Lansia di Pemalang Diberi Penyuluhan Pencegahan Darah Tinggi dan Produktif

Lansia di Pemalang Diberi Penyuluhan Pencegahan Darah Tinggi dan Produktif

PENYULUHAN - Warga Desa Cibuyur sedang mengikuti penyuluhan khusus lansia.-MAFTUKHAH/RADAR PEMALANG-

WARUNGPRING, DISWAYJOGJA - Warga lanjut usia (Lansia) di Desa Cibuyur, Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang mengikuti penyuluhan tentang pencegahan darah tinggi dan lansia produktif. 

Menurut Odah, kader lansia Desa Cibuyur, penyuluhan untuk para lansia sudah sering dilakukan. Kali ini, penyuluhan difokuskan pada pencegahan darah tinggi serta lansia produktif. Dengan demikian, mereka bisa mengerti dan memahami tentang hal tersebut. Lansia memang rentan terhadap berbagai penyakit, seperti darah tinggi. 

BACA JUGA:Tips Mengatur Suhu Merek AC Terbaik Untuk Lansia, Agar Tetap Nyaman Setiap Hari

”Lansia dapat menjaga kesehatannya agar terhindar dari penyakit itu, salah satunya dengan olah raga teratur,” katanya, Kamis, 13 Juni 2024.

Selain itu, lajut dia, agar mengurangi konsumsi garam, mengurangi konsumsi kafein, alkohol, diet sehat, kurangi berat badan apabila disarankan, kelola stress dengan baik serta istirahat yang cukup. Harapannya, lansia bisa memahami di usianya yang sudah lanjut, memperhatikan kondisi kesehatan dengan baik. ”Apa yang dianjurkan agar dilakukan, supaya tetap sehat,” tambahnya. 

Titi, sebagai kader lansia menjelaskan, usia lansia produktivitas berkurang, tapi lansia masih bisa melakukan kegiatan produktif. Karena itu, untuk menjadi lansia yang produktif dan sehat, maka yang bisa dilakukan antara lain, rajin olah raga, konsumsi makanan sehat bergizi, periksa kesehatan secara rutin dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Jumlah Lansia di DIY Terus Bertambah, Pemda Bantu melalui 257 Waluyo

”Karena itu, lansia di sini antusias ketika ada kegiatan lansia, karena semangat mereka tinggi untuk sehat, produktif dan bahagia,” ungkapnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: