Wakil Gubernur DIY Dorong Kanwil DJP Kolaborasi Optimalkan Edukasi Perpajakan

Wakil Gubernur DIY Dorong Kanwil DJP Kolaborasi Optimalkan Edukasi Perpajakan

Sri Paduka saat menerima kunjungan Kepala Kanwil DJP DIY Erna Sulistyowati, di Gedhong Pareanom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Rabu, 12 Juni 2024.-DOK.-

 

 

DISWAYJOGJA – Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X mendukung Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) DIY berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam mengedukasi perpajakan kepada masyarakat. Edukasi tersebut diharapkan dapat meluruskan berbagai stigma miring yang ada terkait perpajakan.

 

Menurut Sri Paduka, warga DIY yang teredukasi dengan berbagai pelayanan itu merupakan hal penting sebagaimana pesan Sri Sultan.

BACA JUGA:Temui Gubernur DIY Sri Sultan, Kanwil DJP DIY Diminta Dorong Kemajuan UMKM

 

"Memang cita-cita kami di DIY dengan dawuhnya Sri Sultan bahwa bagaimana warga DIY teredukasi. Apapun. Nanti mungkin teman-teman di perpajakan ada salah satu kegiatan yang bisa gabung dengan pihak lain, kemudian mengedukasi apa sih sebetulnya fungsi pajak. Bagaimana kemudian pajak itu dikelola dan lainnya,” kata Sri Paduka saat menerima kunjungan Kepala Kanwil DJP DIY Erna Sulistyowati, di Gedhong Pareanom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta,Rabu, 12 JUni 2024.

 

Sri Paduka menuturkan, kerja sama dan kolaborasi dapat meringankan Kanwil DJP DIY dalam melaksanakan edukasi perpajakan. Sri Paduka menyambut baik ajakan Kanwil DJP DIY untuk bekerja sama dalam mengedukasi masyarakat perihal perpajakan.

 

”Kalau sendiri terlalu berat. Maka tadi saya sepakat, Ibu berkolaborasi dengan berbagai pihak. Mungkin ketika pembinaan pajak terhadap SiBakul atau UMKM, Ibu dapat berkomunikasi dengan Dinas Koperasi dan UKM DIY kami,” ujar Sri Paduka.

 

Ditemui usai kunjungan, Kepala Kanwil DJP DIY Erna Sulistyowati menyampaikan, pihaknya memang menginginkan adanya kerja sama yang lebih intens antara DJP DIY dengan Pemda DIY. Saat ini, pihaknya tengah merencanakan berkerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM DIY untuk melakukan sosialisasi kepada para UMKM.

BACA JUGA:Kakanwil DJP DIY Datangi Sri Paduka, Ajak Melaporkan SPT Tahunan lewat E-Filing

 

”Sekarang UMKM yang sedang kita sentuh. Jadi kita akan bekerja sama dengan Dinas Koperasi melalui SiBakul, bagaimana kita nanti bersama-sama melakukan edukasi sosialisasi kepada para UMKM,” jelas Erna.

 

Dikatakan Erna, pajak dalam definisinya adalah kontribusi wajib yang sifatnya memaksa dan tidak dapat memeroleh manfaatnya secara langsung. Karena itu, sangat manusiawi apabila masyarakat yang belum paham pajak merasa pajak sebagai beban.

 

"Tapi alhamdulillah tidak semua seperti itu dan memang itu tugas kami mengedukasi supaya mindset itu hilang,” ungkapnya. (*)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: