Cara Menghitung Biaya Listrik Bulanan Merek AC Terbaik: Panduan Praktis untuk Mengetahuinya

Cara Menghitung Biaya Listrik Bulanan Merek AC Terbaik: Panduan Praktis untuk Mengetahuinya

Cara Menghitung Biaya Listrik AC per Bulan--

DISWAY JOGJA - AC atau Air Conditioner merupakan barang elektronik untuk mendinginkan ruangan anda. Namun kira-kira biaya listrik bulanan merek AC terbaik terkadang menjadi taruhannya.

Biaya listrik AC per bulan sangatlah berpengaruh tergantung pada jenis dan merek AC terbaik anda. Hal ini terkadang menjadi keberatan bagi semua orang yang ingin menggunakan AC.

Lantas apakah ada merek AC terbaik yang memiliki biaya listrik AC per bulan yang hemat? Pastinya ada, terlebih dengan kemajuan teknologi produsen AC mengembangkan teknologi hemat listrik.

Nah khusus untuk anda, mimin sajikan cara menghitung biaya listrik AC per bulan. Pastikan anda membacanya agar tau akan biaya listrik yang dikeluarkan karena adanya merek AC terbaik.

BACA JUGA : Simak Penyebab Merek AC Terbaik Kamu Tidak Mau Menyala, Cek Infonya

Mungkin banyak dari kalian yang penasaran, berapa sih biaya listrik yang dibutuhkan oleh AC setiap bulannya? Nah, mari kita coba bahas secara kasar, meski perhitungannya tidak bisa detail karena setiap orang memiliki pemakaian yang berbeda-beda. 

Menghitung Konsumsi Listrik AC

Pertama-tama, mari kita hitung biaya listrik AC per bulan yang anda miliki. Sebagai contoh, kita ambil AC dengan daya 0,5 PK. Rata-rata, AC dengan daya ini memiliki konsumsi sekitar 350 Watt per jam.

Anggap saja anda menggunakan AC selama 10 jam sehari. Jadi, konsumsi listrik AC per hari adalah 350 Watt x 10 jam = 3.500 Watt atau 3,5 KWh. 

Konversi ke KWh dan Perhitungan Bulanan

Untuk menghitung biaya listrik AC per bulan, anda perlu mengonversi konsumsi harian menjadi KWh. Caranya, kita bagi jumlah konsumsi harian dengan 1000.

BACA JUGA : Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Merek AC Terbaik Berisik, Kamu Wajib Tahu 

Jadi, 3.500 Watt dibagi 1000 = 3,5 KWh. Sekarang, mari kalikan konsumsi harian ini dengan jumlah hari dalam sebulan. 

Anggap saja kita memiliki 30 hari dalam sebulan. Jadi, besaran KWh seperti 3,5 KWh x 30 hari = 105 KWh per bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube/ selka id – ac specialist