Cara Mengatasi Merek AC Terbaik Tidak Bisa Di Remote

Cara Mengatasi Merek AC Terbaik Tidak Bisa Di Remote

Cara Mengatasi Merek AC Terbaik Yang Tidak Bisa Di Remote-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Ketika suhu di luar ruangan meningkat, hal pertama yang ingin dilakukan yaitu menghidupkan merek AC terbaik untuk membuat ruangan jadi sejuk dan lebih nyaman.

Tetapi, kadang merek AC terbaik tidak bekerja sesuai dengan harapan, dan salah satu masalah yang mungkin terjadi yaitu saat AC tidak bisa di remote.

Hal ini tentu menjadi masalah yang sangat menjengkelkan, apalagi apabila kalian ingin mengatur suhu ruangan atau ingin menghidupkan atau mematikan merek AC terbaik dari jarak jauh.

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk memanggil teknisi AC, terdapat beberapa hal yang bisa kamu coba lakukan untuk memperbaiki masalah merek AC terbaik ini sendiri.

Berikut beberapa alasan merek AC terbaik tidak dapat di remote beserta beberapa solusi untuk mengatasinya :

1. Remote Rusak

Remote yang rusak bisa jadi penyebab utama AC tidak dapat di remote. Remote terkena cairan atau jatuh bisa menyebabkan remote rusak. Baterai yang ada di dalam remote kadang bisa habis atau korosi yang bisa menyebabkan masalah pada remote.

BACA JUGA : 6 Rekomendasi Merek AC Terbaik LG, Dinginya Bikin Nyaman

Solusi : Ganti baterai remote atau beli remote yang baru bila terjadi kerusakan.

2. Sinyal Remote Tidak Terdeteksi

Sinyal remote yang tidak dapat terdeteksi oleh unit di dalam AC bisa jadi penyebab utamanya. Hal ini bisa terjadi jika apabila terdapat halangan antara remote dengan unit AC atau apabila unit AC rusak.

Solusi : Pastikan supaya tidak ada halangan antara remote dengan unit AC dan coba cek kabel daya AC. Apabila AC tidak mempunyai masalah pada kabel daya, kemungkinan terdapat masalah pada unit AC dan kamu harus memanggil teknisi ahli untuk memperbaikinya.

3. Pengaturan Kode Remote Tidak Sesuai

Kadang, pengaturan kode pada remote AC tidak cocok dengan kode remote di remote itu sendiri, mengakibatkan remote tidak bisa mengontrol AC.

Solusi : Coba untuk pasangkan kode remote pada remote dan unit AC. Instruksi ini bisa kamu temukan di manual AC.

BACA JUGA : 10 Ciri-Ciri Freon Merek AC Terbaik Bocor Atau Habis, Simak Cara Mengatasinya

4. Unit AC Rusak

Unit AC itu sendiri dapat rusak dan membuat masalah remote tidak bisa berfungsi. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa alasan, seperti komponen internal rusak, masalah pada kelistrikan, atau karena masalah lain yang mebutuhkan perbaikan oleh teknisi.

Solusi : Panggil teknisi untuk mengecek dan memperbaiki unit AC.

5. Thermistor Bermasalah

Thermistor yang bermasalah bisa menyebabkan merek AC terbaik tidak dapat dinyalakan atau dimatikan dengan menggunakan remote. Fungsi utama thermistor yaitu mengatur suhu ruangan dengan otomatis pada mesin pendingin udara.

Pada AC tertentu, kerusakan thermistor ditandai dengan lampu timer yang berkedip-kedip atau mengeluarkan suara seperti “tuling, tuling, tuling”.

Solusi : Mengganti thermistor

6. Sensor AC Bermasalah atau Tidak Responsive

Sensor mata terkena air. Hal ini bisa terjadi biasanya sesudah AC dicuci, sehingga AC tidak bisa dikendalikan menggunakan remote. Mata sensor pada unit indoor mungkin terkena percikan air ketika kamu membersihkan AC.

Sensor mata tertutup cap unit indoor. Ketika AC dibersihkan, biasanya cap indoor akan dilepas. Tetapi, bila cap indoor dipasang kembali namun kurang tepat, sensor AC dapat tertutup yang mengakibatkan sensor remote dan sensor di unit indoor tidak bisa terhubung.

Socket sensor kendur. Biasanya koneksi sensor dengan modul PCP menggunakan sistem socket. Meski kuat, penggunaan yang terlalu lama dapat membuatnya kendur ataupun longgar. Selain itu, bisa juga karena adanya kotoran seperti debu atau partikel lain yang ada di dalam socket itu dapat membuat sensor kurang responsif.

Sensor sudah lemah. Sensor merek AC terbaik yang sudah melemah terkadang tidak responsif seperti awalnya. Hal ini biasanya terjadi sebab penggunaan sensor yang telah lama. Tetapi, masalah ini masih dapat kamu atasi dengan cara menggantinya dengan yang baru.

Solusi :

- Mata sensor dilap menggunakan tisu atau kain yang kering dan halus.

- Apabila langkah pertama tidak berhasil, kamu bisa gunakan hair dryer untuk mengeringkan mata sensor pada AC.

- Apabila langkah kedua masih tidak berhasil juga, coba kamu lepaskan soket koneksi sensor dari modul, kemudian pasang kembali untuk memastikan bahwa soket tidak kendur.

BACA JUGA : 10 Penyebab Freezer Merek Kulkas Terbaik Tidak Beku dan Cara Memperbaikinya

Berikut cara mengatasi merek AC terbaik tidak bisa di remote :

- Ganti Baterai Remote

- Periksa Halangan Antara Remote dengan Unit AC

- Reset Kode Remote

- Panggil Teknisi AC

Itulah beberapa alasan dan cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki merek AC terbaik yang tidak bisa di remote. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: