Temui Gubernur DIY Sri Sultan, Kanwil DJP DIY Diminta Dorong Kemajuan UMKM

Temui Gubernur DIY  Sri Sultan, Kanwil DJP DIY Diminta Dorong Kemajuan UMKM

Gubernur DIY Sri Sultan HB X menerima kunjungan Kepala Kanwil DJP DIY Erna Sulistyowati, Kamis, 14 Maret 2024 di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.-DOK.-

DISWAYJOGJA - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengajak Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) DIY ikut mendorong perkembangan kemajuan UMKM. Harapannya UMKM mendapatkan kemudahan pemasaran ke luar negeri atau ekspor.

Sri Sultan menyampaikan hal itu pada saat menerima kunjungan Kepala Kanwil DJP DIY Erna Sulistyowati, Kamis, 14 Maret 2024 di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Erna Sulistyowati bertemu Sri Sultan dalam rangka memperkenalkan diri atas jabatan barunya sebagai DJP DIY. Dimana Erna sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Barat I ini, hadir bersama Slamet Sutantyo, Plh  Kanwil DJP DIY.

BACA JUGA:Pj Gubernur Jateng Tinjau Banjir Pekalongan, Serahkan Bantuan Senilai Rp160 Juta

“Tadi kami diminta untuk mendorong UMKM yang ada di sini, untuk mempermudah dalam hal ekspor. Beliau tadi pesannya membantu UMKM dengan tujuan supaya masyarakat Jogja makin optimal, dalam peran serta UMKM,” ungkap Erna.

Selain dorongan untuk membantu UMKM, menurut Erna, Sri Sultan banyak memberikan wawasan terkait dengan kepemimpinan. Erna juga mengaku kagum atas kepatuhan pajak masyarakat DIY.

Sri Sultan, menurut Erna, menjadi contoh baik atas kepatuhan penyampaian SPT tahunan, jauh sebelum waktu jatuh tempo. Hal ini memberikan dampak baik pada kepatuhan masyarakat.

Erna beserta rombongan banyak membicarakan terkait kerja sama pada penerimaan negara khususnya pajak dan penerimaan pajak daerah. Lebih lanjut, sudah ada pembicaraan tentang langkah ke depan terkait kerja sama dalam mengoptimalkan dua sisi. Dua sisi itu adalah penerimaan negara maupun pajak, dalam rangka pertukaran data kerjasama dan sebagainya.

BACA JUGA:6 Daerah Terandam Banjir, Inilah Upaya Penanganan Pemprov Jateng

”Tadi saya mendapatkan banyak insight, banyak pengetahuan dari yang disampaikan oleh Ngarsa Dalem. Harapan saya yang paling utama adalah koordinasi dan kerjasama yang sudah sangat baik antara kami dengan DIY terus berlanjut. Tujuannya adalah optimalisasi penerimaan pajak, kepatuhan penyampaian SPT tahunan, dan dan tugas kami dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” papar Erna.

Sementara itu, Plh Kanwil DJP DIY Slamet Sutantyo yang pada kesempatan itu berpamitan kepada Sri Sultan mengatakan, selama bertugas di DIY semua lancar. Dia mendapatkan dukungan yang sangat baik dari pemerintah daerah.

Dia menyebut, target yang diamanahkan seluruhnya dapat tercapai, dan kerja sama dengan Pemda DIY sangat baik. Pemda DIY juga telah aktif berperan dalam memberikan bantuan laporan SPT kepada masyarakat. Dengan demikian, target pencapaian SPT tercapai, karena para tokoh melapor SPT dengan baik, sehingga masyarakat pun ikut melaporkan SPT-nya dengan baik.

BACA JUGA:Seru Asyik! Rekomendasi 6 Tempat Ngabuburit di Malang, Bisa Berwisata Sejarah dan Berburu Kuliner Khas Enak

”Tugas di sini sangat menyenangkan. Semuanya lancar, koordinasi dengan Pemda juga bagus. Tidak ada masalah. Semoga nanti Bu Erna juga bisa meningkatkan dengan lebih baik lagi. Apalagi tingkat kepatuhan masyarakat bagus dan meningkat,” ungkap Slamet. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: