Tips Meningkatkan Kinerja Kulkas di Rumah, Dijamin Lebih Efisien dan Hemat Energi

Tips Meningkatkan Kinerja Kulkas di Rumah, Dijamin Lebih Efisien dan Hemat Energi

Tips Meningkatkan Kulkas--

Kalau kamu berencana untuk menaruh terlalu banyak muatan di lemari es, lakukan saat kondensor di sekitarnya paling dingin. Di daerah tropis, suhu sekitar dapat berdampak besar pada drainase listrik.

Suhu di malam hari turun secara signifikan dibandingkan siang hari, jadi waktu terbaik untuk menambah beban lemari adalah pada saat malam hari. Cek Kondisi Freezer

Hal penting lainnya yang dapat meningkatkan kinerja kulkas adalah ada atau tidak adanya penumpukan bunga es pada freezer lemari es tersebut. Saat lemari pendingin berfungsi, biasanya es pada freezer cenderung menumpuk yang dapat menimnulka malsalah bagi sirkulasi udara.

BACA JUGA : Merek Kulkas Terbaik Panasonic, Dilengkapi Teknologi Prime Fresh dan ECONAVI Inverter Canggih

Oleh karena itu, pencairan bunga es pada sebuah freezer kulkas sangat penting sehingga kulkas tersebut dapat berfungsi secara efisien. Selalu cek kondisi freezer dan jika bunga es mulai banyak segera lakukan pencairan.

Kalau kamu nggak mau repot dengan mencairkan bunga es yang menumpuk pada freezer, cobalah beralih ke lemari pendingin yang sudah dilengkapi dengan fitur No Frost System

Saat ini, di pasaran sudah banyak model dan tipe kulkas yang dilengkapi dengan fitur pencairan otomatis. Dengan demikian, kamu bisa menghemat waktu dan dapat melakuka kegiatan yang lain.

Mengawasi Gasket

Gasket yang ada pada pintu lemari es dan freezer sangat penting untuk menjaga udara sejuk di dalam dan udara panas di luar. Jika ada kebocoran pada gasket, maka akan mempengaruhi efisiensi dari lemari pendingin itu.

BACA JUGA : Pakai Merek Kulkas Terbaik Mini Beauty Fridge, Bikin Produk Skincare Kamu Awet dan Berkualitas

Selalu pastikan untuk memeriksa gasket secara rutin sehingga udara dingin tetap berada di dalam lemari pendingin tersebut. Membersihkan gasket juga sangat diperlukan untuk memastikan efisiensi kinerja kulkas.

Tidak hanya itu saja, kamu juga harus cek secara bahwa gasket yang ada tidak ada bagian yang retak. Namun, kalau hal tersebut terjadi maka sebaiknya segera ganti gasket dan ganti dengan yang baru.

Kunci untuk meningkatkan kinerja lemari es adalah perawatan yang dilakukan untuk lemari pendingin itu sendiri. Dengan memperhatikan perawatannya, kamu  dapat meningkatkan umur peralatan dan juga menurunkan tagihan listrik. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: