Jelang Idul Adha, Peternak Hewan Kurban di Brebes Mulai Kebanjiran Order

Jelang Idul Adha, Peternak Hewan Kurban di Brebes Mulai Kebanjiran Order

MENGECEK - Peternak hewan kurban di Kecamatan Brebes Asip Fauzan mengecek kondisi hewan kurban yang akan dijual. -EKO FIDIYANTO/ RADAR BREBES -

BREBES, DISWAYJOGJA - Jelang Idul Adha 1445 H, sejumlah peternak hewan kurban di Kabupaten Brebes kebanjiran order. Bahkan, puluhan hewan ternak sudah laku terjual hingga Rabu, 5 Jun 2024. Salah seorang peternak hewan kurban di Kecamatan Brebes Asip Fauzan mengatakan, total sudah ada 16 hewan kurban miliknya laku terjual.

Hari ini, sudah ada lima hewan kurban lainnya sudah dipesan oleh pembeli. Kalau total sama yang pesan hari ini sudah ada 21 hewan kurban yang sudah dipesan dan dibeli oleh pembeli,katanya, Rabu, 5 Juni 2024.

BACA JUGA:Jelang Idul Adha, Stok Hewan Kurban di Sleman dan Kota Yogyakarta Tercukupi

Asip yang juga Camat Brebes ini menuturkan, pembeli saat tahun lalu masih jauh lebih banyak dibanding tahun ini. Kalau tahun ini, kebanyakan para pembeli memilih untuk membeli sapi. Karena bisa iuran dengan warga yang akan berkurban juga,ucapnya.

Meski begitu, dia tidak memungkiri kalau di kandangnya ada puluhan hewan kurban yang sudah layak dijual untuk berkurban. Namun, dirinya menjual ke kualitas hewan kurban yang lebih besar dibanding hewan kurban yang dijual pada 2023 lalu.

"Kalau sekarang lebih banyak hewan kurban yang lebih besar dibandingkan tahun lalu yang saya jual. Dan kalau untuk harga ada di kisaran Rp4 juta hingga Rp6 juta per ekor," terangnya.

Hal senada juga diungkapkan peternak hewan kurban lainnya asal Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Ardi. Dirinya sudah menjual hewan kurban sebanyak 20 ekor. Jumlah tersebut terdiri dari hewan kurban sapi dan kambing. Sudah ada 20 hewan kurban baik sapi dan kambing yang sudah terjual,pungkasnya.

Sebelumnya, menjelang Hari Raya Idul Adha, Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar mengecek ketersediaan stok hewan yang ada di Kabupaten Brebes. Pj Bupati mengecek ketersediaan hewan kurban di peternakan domba Barokah Farm Desa Kalinusu dan Peternakan Sapi Lembu Utama Farm di Dukuh Kalibodas, Kecamatan Bumiayu.

BACA JUGA:Jelang Idul Adha, Hewan Kurban di Bantul Dipastikan Aman dan Sehat

Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar mengatakan, ketersediaan hewan kurban saat ini aman. Hal ini seperti ketersediaan domba dan sapi juga aman dalam menyambut Idul Adha. Kabupaten Brebes memiliki pontensi yang cukup tinggi di bidang peternakan. Hal ini karena ditunjang lahan yang masih dapat digunakan untuk pengembangan peternakan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: