Cara Menghitung Biaya Listrik Bulanan Merek AC Terbaik: Panduan Praktis untuk Mengetahuinya

Cara Menghitung Biaya Listrik Bulanan Merek AC Terbaik: Panduan Praktis untuk Mengetahuinya

Cara Menghitung Biaya Listrik AC per Bulan--

Perhitungan Biaya Listrik

Selanjutnya, mari kita hitung biaya listrik AC per bulannya. Untuk AC non-subsidi, biaya per KWh biasanya sekitar Rp1.500. 

Jadi, biaya listrik per bulan untuk penggunaan AC setengah PK adalah 105 KWh x Rp1.500 = Rp157.500. Berarti anda harus mengeluarkan biaya listrik perbulan sebesar Rp157.500.

BACA JUGA : Anak Demam dan Berbaring Menggunakan Merk AC Terbaik, Orang Tua Perlu Perhatikan Ini

Estimasi Biaya

Namun, perlu diingat bahwa ini adalah perkiraan kasar. Biaya listrik per bulan bisa bervariasi tergantung pada berbagai faktor. 

Mulai dari perubahan tarif, pemakaian tambahan peralatan listrik, dan lain sebagainya. Jadi, angka ini masih merupakan estimasi. 

Alternatif Lebih Mudah: Kalkulator Listrik

Jika perhitungan manual terasa rumit bagi kalian, jangan khawatir. Anda bisa menggunakan kalkulator listrik yang tersedia di online. 

Cukup anda masukkan daya merek AC terbaik kalian, berapa jam pemakaian per hari. Dan secara otomatis kalkulator akan memberikan perkiraan biaya listrik per bulan dengan lebih mudah.

BACA JUGA : Cara Kerja Merek AC Terbaik Dalam Mendinginkan Ruangan, Simak Ulasan Lengkapnya

Jadi, pastikan untuk membeli AC sesuai dengan kebutuhan kalian dan memperhitungkan estimasi biaya listriknya. Jangan sampai membeli AC yang terlalu besar atau terlalu kecil.

Hal ini dikarenakan bisa berdampak pada borosnya penggunaan listrik dan kenyamanan ruangan. Terlebih akan menjadikan tagihan listrik dalam penggunaan AC membengkak.

Pastikan anda juga membeli AC yang hemat akan listrik yang digunakan. Banyak pilihan teknologi hemat listrik yang ada pada beberapa merk AC terkenal. 

Itulah cara menghitung biaya listrik AC per bulan secara kasar. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan efisiensi energi dan pemakaian listrik yang bijak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube/ selka id – ac specialist