Dijamin Tagihan Listrik Aman Terkendali, Berikut 5 Tips Memilih Merek AC Terbaik Hemat Listrik

Dijamin Tagihan Listrik Aman Terkendali, Berikut 5 Tips Memilih Merek AC Terbaik Hemat Listrik

Simak Tips Memilih Merk AC Terbaik yang Hemat Listrik--iStockphoto

DISWAY JOGJA - AC saat ini menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat Indonesia. Terlebih jika musim panas akan sangat dibutuhkan untuk memberikan kesejukan. Namun, untuk memilih merek AC terbaik supaya tetap hemat listrik bukan hal yang mudah.

Perlu diketahui bahwa memilih merek AC terbaik agar tetap bisa hemat listrik ada berbagai tips yang perlu diketahui saat sebelum membelinya.

Bukan hanya sekedar punya fitur canggih, memilih merek AC terbaik dengan efisiensi listrik pun saat ini menjadi pertimbangan penting bagi banyak orang.

Oleh karena itu, setidaknya ada lima hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan membeli merek AC terbaik yang hemat listrik. Berikut ulasannya.

BACA JUGA : Dilengkapi Fitur Canggih, Merek AC Terbaik Midea MSAF-07CRN2 Sudah Anti Karat

1. Sesuaikan Kapasitas AC dengan Luas Ruangan

Setiap AC memiliki kapasitas pendinginan yang disebut dengan PK. Sebelum membeli merek AC terbaik, kapasitas pendinginan ini perlu disesuaikan dengan luas ruangan yang akan dipasang AC.

Dengan kapasitas yang terlalu kecil, maka akan membuat AC bekerja dengan ekstra untuk mendapatkan suhu yang diinginkan.

Sementara jika kapasitas PK terlalu besar, bisa membuat ruangan terlalu dingin dan tentunya akan membuat tagihan listrik lebih meningkat.

Untuk cara menghitung PK agar sesuai dengan kebutuhan luas ruangan yaitu bisa dengan menggunakan perhitungan luas ruang kecil dengan satuan panas British Thermal Unit (BTU) dan kemudian dibagi dengan 9,000 BTU. 

Besarnya satuan BTU tersebut, akan bergantung pada kecenderungan tingginya suhu ruangan.

2. Sesuaikan Suhu AC dengan Suhu Udara Sekitar

Sebagian banyak orang berpikir bahwa menyetel AC pada suhu minimum akan membuat pendinginan lebih baik. 

Padahal sebenarnya tidak, suhu yang di stel tidak pernah tercapai akan membuat kerja AC semakin berat dan tentu konsumsi daya listriknya pun menjadi lebih tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: