11 Cara Menggunakan Merek AC Terbaik Yang Benar Agar Awet Hemat Listrik

11 Cara Menggunakan Merek AC Terbaik Yang Benar Agar Awet Hemat Listrik

Cara Menggunakan Merek AC Terbaik Yang Benar Agar Awet dan Hemat Listrik-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek AC terbaik merupakan alat penyejuk udara yang berfungsi untuk menstabilkan suhu ruangan dan  kelembapan suatu area.

Namun merek AC terbaik banyak menyedot daya listrik dan jika kamu salah menggunakannya, AC akan mudah rusak dan tidak bisa bertahan lama.

Berikut 11 cara menggunakan merek AC terbaik yang benar agar awet dan hemat listrik :

1.Tutup Ruangan Saat Menyalakan AC

Pastikan kondisi ruangan tertutup agar sirkulasi udara dari AC tidak terbuang ke ruangan lain sehingga suhu udara akan tercapai serta kerja AC akan lebih efisien dan efektif. Jangan membuka tutup ruangan saat merek AC terbaik menyala.

Apabila ruangan dibuka tutup terus maka suhu di dalam ruangan tidak akan stabil sebab hawa panas dari luar akan masuk dalam ruangan. Apabila hal ini terjadi akan membuat AC bekerja terus menerus untuk menstabilkan suhu di dalam ruangan.

2. Suhu AC diatur di bawah 24 Derajat Celcius

Cara ini bisa menghemat penggunaan listrik di rumah. Karena boros atau tidaknya tagihan listrik tergantung pemakaiannya. Kamu bisa atur suhu AC tidak kurang dari 24 derajat Celsius.

3. Pilih AC Jenis Inverter

Kamu dapat memilih AC berteknologi inverter. AC jenis ini memiliki kompressor yang memiliki fungsi lebih baik. AC jenis ini secara fleksibel bisa menurunkan atau menambahkan beban kompresor. Ini secara otomatis dilakukan mengikuti kondisi di dalam dan di luar ruangan.

AC jenis ini akan bekerja minimal saat malam hari dan di siang hari kerja kompresor pada kondisi normal. Daya listrik yang dibutuhkan AC ini turun hingga 30% tergantung penggunaannya.

BACA JUGA : 10 Penyebab Merek AC Terbaik Tidak Dingin Hanya Keluar Angin, Begini Solusinya

4. Saat Udara Lembab, Gunakan Mode Dry Pada Remote AC

Mode dry dapat membantu menstabilkan kelembapan udara di ruangan dan menjaga suhu udara di dalam ruangan agar tetap sejuk.  Saat udara telah stabil, mode dry otomatis akan berubah ke mode meniup angin dingin yang tidak memerlukan banyak listrik.

5. AC Tidak Perlu Dimatikan Jika Ingin Keluar Ruangan

Beberapa orang berpikir mematikan AC saat keluar ruangan beberapa saat dapat lebih mengikis tagihan listrik. Padahal dengan cara ini listrik AC malah akan jadi lebih boros. Hal ini karena butuh daya listrik yang tinggi untuk membuat kompresor pertama kali menyala dibandingkan membuat AC menyala dengan konsisten.

Dibutuhkan 20-30% daya listrikuntuk menyalakan kompressor bisa lebih besar, baru kemudian perlahan terus turun ke batasyang normal. Jadi sebaiknya kamu biarkan AC menyala jika hanya ditinggal sebentar.

6. Service AC

Pada bagian Indoor dan Outdoor merek AC terbaik perlu dicuci dengan rutin, sebab jika tidak dilakukan, debu dan kotoran akan menempel di suku cadang AC dan membuat kinerja AC jadi lebih berat. Kompressor akan lebih panas dan membutuhkan daya yang lebih tinggi untuk mendinginkan ruangan. Untuk kondisi AC yang 24 jam nyala, biasanya dilakukan servis rutin 1 bulan sekali. Namun jika AC untuk kebutuhan rumahan biasanya 3 Bulan sekali.

7. Jangan Sering Menggunakan Mode Powerful

Mode Powerful akan membuat kompresor dan fan AC bekerja dengan lebih keras dan membuat tagihan listrik di rumah kamu jadi membengkak. Oleh karena itu, jangan sering menggunakan mode ini, jangan lupa gunakan timer agar mode powerful dapat mati secara otomatis saat sudah tidak dibutuhkan lagi.

BACA JUGA : 12 Tips Ampuh Memaksimalkan Kinerja Merek AC Terbaik Agar Lebih Efisien

8. Bersihkan Ruangan dengan Rutin

Untuk meminimalisir debu dan kotoran pada AC, kamu perlu membersihkan ruangan dengan rutin. Ruangan yang berdebu akan memengaruhi kebersihan filter AC. Hal ini yang menjadi penyebab filter AC lebih cepat kotor dan berakibat pada kinerja kompresornya.

9. Pilih AC Dilengkapi Sensor Manusia atau Sensor Gerak

AC dengan teknologi sensor mampu mendeteksi manusia atau gerakan tubuh dan dapat mengurangi penggunaan tagihan listrik. Saat tidak terdeteksi pergerakan dan tidak ada banyak orang di dalam ruangan, maka AC secara otomatis akan mengurangi kerja kompressornya dan membuat tagihan lebih irit. Namun ketika AC mendeteksi ada banyak gerakan dan manusia, AC otomatis akan bekerja sedikit lebih keras supaya udara tetap dingin.

10. Pasang Timer

Memasang timer setiap menggunakan AC dapat membuat listrik jadi lebih hemat.

11. Pastikan PK AC Sesuai

Daya ini merujuk pada daya yang dibutuhkan AC dalam mendinginkan ruangan. Semakin tinggi PK-nya maka semakin besar daya yang dibutuhkan. Apabila PK terlalu kecil, kompressor akan bekerja terlalu berat, sehingga listrik jadi boros. Jika PK terlalu besar, kompressornya juga akan terlalu besar, penggunaan yang sebaik apapun pasti lebih hemat kompressor 1/2 PK dibandingkan 1 PK.

Itulah cara menggunakan merek AC terbaik yang benar agar awet dan hemat listrik. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: