Langkah-Langkah Memasang Merek AC Terbaik Dalam Rumah, Simak Yuk

Langkah-Langkah Memasang Merek AC Terbaik Dalam Rumah, Simak Yuk

Langkah-Langkah Memasang Merek AC Terbaikmu di Rumah--Google.com

Sebelum memasang unit indoor pada bracket setelah lubang dibuat, pastikan kabel power dan kabel balikan yang akan terhubung ke unit outdoor sudah terpasang.

Selanjutnya, bungkus pipa pembuangan air, pipa tembaga, dan kabel-kabel menjadi satu menggunakan daktape non-lengket.

Setelah itu, pasang unit indoor pada bracket dengan mengangkat unit ke atas hingga tersangkut pada bracket. Kemudian, tekan ke bawah hingga terkunci dengan baik.

Pasang Kabel Power Unit Indoor

Langkah keempat adalah memasang kabel power unit indoor. Kabel unit indoor terdiri dari kabel power dan kabel balikan. Saat penutup terminal kabel dibuka, akan terlihat simbol seperti L untuk Line, N untuk Netral, serta terminal 1 dan 2 untuk kabel balikan.

BACA JUGA : Penyebab Merek AC Terbaik Dirumahmu Hanya Keluar Angin Saja, Cek Solusi Lengkapnya

Kabel dengan simbol L dan N harus dihubungkan ke sumber listrik, sementara terminal 1 dan 2 akan disambungkan ke unit outdoor.

Untuk keamanan yang lebih baik, kabel yang akan disambungkan ke sumber listrik sebaiknya dilengkapi dengan MCB.

Pasang Unit Outdoor AC

Unit outdoor harus ditempatkan di tempat yang teduh dan terlindungi dari sinar matahari dan air hujan untuk memperpanjang masa pakainya. Namun, unit outdoor tidak boleh terisolasi atau dibungkus karena ini dapat mengurangi efektivitasnya dalam membuang panas.

Pertama-tama, pasang bracket outdoor sesuai dengan panjang pipa tembaga. Seperti saat memasang bracket indoor, pastikan menggunakan waterpass agar unit outdoor terpasang rata dan tidak miring.

Pemasangan bracket unit outdoor harus menggunakan dinabol agar dapat menahan beban berat dan tidak mudah bergetar saat dihidupkan. Untuk memasang dinabol, gunakan mata bor beton berukuran 10 mm.

Setelah bracket terpasang, pasang unit outdoor pada bracket tersebut dan kencangkan dengan mur yang disediakan.

Menyambungkan Pipa Tembaga

Langkah berikutnya dalam memasang AC sendiri adalah menghubungkan dua pipa tembaga yang sudah dilengkapi dengan isolator vinil. Pipa tembaga yang lebih besar adalah pipa hisap (suction), sedangkan yang lebih kecil adalah pipa tekanan (discharge).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: