12 Tips Ampuh Memaksimalkan Kinerja Merek AC Terbaik Agar Lebih Efisien

12 Tips Ampuh Memaksimalkan Kinerja Merek AC Terbaik Agar Lebih Efisien

Tips Ampuh Memaksimalkan Kinerja Merek AC Terbaik Agar Lebih Efisien-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan efisiensi merek AC terbaik kamu yang berpotensi bisa mengurangi kebutuhan perbaikan AC. Pemanasan dan pendinginan juga turut menyumbang sebagian besar untuk biaya utilitas rumah.

Oleh sebab itu, meningkatkan efisiensi merek AC terbaik bisa menghemat uang kamu. Dan untuk memaksimalkan kinerja merek AC terbaik agar lebih efisien umumnya tidak terlalu sulit.

Berikut 12 tips ampuh memaksimalkan kinerja merek AC terbaik agar lebih efisien :

1. Jagalah Ventilasi Agar Tetap Bersih dan Tidak Terblokir

Aliran udara yang terbatas dapat mengurangi efisiensi merek AC terbaik dan membuat suasana di rumah kamu tidak nyaman. Supaya udara tetap mengalir dengan baik, bersihkan debu atau penyedot debu dengan teratur, dan jangan sampai tirai, furnitur, ataupun mainan menghalanginya.

2. Ganti Filter Udara

Udara tidak akan mengalir dengan baik melewati filter yang kotor atau tersumbat, sehingga dapat membebani AC. Efisiensi merek AC terbaik ditingkatkan saat unit tidak perlu bekerja terlalu keras, jadi pastikan untuk mengganti filter udara tiap 3 bulan.

Ketika lebih sedikit kotoran dan debu yang bersirkulasi di dalam rumah, maka akan meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.

3. Bersihkan Unit Luar Ruangan atau Naungi

Kotoran di sekitar kondensor AC bisa mengurangi efisiensi pada AC. Pastikan kotoran, dedaunan, dahan, atau benda lain agar tidak menghalangi unit. Bila perlu, matikan daya AC dan buka panelnya untuk membersihkan sirip. Naungi unit kondensor saat musim panas agar AC tidak harus bekerja terlalu keras.

BACA JUGA : 6 Tips Merawat Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu, Dijamin Anti Boros Listrik

4. Bersihkan Saluran Pembuangan

Saluran pembuangan koil AC di dalam ruangan bisa tersumbat dan berpotensi menyebabkan penyumbatan dan kerusakan air. Kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan pemutih klorin. Caranya, tuangkan 1 cangkir ke saluran pembuangan AC, lalu siram 1 galon air ke saluran pembuangan. Hal ini sangat berguna pada saat musim panas ketika AC bekerja paling keras.

5. Tutup Pintu dan Jendela rumah

Membiarkan pintu dan jendela terbuka membuat udara AC bisa keluar dan membuang-buang energi. Kamu harus menutupnya dengan rapat ketika AC menyala agar bisa lebih menghemat energi.

6. Jangan Gunakan Oven atau Pengering Rambut saat cuaca Panas

Peralatan ini bisa menghasilkan udara hangat yang bersirkulasi ke seluruh rumah. Hal ini membuat AC akan bekerja dengan lebih keras untuk mengimbanginya. Jadi, hindari menggunakan peralatan yang menghasilkan panas saat cuaca di luar sedang panas.

7. Jangan Letakkan Termostat Dekat dengan Peralatan yang menghasilkan Panas

Lokasi termostat bisa berdampak besar pada efisiensi merek AC terbaik kamu. Jika berada di dekat alat penghasil panas, lampu, atau terkena sinar matahari secara langsung, suhu bisa salah terbaca.

Dan AC akan bertindak seakan-akan diperlukan pendingin tambahan. Hal ini membuat meningkatnya biaya karena kurangnya efisiensi AC dan potensi perbaikan yang disebabkan karena meningkatnya keausan.

8. Pasang Penutup Jendela

Hal ini bisa menghalangi panas masuk ke dalam rumah kamu. Tutup tirai dan kerai jendela yang terpapar sinar matahari langsung, hal ini dilakukan untuk mencegah pemanasan yang membuat sistem HVAC bekerja lebih keras.

9. Perbaiki Kebocoran Udara

Udara sejuk bisa keluar dengan mudah dari ruang di sekitar jendela, di bawah pintu, dan di loteng yang menyebabkan kebocoran udara dan bisa merugikan kamu. Karena AC akan bekerja dengan lebih lama untuk mengimbanginya, tetapi pengujian kebocoran, mendempul kusen pintu dan jendela, serta menyegel saluran bisa membantu sistem bekerja dengan lebih baik.

BACA JUGA : 10 Penyebab Merek AC Terbaik Tidak Dingin Hanya Keluar Angin, Begini Solusinya

10. Tingkatkan Suhu Termostat

Kamu bisa meningkatkan efisiensi AC dengan cara menurunkan termostat sekitar 5° sampaipada musim dingin. Sesuaikan ke atas pada musim panas untuk mengetahui manfaat yang serupa (menggunakan kipas angin pada langit-langit bisa membuat ruangan kamu terasa lebih sejuk meski pengaturan suhu dinaikkan).

Mengupgrade ke termostat yang bisa diprogram bisa membantu karena termostat akan secara otomatis mengatur suhu di waktu-waktu tertentu dalam sehari dan dikontrol melalui ponsel cerdas.

11. Memiliki saluran kerja profesional dan terisolasi

Jika kamu memiliki saluran yang terbuka di loteng atau ruang merangkak, kamu perlu meminta bantuan seorang profesional mengisolasinya. Pendinginan dalam jumlah yang besar dan udara ber-AC bisa keluar melalui saluran.

Saluran isolasi memungkinkan teknisi untuk membersihkannya dan menemukan area yang mengalami kebocoran untuk diperbaiki, sehingga bisa meningkatkan efisiensi AC.

12. Lakukan Pemeliharaan Preventif

Sistem HVAC perlu dirawat setidaknya 1 tahun sekali. Hal ini terdiri dari banyaknya bagian yang bergerak dan komponen mekanik serta listrik yang cenderung gampang aus. Dengan melakukan perawatan rutin memungkinkan profesional AC menyetel unit, meningkatkan kinerja sistem, dan menemukan masalah kecil yang perlu diperbaiki sebelum komponen yang lebih besar menjadi rusak.

Pemeliharaan AC tidak hanya bisa meningkatkan efisiensi, namun juga dapat berkontribusi pada masa pengoperasian lebih lama.

Itulah beberapa tips ampuh memaksimalkan kinerja merek AC terbaik agar lebih efisien. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: