5 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Gua Pacitan, Suguhkan Eksotisme Alam Wajib Kamu Kunjungi

5 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Gua Pacitan, Suguhkan Eksotisme Alam Wajib Kamu Kunjungi

Destinasi Wisata Terbaru 2024 Gua di Pacitan--Google.com

DISWAY JOGJA - Pacitan adalah salah satu tujuan wisata yang menarik, terutama karena reputasinya sebagai "Kota Seribu Gua". Daerah ini terkenal karena memiliki beragam obyek wisata terbaru 2024 gua yang menawarkan panorama alam yang memukau.

Pacitan menawarkan alternatif wisata terbaru 2024 alam yang menarik selain pantai, yaitu wisata gua. Keindahan alam Pacitan yang kaya membuatnya terkenal dengan beragam obyek wisata alam seperti pantai dan gua.

Wisata terbaik 2024 gua di Pacitan tidak hanya menarik bagi mereka yang memiliki minat khusus, tetapi juga cocok untuk dijelajahi bersama keluarga. Beberapa gua telah dilengkapi dengan fasilitas lengkap, sementara yang lain masih belum banyak dikunjungi, sehingga lebih sesuai bagi pengunjung dengan minat khusus.

BACA JUGA : Tanah Lot-nya Jawa Barat? Berikut Daya Tarik Hingga HTM Wisata Terbaru 2024 Pantai Batu Hiu Pangandaran

Berikut merupakan beberapa destinasi wisata terbaru 2024 Goa di Pacitan.

1. Gua Luweng Ombo

Salah satu wisata terbaru 2024 Goa di Pacitan adalah Gua Luweng Ombo. Nama "Ombo" berasal dari bahasa Jawa yang berarti lebar, merujuk pada ukuran yang cukup besar dari gua ini. Mulut guanya memiliki diameter sekitar 50 meter, dengan kedalaman mencapai 130 meter dari permukaan tanah.

Menurut penelitian, Luweng Ombo awalnya merupakan gua horizontal yang atapnya runtuh karena erosi. Dengan menggunakan peralatan SRT (single rope technique), pengunjung dapat mencapai dasar gua dalam waktu sekitar setengah jam.

Keunikan Gua Luweng Ombo tidak hanya terletak pada formasi batuannya, tetapi juga adanya pepohonan setinggi 1,5 meter di dalamnya. Berdasarkan geologi yang unik, Luweng Ombo menjadi salah satu geosite di area Geopark Gunung Sewu di Pacitan.

2. Gua Gong

Salah satu destinasi wisata terbaru 2024 gua yang paling terkenal di Pacitan adalah Gua Gong. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan yang memukau dari formasi stalaktit dan stalagmit. Kecantikan formasi batu ini membuat Gua Gong dianggap sebagai gua paling indah di Asia Tenggara.

BACA JUGA : Tak Kalah Cantik Dari Pangandaran, Simak Pesona Wisata Terbaru 2024 Pantai Batu Karas Memikat Para Wisatawan

Gua Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Purung Donorejo, Kabupaten Pacitan. Gua ini memiliki kedalaman mencapai 256 meter, dan pengunjung dapat menjelajahi seluruh area gua dalam waktu sekitar 2 jam.

Dari pintu masuk gua, pengunjung akan disambut dengan pemandangan yang menakjubkan, termasuk pagar kristal yang cantik yang diterangi oleh lampu, menciptakan suasana yang memikat. Pemandangan di dalam gua ini tidak kalah dengan gua Phong Nha di Vietnam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: