KPU Kota Tegal Luncurkan Maskot Pilkada 2024, Jalak Suren Jadi Ikon

KPU Kota Tegal Luncurkan Maskot Pilkada 2024, Jalak Suren Jadi Ikon

PELUNCURAN – KPU Kota Tegal resmi meluncurkan Maskot Pilkada Kota Tegal 2024 Jalak Suren.-K. ANAM SYAHMADANI/RADAR TEGAL -

K. ANAM SYAHMADANI/RADAR TEGAL

PELUNCURAN – KPU Kota Tegal resmi meluncurkan Maskot Pilkada Kota Tegal 2024 Jalak Suren.

TEGAL, DISWAYJOGJA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal memperkenalkan Jalak Suren sebagai Maskot Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tegal 2024 dalam acara Musik Demokrasi Kebangsaan yang digelar di Kawasan Taman Pancasila, Sabtu malam, 11 Mei. Mengapa KPU Kota Tegal memilih burung yang memiliki suara khas tersebut sebagai maskot?

Dengan mengambil latar Tugu Pancasila, Maskot Pilkada Kota Tegal 2024 Jalak Suren resmi diluncurkan di atas panggung Musik Demokrasi Kebangsaan yang menghadirkan grup musik Drive dan Woro Widowati. Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri dan Ketua DPRD Kusnendro merupakan pejabat pertama dan kedua yang menerima Maskot Jalak Suren dalam bentuk boneka.

BACA JUGA:KPU RI Luncurkan Tahapan Pilkada Serentak 2024 di Kompleks Candi Prambanan

Bersama pejabat penting lainnya, dari atas panggung besar itu Dadang dan Kusnendro menunjukkan Maskot Jalak Suren kepada publik yang sebelumnya telah dihanyutkan tembang-tembang yang dilantunkan Woro Widowati. Musik Demokrasi Kebangsaan yang diadakan pada akhir pekan cukup berhasil menyedot antusiasme masyarakat.

Bukan tanpa alasan KPU Kota Tegal menetapkan Jalak Suren sebagai Maskot Pilkada Kota Tegal 2024. Jalak Suren merupakan akronim dari Jangan Lupa Pilkada Serentak, Suara Rakyat Endah Noblos. Artinya, Jalak Suren bermakna menjadi ikon pengingat masyarakat agar menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Kota Tegal 2024.

“Ini adalah bagian hak konstitusi setiap warga negara agar hak pilihnya digunakan dengan benar sesuai amanat konstitusi,” tegas Ketua KPU Kota Tegal Karyudi Prayitno.

Jalak Suren sendiri merupakan burung yang sangat familiar di telinga masyarakat Kota Tegal. Burung ini mempunyai suara khas dan lugas, sesuai karakterisik masyarakat Kota Tegal. Burung ini juga menggambarkan semangat yang luar biasa dalam menatap hari-hari esok. KPU Kota Tegal berharap masyarakat termovitasi dengan sifat sang jalak.

“KPU Kota Tegal berharap dengan maskot ini masyarakat Kota Tegal termotivasi  sifat Jalak Suren yang bersemangat tinggi dalam mengikuti Pilkada Serentak 2024 ini, untuk memilih Kepala Daerah dalam rangka menghasilkan pemimpin yang amanah. Sehingga, Kota Tegal yang tercinta ini semakin baik lagi kedepannya,” ucap Karyudi.

BACA JUGA:KPU Kabupaten Tegal Tetapkan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD, PKB Tertinggi dan PAN Terendah

Karyudi melanjutkan, Jalak Suren merupakan burung penjaga rumah yang sangat andal bagi pemiliknya. “Maka di sini Jalak Suren sebagai simbolisasi penjaga demokrasi yang bisa membawa marwah demokrasi yang merupakan pilar utama di dalam Pilkada Serentak yang akan dipilih secara langsung oleh rakyat,” papar Karyudi. 

Maskot Pilkada Kota Tegal 2024 didesain sepasang burung Jalak Suren yang bergandengan dan masing-masing membawa paku serta surat suara. Desain ini menggambarkan keterwakilan suara laki-laki dan perempuan. Di mana pemilih laki-laki dengan riang gembiranya mengajak pemilih perempuan untuk mendatangi tempat pemungutan suara.

Karyudi menambahkan, sementara tagline Pilkada Kota Tegal 2024 adalah Pilkada Nyenengna Gawe Bungah. Gawe Bungah sendiri diambil dari tema HUT ke-444 Kota Tegal. Tagline ini menyiratkan pesan dalam Pilkada ini masyarakat agar mengikutinya dengan hati penuh riang gembira.

“Walaupun pilihannya berbeda, tetapi seduluran tetap terjaga,” sebut Karyudi.

Dalam acara ini, KPU Kota Tegal juga merilis Jingle Pilkada Kota Tegal 2024 Memilih Bersama yang dibawakan langsung oleh Drive. Jingle ini direkam di Republik Cinta Management yang digawangi Ahmad Dhani. Selain membawakan Memilh Bersama, Drive mengggebrak panggung dengan lagu-lagu andalannya seperti Bersama Bintang dan Melepasmu.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Moh Mahrus menginformasikan, hari pencoblosan Pilkada 2024 akan dilaksanakan 27 November 2024. Ada tiga elemen penting dalam Pemilihan Umum, yaitu penyelenggara, pemilih, dan peserta.

“Kami berharap Pilkada Kota Tegal 2024 berjalan kondusif, aman, lancar, tanpa ekses,” ucap Mahrus.

Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri berpesan kepada masyarakat Kota Tegal agar bisa menjaga persatuan dan kesatuan. Masyarakat agar sadar posisi akan hak dan kewajiban dalam Pilkada. Harus tahu aturan, jangan sampai menyalahi peraturan dan kode etik.

Saya berharap ini memberikan semangat dan motivasi masyarakat dalam menggunakan haknya,” ujar Dadang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: