Simak 11 Tips Memilih Merk AC Paling Bagus, Bisa Jadi Panduan Kamu Agar Tidak Salah Beli

Simak 11 Tips Memilih Merk AC Paling Bagus, Bisa Jadi Panduan Kamu Agar Tidak Salah Beli

Tips Memilih Merk AC Paling Bagus--

DISWAY JOGJA - Memilih merk AC paling bagus bukan perkara yang mudah untuk orang awam, karena AC memiliki spesifikasi yang cukup rumit. Penggunaan AC memang membuat sebuah ruangan menjadi lebih nyaman, namun kalau salah pilih maka fungsi pendinginan tidak akan maksimal.

Banyak pilihan teknologi atau fitur canggih yang ada pada setiap merk AC paling bagus. Selain itu, setiap produk AC juga mempunyai penawaran tersendiri seperti harga yang terjangkau, produk berkualitas dan yang lainnya.

Nah, buat kamu yang masih bingung untuk menentukan merk AC paling bagus untuk dirumah, ikuti beberapa tips dibawah ini.

BACA JUGA : Punya Fitur dan Teknologi Keren, Simak Merk AC Terbaik Dari Sharp Harga Mulai Rp 2 Jutaan

1. Pilih Produsen Spesialis AC Berskala Global

Produsen AC berskala besar pasti memiliki Quality Control (QC) dan Commissioning (COMM) yang sangat ketat. Selain itu, proses produksi merk AC paling bagus dilengkapi dengan peralatan canggih yang dijalankan secara otomatis demi memastikan kualitas produk.

Belakangan ini, China disebut sebagai pabrik dunia karena lebih dari 80 persen AC berkualitas yang ada di dunia diproduksi China. Untuk mnegetahui lokasi pembuatan AC bisa dilihat dari label kemasan atau melalui internet.

2. Pilih Merk yang Kredibel

Kredibilitas sebuah merk AC paling bagus dapat dilihat dari tingkat penjualan, profitabilitas, aset dan paten teknologi yang dimiliki. Brand yang memiliki kredibilitas pastinya akan menjaga kualitas produknya dengan baik. Dengan demikian, para konsumennya akan mendapatkan jaminan kualitas produk.

BACA JUGA : Rekomendasi 5 Merk AC Terbaik Dengan Fitur Canggih Luar Biasa Modern

3. Cek Kesesuaian Label dan Spesifikasi

Sebelum membeli AC, pastikan dengan cermat spesifikasi yang ditawarkan pada sebuah brand AC berkualitas. Kadang, ada beberapa brand yang nakal dengan melebihkan-lebihkan spefikasi untuk kegiatan promosinya.

Kalau kamu ingin memastikan efek pendingin ruangan bisa mencocokan suhu remote control dan suhu udara actual yang keluar dari unit indoor. Normalnya, perbedaan antar suhu remote dan suhu udara yang keluar dari unit indoor adalah 8˚C.

Tidak hanya itu, sebelum membeli produk AC terlaris konsumen juga harus mengecek konsumsi daya. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan alat uji konsumsi daya dari teknisi AC. Jika daya yang diuji lebih tinggi dari parameter yang tertera pada spesifikasi, menandakan bahwa produk AC tersebut memiliki parameter yang tidak sesuai.

4. Pilih AC yang Dilengkapi Peredam Suara

Pabrikan AC tercanggih yang dilengkapi dengan set peredam suara tidak hanya mengurangi kebisingan, tetapi juga efektif mengurangi getaran saat AC digunakan.

Dengan adanya set peredam suara maka bisa menjaga daya tahan produk, karena getara pada peralatan listrik bisa membuat komponen pada unit AC kendor sehingga mengakibatkan kerusakan.

5. Pilih AC yang Dilengkapi Goldfin dan Bluefin

Goldfin dan bluefin merupakan bahan yang bersifat hidrofilik yang berperan menyebarkan air yang dihasilkan oleh evaporator untuk mengalir ke sistem drainase di sepanjang aluminium foil hidrofilik.

Jika pada sebuah produk AC unggulan tidak ada komponen dari bahan hidrofilik, maka tetesan air yang tersisa akan mempengaruhi pembuangan panas AC dan mempengaruhi efek pendinginan.

BACA JUGA : Hemat Daya Irit Biaya, Berikut Daftar Merk AC Terbaik Untuk Anak Kost Dengan Kualitas Terbaik

6. Cek Masa Garansi AC

Kompresor merupakan jatung dari sebuah AC yang biaya perawatannya mencapai 60% dari harga AC. Oleh karena itu konsumen sebaiknya memilih merk AC paling bagus yang dilengkapi dengan garansi kompresor dalam jangka waktu panjang.

7. Pastikan Motor Kipas Lolos Uji Standar Internasional

Selain kompresor, bagian penting lainnya dari sebuah merk AC paling bagus adalah motor kipas. Ketika motor kipas mati, maka kipas outdoor juga akan berhenti bekerja. Oleh karena itu, pilih AC dengan motor kipas outdoor yang sudah lulus uji QC PASS, CCC, dan RoHS.

Ketiga uji diatas adalah standar wajib yang dibuat untuk memperkuat kualitas produk serta menjaga prose produksi dengan bahan yang aman bagi lingkungan.

8. Pilih AC yang Dilengkapi Cover Mesin

Bagian yang menghubungkan outdoor AC dengan pipa tembaga terbuat dari struktur logam, dan mudah berkarat jika sering terpapar air hujan. Maka dari itu, cover pelindung akan sangat berguna untuk mencegah kerusakan bagian tersebut.

9. AC dengan Panel Indikator LED Lebih Mudah Dikontrol

Indikator LED pada unit indoor membuat penghuni ruangan lebih mudah mengontrol suhu tanpa harus mengambil remote AC. Tidak hanya itu, indicator yang tertera pada LED bisa menunjukkan error pada sistem AC.

Penggunan desain panel yang modern dan elegan ini dapat mempercantik inerior ruangan, sehingga AC bukan hanya sebagai penyejuk ruangan saja. 

BACA JUGA : 5 Rekomendasi Merk AC Terbaik Asal China, Harga Murah Kualitas Oke

10. Antibocor pada unit indoor

Pilihlah branding AC unggulan yang mempunyai desain gesper pada sambungan pipa airnya. Dengan menggunakan desain tersebut bisa mencegah masalah internal lepas yang menyebabkan kebocoran.

11. Pilihlah AC dengan layanan after sales terbaik

Layanan after sales sangat dibutuhkan saat terjadi kendala pada sebuah unit AC yang sudah dibeli. Konsumen harus memahami durasi garansi yang diberikan karena setiap brand mempunyai kebijakan tersendiri.

Tidak hanya garansi, pastikan brand memiliki kontak yang mudah dihubungi karena pada beberapa kasus sulit dihubungi. Untuk menilai kinerja layanan after sales pada sebuah merk AC paling bagus, cobalah untuk menghuunginya saat akhir pekan.

Demikian 12 tips yang bisa kamu terapkan saat memilih merk AC paling bagus sebelum membelinya. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: