13 Penyebab dan Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Yang Tidak Beku

13 Penyebab dan Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Yang Tidak Beku

Penyebab dan Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Yang Tidak Beku-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Setelah beberapa waktu merek kulkas terbaik digunakan, biasanya kulkas memiliki masalah sulit membeku yang berdampak negatif terhadap penyimpanan bahan makanan dalam kulkas.

Merek kulkas terbaik yang tidak beku bisa disebabkan karena beberapa alasan diantaranya :

1. Kabel Listrik Kulkas Putus

Penyebab kabel listrik putus bisa jadi karena kabel listrik tersebut sudah tua atau tergigit oleh binatang. Caranya adalah mengganti kabel tersebut dengan yang baru supaya mesin merek kulkas terbaik bisa beroperasi lebih lancar, awet, dan efisien.

2. Sumber Listrik Tidak Stabil

Masalah ini bisa disebabkan oleh 2 alasan yaitu tegangan listrik yang lemah dan colokan kabel merek kulkas terbaik yang kendor. Solusinya yaitu dengan memeriksa tegangannya apakah lemah.

Bila perlu lengkapi pengatur tegangan untuk sumber listriknya. Kemudian, cek colokan dan kabel listrik. Apabila colokan atau steker longgar, kamu bisa memasangnya kembali dengan kencang dan jika kabel listrik tidak stabil ataupun putus, kamu isa menggantinya dengan yang baru.

3. Colokan Atau Steker Listrik Rusak

Apabila steker merek kulkas terbaik kendor, kamu perlu menggantinya yang baru. Apalagi jika steker sudah menimbulkan percikan api, segera ganti saja dengan yang baru.

4. Kulkas Tidak Tertutup Rapat

Kamu bisa memeriksa karet pintu kulkas dengan cara menjepitkan selembar kertas di pintu kulkas, gerakkan kertas tersebut ke atas bawah. Apabila kertas tersebut bergerak dengan sangat mudah, berarti karet gasket tidak rapat.

Penyebabnya karena terdapat kotoran di bagian pinggir karet, karet mulai rapuh, atau di bagian pinggirnya sobek. Cara memperbaikinya, ganti dan bersihkan pada bagian tepinya suaya pintu bisa menempel dengan erat di badan dan tidak memudahkan udara dingin keluar.

5. Kompartemen Freezer Terlalu Banyak Terisi Makanan

Makanan yang terlalu banyak akan menghalangi lubang ventilasi kulkas dan menyebabkan pemborosan listrik serta membuat suhu freezer tidak stabil.

Solusinya dengan menata kembali makanan secara rapi, teratur, dan bersihkan secara berkala sekitar 2 – 3 bulan sekali. Kemudian ketika memasukkan makanan ke dalamnya, jangan biarkan makanan menutupi lubang ventilasi.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Freezer Merek Kulkas Terbaik Yang Bocor, Ini Penyebabnya

6. Tombol Pengatur Suhu Tidak Tepat

Apabila pengatur suhu diatur dengan rendah untuk menghemat listrik, kulkas tidak akan bisa mendapatkan udara dingin yang cukup, alhasil makanan gampang rusak dan tidak bisa dibekukan.

Bila dalam keadaan normal, sebaiknya atur kedua tombol pengatur suhu di dalam kulkas ke posisi tengah. Suhu ideal freezer sekitar -18 derajat Celcius di tingkat menengah dan 2 - 4 derajat Celcius di tingkat 4 untuk kompartemen pendingin.

7. Kulkas Kehabisan Gas Freon

Penggunaan kulkas dalam waktu lama bisa menyebabkan kehabisan atau kekurangan gas freon. Atau bisa juga sebab tabung tembaga bocor karena dipakai terlalu lama, atau tabung tembaga putus sebab tergerak atau karena terbentur dengan kuat.

Hal ini merupakan kesalahan yang sangat kompleks, sehingga kamu harus menghubungi agen reparasi yang terpercaya untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan.

8. Tabung Sirkulasi Antara Unit Pendingin Dengan Lemari Es Tersumbat

Apabila koil pendingin atau ventilasi udara di ruang freezer tertutup embun beku mengakibatkan saluran udara dingin tersumbat dan menyebabkan ruang freezer tidak dingin.

Dalam hal ini, penyumbatan disebabkan karena pembentukan es pada saluran udara dingin ataupun karena pembentukan es pada ventilasi udara.

Kamu hanya perlu mematikan listrik kulkas, lalu biarkan pintu kulkas terbuka selama 4-5 jam supaya bunga es bisa mencair, kemudian buang sisa air, dan bersihkan kulkas dengan menyeluruh, setelah itu colokkan listrik supaya kulkas bisa beroperasi kembali.

BACA JUGA : 6 Penyebab Merek AC Terbaik Jenis Portable Mati Terus, Berikut Cara Mengatasinya

9. Unit Pencairan Es Tidak Berfungsi

Unit pencairan es pada kulkas mempunyai efek mencairkan bunga es di bagian koil pendingin. Apabila di bagian ini tidak dapat berfungsi, uap air di freezer akan mengristal jadi bunga es dan menghambat proses pendinginan.

Untuk mengatasi hal ini memerlukan alat dan keahlian khusus, ehingga kamu perlu menghubungi agen reparasi untuk memeriksanya dan memperbaikinya.

10. Kondensor Tertutup Es

Kondensor yang tertutup bunga es akan menyebabkan suhu kompartemen freezer tidak bisa mencapai -18 derajat Celcius.

Bunga es pada kondensor juga bisa menghambat sirkulasi udara dingin yang menyebabkan kompartemen akan membeku dan mengakibatkan penyumbatan pada saluran udara. Untuk mengatasi hal ini kamu perlu meminta saran dan perbaikan dari agen reparasi.

11. Blok Kulkas Rusak

Bagian ini memiliki fungsi memberikan udara dinginyang baik untuk freezer ataupun cooler. Apabila blok kulkas rusak maka kulkas tidak mampu membekukan ataupun mengawetkan bahan makanan dengan baik.

Sebab, ini adalah bagian yang penting dari kulkas dan mempunyai  struktur yang rumit, kamu bisa meminta bantuan kepada agen reparasi.

BACA JUGA : 7 Tips Menyimpan Daging Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Kualitasnya Tetap Terjaga

12. Kipas Kulkas Rusak

Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu meminta agen reparasi untuk memperbaikinya. Biasanya, ketika kipas merek kulkas terbaik kamu tidak bisa beroperasi dengan normal, akan terdengar suara kipas cukup keras.

13. Terlalu Banyak Baki Es Dalam Freezer

Hal ini bisa mengakibatkan es tidak bisa membeku sepenuhnya atau membeku tetapi sangat lambat. Ukuran dan bahan wadah es juga bisa jadi faktor yang menentukan waktu pembekuan kulkas.

Sebaiknya  keluarkan wadah es yang sudah tidak dibutuhkan lagi supaya freezer bisa memberikan ventilasi dan sirkulasi udara dingin lebih baik. Pada saat yang bersamaan, gunakan nampan es dari bahan dengan konduktivitas suhu yang baik guna meningkatkan efisiensi pada pembekuan es.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi merek kulkas terbaik yang tidak beku. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: