Cara Memperbaiki Freezer Merek Kulkas Terbaik Yang Bocor, Ini Penyebabnya

Cara Memperbaiki Freezer Merek Kulkas Terbaik Yang Bocor, Ini Penyebabnya

Cara Memperbaiki Freezer Merek Kulkas Terbaik Yang Bocor-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Kehidupan keluarga bahagia dapat dimulai juga melalui dapur yang bersih dan sehat. Karena, dapur yang sehat dapat memberikan makanan tersimpan dalam merek kulkas terbaik dengan gizi yang cukup untuk semua anggota keluarga.

Oleh sebab itu, tentunya sangat penting adanya merek kulkas terbaik untuk kamu agar selalu bisa menjaga kesegaran bahan makanan di dalam rumah.

Dengan merek kulkas terbaik, semua bahan makanan dapat tersimpan dengan baik tanpa menghilangkan kandungan gizi yang ada di dalamnya.

Masalah pada merek kulkas terbaik menjadi hal yang tidak boleh disepelekan supaya tidak mengganggu ketersediaan bahan makanan kamu. Termasuk urusan penyebab dari freezer kulkas yang bocor.

Ciri-ciri terjadinya kebocoran pada freezer merek kulkas terbaik :

  1. Makanan dan Minuman Tidak Membeku Sempurna
  2. Terdapat Genangan Air pada Freezer
  3. Munculnya Bau Tidak Sedap
  4. Tagihan Listrik Meningkat secara Signifikan
  5. Dinamo Kulkas Berputar Terus-Menerus
  6. Kompresor Kulkas Rentan Panas dan Mati
  7. Freezer Tidak Dingin

Berikut beberapa penyebab freezer merek kulkas terbaik bocor dan tidak dingin :

1 . Kebocoran Pada Bagian Evaporator

Evaporator yang bocor sering terjadi disebabkan karena kebiasaan memecahkan es batu dengan cara memaksakan menggunakan benda yang tajam seperti pisau ataupun garpu. Sehingga bagian evaporator pada kulkas menjadi berlubang dan bocor.

Apabila evaporator bocor, maka freon akan mengalir ke luar, hal ini menyebabkan freezer tidak bisa mendinginkan secara sempurna. Kebocoran evaporator yang tidak ditangani dengan secepatnya bisa menyebabkan air masuk dari sela-sla yang bocor dan mengakibatkan kerusakan yang fatal.

2 . Masalah Pada Oli Kompresor dan Filter Kapiler

Kompresor berfungsi mensirkulasikan refrigerant yang ada di dalam sistem pendingin kulkas. Kemudian refrigerant akan masuk ke kondensor untuk didinginkan. Setelah melalui kondensor, refrigerant akan masuk ke dalam pipa kapiler yang sebelumnya akan disaring oleh filter. Selanjutnya, refrigerant yang sudah disaring akan masuk ke evaporator dan kembali ke kompresor.

Refrigerant akan terus bersirkulasi apabila tidak terjadi kebuntuan dalam pipa kapiler. Tetapi, sayangnya kebuntuan pipa kapiler sering terjadi dan menyebabkan kulkas tidak dingin. Kebuntuan pipa kapiler ini disebabkan oleh kotoran menggumpal di saluran kapiler. Selain itu, yang membuat freezer kulkas bocor karena oli kompresor tercampur dengan air sehingga menghambat kerja kulkas.

BACA JUGA : 7 Cara Ampuh Membersihkan Bunga Es Pada Merek Kulkas Terbaikmu

Berikut beberapa cara memeprbaiki freezer merek kulkas terbaik bocor  :

1 . Mengganti Evaporator

Dengan melakukan penggantian evaporator mampu untuk menangani masalah pada freezer kulkas dengan cepat. Pastinya dengan komponen yang baru, freezer kulkas akan kembali dingin seperti sebelumnya.

Kamu bisa mengganti komponen evaporator jika terjadi kerusakan yang membuatnya berlubang bahkan kebocoran sampai lebih dari 5 mm. Terlebih lagi untuk freezer yang sudah rusak selama 1 bulan dan mengalami kebocoran, yang bisa kamu lakukan hanya mengganti evaporator.

2 . Menambal Evaporator

Jika ukuran lubang evaporator tidak terlalu besar dan tidak menyebabkan kebocoran, maka cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menambalnya. Kamu dapat menggunakan lem hijau. Namun ini hanya menjadi langkah darurat saja.

Lebih baik kamu hhubungi teknisi yang ahli dibidangnya. Pengaplikasian lem hijau ini cukup mudah. Kamu hanya perlu menambal bagian yang bocor dengan lem hijau, lem ini secara khusus dipergunakan untuk menambal  evaporator yang berlubang.

BACA JUGA : 7 Tips Mudah Membersihkan Merek Kulkas Terbaik Agar Terhindar Dari Bau

3 . Mengganti Filter Kapiler dan Oli Kompresor

Salah satu penyebab freezer kulkas bocor yaitu karena oli kompresor bercampur dengan air sehingga bisa menghambat kerja freezer. Adanya kebocoran filter kapiler juga bisa membuat kulkas tidak dingin.

Maka, secara umumnya penggantian filter bisa dilakukan sambil melakukan pengisian ulang freon kulkas. Tetapi, masalah ini sebaiknya kamu selesaikan dengan cara meminta bantuan kepada teknisi ahli.

Itulah beberapa penyebab dan cara memperbaiki freezer merek kulkas terbaik yang bocor. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: