tubuh kita.

Tetapi, saat merek AC terbaik tidak terasa dingin saat siang hari, situasi tersebut menjadi sangat tidak nyaman dan dapat menimbulkan kegelisahan.

Merek AC terbaik yang tidak dingin pada saat siang hari bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Beberapa faktor yang bisa mempengaruhi produk AC unggulan kamu jadi tidak dingin ketika siang hari diantaranya yaitu kelembapan yang tinggi, terlalu banyak beban listrik di rumah kamu, kompresor AC yang mengalami kerusakan, atau adanya masalah di saluran udara.

Berikut beberapa penyebab merek AC terbaik tidak dingin pada siang hari :

1. Kelembapan yang Tinggi

2. Terlalu Banyak Beban Listrik

3. Overload pada Sistem

4. Filter yang Kotor

5. Kondensor yang Kotor

6. Kompresor yang Rusak

7. Suhu di Luar Ruangan terasa Sangat Panas

8. Kapasitas AC Tidak Sesuai dengan ukuran Luas Ruangan

9. Dinding Ruangan Menggunakan Kaca

10. Jumlah Orang di Dalam Ruangan ber-AC

BACA JUGA : 7 Penyebab Merek AC Terbaik Mengalami Kebocoran, Segera Atasi Jangan Sampai Terlambat

Berikut beberapa cara mengatasi merek AC terbaik yang tidak dingin ketika siang hari :

1. Membersihkan Filter dan Kondensor

Membersihkan filter dan kondensor AC dengan teratur akan membantu kamu dalam mencegah Acyang terasa tidak dingin pada saat siang hari.

Filter dapat dibersihkan dengan dicuci menggunakan air yang bersih atau bisa juga menggunakan vacuum cleaner. Kondensor dapat dibersihkan menggunakan kuas atau air yang bersih.

2. Mengganti Filter

Filter merek AC terbaik yang sangat kotor dan tidak dapat dibersihkan, alangkah baiknya untuk diganti dengan filter baru. Hal tersebut akan membantu agar udara masuk ke dalam ruangan dengan lebih lancar dan AC dapat mendinginkan ruangan lebih baik.

3. Memeriksa Kondisi Kompresor

Kompresor merupakan salah satu komponen utama di dalam AC yang memiliki tanggung jawab untuk memampatkan dan mendinginkan refrigeran.

Apabila kondisi kompresor tersebut rusak atau tidak bisa berfungsi dengan baik, maka pendinginan yang dikeluarkan oleh AC akan ikut menurun.

Pastikan untuk kamu selalu periksa kondisi kompresor secara berkala dan bila diperlukan, panggil teknisi AC untuk memperbaikinya masalah tersebut.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Merek AC Terbaik Tidak Bisa Di Remote

4. Memeriksa Level Refrigeran

Refrigeran yaitu cairan pendingin yang dipakai dalam sistem AC. Bila level refrigeran sangat rendah, hal itu akan membuat AC tidak bisa memberikan pendinginan optimal. Pastikan kamu periksa level refrigeran secara berkala dan isi refrigeran bila diperlukan.

5. Mengatur Suhu dengan Baik

Mengatur suhu dengan baik dapat membantu mencegah AC tidak dingin. Sebaiknya suhu AC diatur sesuai kebutuhan dan jangan sampai suhu diatur terlalu rendah ataupun terlalu tinggi.

Suhu AC yang terlalu rendah bisa membuat beban kerja AC lebih berat dan mengakibatkan sistem pendingin tidak bisa efektif. Sedangkan, jika suhu terlalu tinggi bisa membuat ruangan jadi tidak nyaman. Sebaiknya suhu AC diatur pada suhu optimal, yaitu antara 22 - 24 derajat Celsius.

6. Menjaga Kebersihan AC Secara Keseluruhan

Pastikan untuk kamu menjaga kebersihan pada AC secara keseluruhan. Termasuk juga membersihkan evaporator, fan, dan semua bagian dalam AC.

Kotoran dan debu yang menumpuk di bagian-bagian tersebut bisa menghambat sirkulasi udara dan akan mengurangi efektivitas pendinginan AC.

7. Kurangi Beban Listrik

Jika terlalu banyak peralatan elektronik yang kamu gunakan di dalam rumah bisa membebani sistem listrik, sehingga AC kamu tidak akan bisa dingin saat siang hari.

Itulah beberapa penyebab dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi merek AC terbaik yang tidak dingin pada siang hari. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: