7 Tips Menyimpan Daging Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Kualitasnya Tetap Terjaga

7 Tips Menyimpan Daging Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Kualitasnya Tetap Terjaga

Tips Menyimpan Daging di Merek Kulkas Terbaik Agar Kualitasnya Tetap Terjaga-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Jika tidak ingin langsung diolah setelah daging dibeli, daging segar dan produk olahan daging lainnya seperti sosis dan kornet harus disimpan di dalam merek kulkas terbaik agar kualitasnya tetap terjaga dan awet.

Cara menyimpan daging di dalam merek kulkas terbaik sangat penting untuk menjaga kesegaran daging. Karena, penyimpanan daging yang salah justru akan mempercepat proses pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat memicu keracunan makanan.

Berikut 7 tips menyimpan daging di merek kulkas terbaik agar kualitasnya tetap terjaga :

1. Daging dibungkus dulu sebelum dimasukkan ke dalam merek kulkas terbaik

Jangan lupa untuk menyiiapkan plastik atau kertas aluminium foil ataupun wadah makanan yang kedap udara untuk membungkus daging.  Lapisan pembungkus tersebut akan berguna menjaga kelembapan, kesegaran, rasa, dan kandungan gizi dalam daging hingga berbulan-bulan ke depan.

Terlebih lagi paparan suhu dingin yang langsung mengarah ke daging juga bisa menyebabkan freezer burn atau pembentukan kristal es yang akan merusak kualitas daging. Oleh sebab itu, kemasan yang kedap udara sangat penting untuk menjaga kualitas daging yang tersimpan di dalam kulkas.

2. Jangan cuci daging sebelum dimasukkan ke dalam kulkas

Cara menyimpan daging di merek kulkas terbaik yang perlu kamu ketahui yaitu dengan tidak mencuci daging dengan menggunakan air sebelum kamu memasukkannya ke dalam kulkas. Karena air justru dapat memicu pertumbuhan bakteri dan jamur yang menjadi penyebab makanan busuk.

3. Bersihkan kulkas untuk menyimpan daging

Aspek kebersihan ini terkait dengan kulkas dan daging yang akan disimpan. Jangan lupa untuk membersihkan kulkas dari kotoran atau tumpahan makanan, hal ini berguna untuk mencegah timbulnya bau tidak sedap pada kulkas dan memicu risiko kontaminasi ke dalam daging yang akan disimpan. Cara menjaga kebersihan lainnya yaitu dengan cara memisahkan daging matang dan daging mentah saat akan disimpan di dalam kulkas.

BACA JUGA : 9 Tips Mudah Merawat Merek Kulkas Terbaik, Dijamin Ampuh Hilangkan Bau

4. Perhatikan kondisi daging sebelum dimasukkan ke dalam kulkas

 Pentingnya memperhatikan kondisi daging sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum menyimpan daging di dalam merek kulkas terbaik yaitu potong daging ketika masih segar sebelum disimpan, ikuti petunjuk penyimpanan yang ada pada bungkus kemasan jika kamu membeli daging kemasan, cek tanggal kedaluwarsa sebelum daging kemasan diolah, langsung buang apabila daging sudah basi atau busuk.

5. Atur suhu kulkas dengan benar

Perhatikan angka termometer pada kulkas atau bisa juga menggunakan termometer kaca. Sebelum menyimpan makanan di dalam kulkas, pastikan suhu kulkas di bawah 4 °C. Daging mentah mampu bertahan selama beberapa hari jika disimpan di dalam kulkas.

Namun, jika kamu tidak ada rencana memasak daging dalam waktu dekat, sebaiknya daging disimpan di dalam freezer sampai beku. Penyimpanan daging di dalam freezer dengan suhu -18 °C memang tidak dapat membunuh mikroba. Tapi suhu dingin akan menghambat pertumbuhan mikroba dan memperlambat kerja enzim yang bisa menurunkan kualitas daging.

Apabila kamu bingung menentukan suhu, kamu dapat menyimpan es krim vegan di freezer sebagai tolak ukur. Jika tekstur es krim melunak setelah disimpan di dalamnya semalaman, hal ini menandakan bahwa suhu freezer tersebut kurang dingin. Selama daging disimpan, jangan sering membuka-tutup pintu kulkas karena bisa membuat suhu kulkas meningkat.

6. Gunakan sistem first in dan first out (FIFO)

Di sistem first in dan first out (FIFO) kamu bisa menempatkan bahan makanan yang telah lebih dulu disimpan di bagian depan ataupun atas kulkas. Cara menyimpan daging di dalam kulkas ini bisa membantu kamu untuk mengetahui bahan makanan yang perlu diambil terlebih dahulu.

Penerapan sistem FIFO dapat menjadi lebih mudah jika kamu memberikan label pada bungkus daging. Cantumkan hari dan tanggal pembelian di tiap bungkus daging sehingga kamu tidak akan melewatkan batas akhir untuk penggunaannya.

7. Jangan bekukan daging lagi setelah dikeluarkan dari kulkas

Setelah mengeluarkan daging dari dalam merek kulkas terbaik, langsung saja diolah semuanya agar tidak terdapat sisa daging yang harus dibekukan lagi. Apabila kamu membekukan daging mentah yang telah dicairkan dapat mengurangi kualitas daging  dan menjadikan daging cepat busuk.

Sebelum memasukkan daging ke dalam kulkas, bagi-bagi porsinya terlebih dahulu sehingga saat akan memasaknya, kamu hanya perlu menggunakan daging beku seperlunya saja.

Itulah beberapa tips menyimpan daging di merek kulkas terbaik agar kualitasnya tetap terjaga. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: