Jelang Idul Adha, Hewan Kurban di Bantul Dipastikan Aman dan Sehat

Jelang Idul Adha, Hewan Kurban di Bantul Dipastikan Aman dan Sehat

stok hewan ternak sapi di Kabupaten Bantul dipastikan tersedia untuk memenuhi kebutuhan kurban.-DOK.-

BANTUL, DISWAYJOGJA – Jelang Hari Raya Idul Adha 2024, stok hewan ternak sapi di Kabupaten Bantul dipastikan tersedia untuk memenuhi kebutuhan kurban. Tak hanya itu, semua sapi yang diperjualbelikan itu dipastikan dalam keadaan aman dan sehat.

Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam (APSDA) Setda DIY Yuna Pancawati mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan pemantauan ke dua peternak sapi di daerah Pundong, Bantul Bersama TPID DIY dan Staf Ahli Bupati Bantul Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yus Warseno beserta jajarannya.

BACA JUGA:Jelang Idul Adha 1445 H, Stok Hewan Kurban di Gunung Kidul Dipastikan Mencukupi

“Di Bantul kami memantau dua tempat, di tempatnya Pak Widarto dan di empatnya Pak Ngatijo. Alhamdulillah sapi yang ada di dua peternak ini dalam keadaan sehat,” ujar Yuna, Selasa, 28 Mei 2024.

Yuna menyebutkan, ternak sapi milik Widarto tersedia sebanyak 30-40 ekor. Sementara ternak sapi milik Ngatijo tersedia sejumlah 25 ekor. Tentunya, menjelang hari Idul Adha nanti masih ada beberapa konsumen yang ingin membeli.

”Di Pak Ngatijo dan Pak Widarto ini sudah ada stok-stoknya, sehingga siapapun konsumen yang ingin membeli untuk kebutuhan Idul adha dapat menghubungi keduanya. Masih ada beberapa yang belum laku,” tutur Yuna.

Sementara terkait harga, Yuna menyampaikan, ternak sapi dari dua peternak tersebut dibandrol dengan harga antara Rp 23 juta sampai Rp 5 juta. Harga ini relatif stabil terkendali.

Yuna mengatakan, pembeli yang memesan ternak sapi ke kedua peternak itu tidak hanya berasal dari lokal Bantul, tapi ada yang berasal dari Kota Yogyakarta dan dari luar kota, seperti Kota Bekasi.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Bantul Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yus Warseno menambahkan, setiap hari permintaan hewan ternak kambing di Kabupaten Bantul terbilang tinggi. Stok hewan ternak kambing di Bantul belum dapat memenuhi permintaan yang dapat mencapai rata-rata hingga 700 ekor kambing per hari. Sebab, Bantul menjadi salah satu sentra sate kambing.

Karena itu, Bantul tetap harus memasok hewan ternak kambing dari luar, termasuk dalam memenuhi kebutuhan kurban masyarakat di Idul adha nanti.

BACA JUGA:Wow! Ternyata Sebanyak Ini Hewan yang Dikurbankan di Gunungkidul

“Bantul mengembangbiakkan ternak kambing, cuma tidak cukup. Peternaknya terbatas, tidak terpenuhi kalau setiap hari permintaannya 700 ekor. Rata-rata segitu per hari. Untuk memenuhi permintaan stok kambing, kami mengizinkan ternak kambing dari luar untuk masuk. Dengan tetap memantau kesehatan hewan ternaknya,” kata Yus Warseno. Yus Warseno menambahkan, harga ternak kambing per ekor terpantau mulai dari Rp 2,5 juta. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: