Temui Direktur RS Bethesda, Wagub DIY Dorong Percontohan Pengelolaan Sampah Non Medis

Temui Direktur RS Bethesda, Wagub DIY Dorong Percontohan Pengelolaan Sampah Non Medis

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku ALam X menerima audiensi Direktur Rumah Sakit (RS) Bethesda Yogyakarta yang baru dr Edy Wibowo -DOK.-

DISWAYJOGJA – Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku ALam X menerima audiensi Direktur Rumah Sakit (RS) Bethesda Yogyakarta yang baru dr Edy Wibowo SpM (K), MPH, di Gedhong Pareanom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Rabu, 26 Juni 2024.

Dalam pertemuan itu, Sri Paduka menyambut baik maksud kedatangan Direktur RS Bethesda beserta jajarannya tersebut. Ditemui usai kunjungan, Edy Wibowo mengatakan, kedatangannya dari jajaran direksi baru RS Bethesda untuk silaturahmi pada Kanjeng Gusti.

”Dalam pertemuan ini, kami memohon arahan dan masukan kepada Kanjeng Gusti. Apa yang dapat dikerjasamakan yang bisa kita kolaborasikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jogja dan sekitarnya,” jelasnya.

BACA JUGA:Visitasi Rumah Sakit Pendidikan, Sarpras RSUD Brebes Ditinjau Fakultas Kedokteran UNSOED Purwokerto

Menurut Edy, ada tiga arahan dari Kanjeng Gusti yang diberikan untuk  RS Bethesda Pertama diminta ada modernisasi. Yaitu modernisasi fasilitas layanan dan sistem manajerial, membantu peningkatan edukasi literasi kesehatan kepada masyarakat. ”Kami didorong untuk hal pengelolaan sampah non medis secara mandiri sebagai percontohan,” ungkapnya.

Edy akan segera menindaklanjuti arahan tersebut. Terkait dengan pengelolaan sampah di RS Bethesda Edy menjelaskan, pihak RS Bethesda sudah melakukan pengelolaan sampah baik sampah medis maupun sampah non medis.

“Karena tentu kalau di Rumah Sakit ada prosedur khusus untuk pengelolaan sampah dan pemilahannya yang selama ini sudah kami jalankan,” ucapnya.

Terkait edukasi literasi kesehatan, Edy menjelaskan, hal itu sudah dilaksanakan Di antaranya dengan layanan Hospital Without Wall, penyuluhan kesehatan kepada masyarakat, pemeriksaan kesehatan dan edukasi dengan menggunakan media sosial.

”Sri Paduka juga mengajak untuk bekerjasama dan berkolaborasi dalam hal pelayanan kesehatan masyarakat terutama pelayanan kesehatan kepada masyarakat kurang mampu,” ujarnya.

BACA JUGA:Cegah Penyebaran, Petugas Medis Fasyankes Brebes Digembleng Penanganan Zoonosis

Edy menjelaskan, RS Betheda siap untuk bekerjasama dan berkolaborasi, khususnya memberikan pelayan pemeriksaan kesehatan atau bakti sosial kepada buruh gendong di Malioboro.

“Masukan untuk kolaborasi bakti sosial untuk buruh gendong untuk pemeriksaan reproduksi, kebetulan kami juga memiliki dokter obgyn (Spesialis Obstetri dan Ginekologi) sehingga nanti kami akan berkolaborasi untuk melakukan hal tersebut,” terangnya.

Hadir mendampingi dr Edy Wibowo, Wakil Direktur Pelayanan & Penunjang Medis drg Nicholas Adi Perdana Susanto MSc MPH, Wakil Direktur Keuangan, SDM & Umum, Th. Girindra Surya SE, Wakil Direktur Pendidikan, Riset & Pengembangan Pendidikan Ns Wahyu Widiyanto, Skep FisQua. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: