Jelang Idul Adha, Stok Hewan Kurban di Sleman dan Kota Yogyakarta Tercukupi

Jelang Idul Adha, Stok Hewan Kurban di Sleman dan Kota Yogyakarta Tercukupi

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa saat melakukan pemantauan ke Kelompok Ternak Sapi Sido Manunggal di daerah Jetis Prenggan, Godean, Selasa, 4 Juni 2024.-DOK.-

 

DISWAYJOGJA – Jelang Hari Raya Idul Adha 2024, stok hewan ternak sapi di Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta tersedia untuk memenuhi kebutuhan kurban. Harga jual pun relatif stabil terkendali. Selain itu, hewan ternak kebutuhan kurban telah dipastikan dalam keadaan sehat.

 

Kepastian tersebut, usai Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa melakukan pemantauan ke Kelompok Ternak Sapi Sido Manunggal di daerah Jetis Prenggan, Godean, Selasa, 4 Juni 2024. Didampingi Tim TPID DIY, Danang juga melakukan pemantauan terhadap hewan ternak sapi di Pasar Hewan Ambar Ketawang.

BACA JUGA:Jelang Idul Adha, Hewan Kurban di Bantul Dipastikan Aman dan Sehat

 

”Kami memantau dari hasil para peternak, sampai saat ini penjualan belum signifikan. Pada saat ini, persediaan stok dan segi harga lainnya aman, khususnya untuk Idul Adha di Kabupaten Sleman,” ujar Danang.

 

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam (APSDA) Setda DIY Yuna Pancawati mengatakan, untuk ketersediaan stok hewan kurban cukup. Selain itu, kesehatan hewan sudah terjamin. Sebab, telah dilakukan vaksinasi serta pemantauan dari Pusat Kesehatan Hewan  (Puskeswan) secara rutin di setiap daerah.

 

Secara umum, di Daerah Istimewa Yogyakarta secara global untuk stok mencukupi dan harga juga tidak ada perubahan yang signifikan. ”Ketersediaan di daerah Sleman tercukupi dengan adanya 27.800 hewan kurban. Selain itu, untuk kisaran harga hewan kurban sapi di Sleman mencapai Rp22-26 juta dan di Kota Yogyakarta kisaran Rp 22-29 juta,” ungkapnya.

 

Sementara itu, TPID DIY sudah mengamankan dan melakukan beberapa upaya untuk persiapan Idul Adha 2024. Misalnya melakukan pelatihan-pelatihan dalam persiapan Idul Adha dan pemantauan harga kebutuhan pokok yang terkendali dengan baik.

BACA JUGA:Jelang Idul Adha 1445 H, Stok Hewan Kurban di Gunung Kidul Dipastikan Mencukupi

 

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya menyampaikan pentingnya kolaborasi dan koordinasi antar instansi terkait pengendalian inflasi. Dia berharap agar instansi terkait selalu bersinergi dalam melakukan tugas. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: