Simak Penyebab Merek AC Terbaik Kamu Tidak Mau Menyala, Cek Infonya

Simak Penyebab Merek AC Terbaik Kamu Tidak Mau Menyala, Cek Infonya

permasalahan AC yang tidak mau menyala--Google.com

Untuk mengatasi masalah ini, coba membersihkan sensor dari kelembapan yang mungkin menempel. Lepaskan sensor AC dengan mencabut kabelnya, lalu keringkan dengan menggunakan tisu atau hair dryer.

Setelah sensor kering, pasang kembali dan coba hidupkan AC menggunakan remote. Jika kelembapan adalah penyebab masalah, AC seharusnya kembali normal setelah dikeringkan.

7. Arus listrik putus

Jika terjadi pemadaman listrik, tidaklah mengherankan jika AC tidak mau menyala.

Jika Anda menggunakan stop kontak manual, coba lepaskan dan periksa apakah sekring atau fuse terputus. Jika iya, Anda perlu menggantinya dengan yang baru dan sesuai dengan ampere yang tertera pada bodi fuse.

Namun, jika fuse atau sekring tidak terputus, gunakan test pen atau multimeter untuk memeriksa apakah ada aliran listrik. Jika ada aliran listrik, kemungkinan masalahnya ada pada unit indoor AC. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya hubungi seorang teknisi AC.

BACA JUGA : Cara Kerja Merek AC Terbaik Dalam Mendinginkan Ruangan, Simak Ulasan Lengkapnya

8. Bagian IC ada yang putus

Salah satu alasan mengapa merek AC terbaik tidak menyala meskipun sudah dihidupkan adalah kerusakan pada Integrated Circuit (IC) yang bermasalah.

Untuk masalah semacam ini, direkomendasikan untuk menghubungi teknisi profesional dan menghindari melakukan perbaikan sendiri.

9. Penumpukan es

Jika terjadi penumpukan es di gulungan kondensor atau bagian lain dari unit AC Anda, mungkin AC tidak akan berfungsi dengan baik atau tidak dapat mendinginkan udara secara efisien.

Sebelum dapat berfungsi dengan benar, unit AC harus dilepas dan semua es yang menumpuk harus dihilangkan.

10. Kekurangan refrigeran

Jika AC Anda kekurangan refrigeran, maka kemungkinan besar AC tidak akan berfungsi atau tidak dapat beroperasi dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: