Sarumbu Ratte Balla: Wisata Terbaru 2024 Hidden Gems di Tana Toraja, Simak Lokasi dan HTM Disini!

Sarumbu Ratte Balla: Wisata Terbaru 2024 Hidden Gems di Tana Toraja, Simak Lokasi dan HTM Disini!

Wisata terbaru 2024 Sarumbu Ratte Balla--

DISWAY JOGJA -  Cara menghabiskan waktu liburan yang paling tepat adalah dengan berkunjung ke tempat wisata terbaru 2024. Salah satunya menikmati pemandangan air terjun yang jernih dengan suasana hutan yang masih asri.

Di Sulawesi Selatan, ada sebuah wisata air terjun hidden gems atau belum banyak orang yang tahu wisata terbaru 2024 ini. Masyarakat sekitar menyebutnya Sarambu Ratte Balla.

Dalam bahasa Toraja, Sarambu berarti sebuah air terjun yang memiliki pesona yang indah dan tidak terlupakan. Berlibur ke wisata terbaru 2024 air terjun termasuk healing tipis-tipis buat kamu yang sedang merasa jenuh dengan aktivitas sehari-hari.

Sebelum berkunjung ke tempat wisata terbaru 2024 Sarambu Ratte Balla, yuk simak informasi selengkapnya mulai dari lokasi hingga HTM dibawah ini!

BACA JUGA : Kapitoo Glamping & Cafe: Wisata Terbaru 2024 Toraja, Cek Lokasi dan HTM Selengkapnya Disini

Seputar Sarambu Ratte Balla

Wisata alam bernuansa ruang terbuka Sarambu Ratte Balla yang ada di Sulawasi Selatan menjadi salah satu wisata hidden gems, tepatnya di Toraja. Sarambu ini menjadi spot favorit masyarakat sekitar untuk berenang sekaligus healing bersama teman atau pasangan.

Suasana di sekitar air terjun ini menyenangkan untuk sekedar bersantai di tepian tau di dalam air. Sarambu Ratte Ball juga mempunyai air yang jernih serta arus yang lembut sehingga menambah rasa ketenangan dan kenyamanan saat berkunjug ke wisata paling trending ini.

Selain itu, Sarambu Ratte Balla dikelilingi pepohonan hijau yang rindang sehingga pengunjung yang datang akan merasa tenang dan nyaman. Keasrian di sekitar wisata populer kekinian ini masih terjaga dan bebas dari sampah yang kotor.

Dibawah air terjun ini terdapat kolam alami, walaupun tidak terlalu luas. Meski begitu, banyak wisatawan yang datang keisni untuk berenang di kolam alami tersebut.

Fasilitas di Sarambu Ratte Balla

Sarambu Ratte Balla masih terbilang wisata andalan terkini di Toraja, sehingga fasilitas yang ada di tempat ini juga masih terbatas. Namun, kamu bisa menemukan beberpa fasilitas yang bisa digunakan, diantaranya seperti area parkir, toilet dan gazebo.

Di lokasi wisata terupdate ini juga masih belum ada  warung makanan atau minuman, sehingga kalau berkunjung kesini kamu harus menyiapkan bekal sendiri dari rumah.

BACA JUGA : 6 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaru 2024 Coffee Shop di Toraja, Unik dan Instagramable Banget Deh

Aktivitas Seru saat di Sarambu Ratte Balla

Berkunjung ke tempat wisata trending andalan Sarambu Ratte Balla, ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan oleh para pengunjung, diantaranya sebagai berikut:
1. Menikmati sensasi dinginnya air terjun dengan berenang di kolam yang ada di bawah air terjun
2. Sarambu Ratte Balla terkenal dengan pemandangan indahnya, sehingga sangat disayangkan jika tidak mengabadikan momen ini dengan hunting foto dan membagikan ke sosial media kamu.
3. Di tempat wisata favorit kekinian tersedia fasilitas gazebo yang bisa kamu gunakan untuk bersantai sambil mendengarkan gemiricik air yang jauh dan menikmati pemandangan di sekitar air terjun.

Lokasi dan Rute Menuju Sarambu Ratte Balla

Sarambu Ratte Balla terletak di Balla, Kecamatan Bittuang, Kabupaten Tana Toraja, Sulawasi Selatan. Berada di lereng gunung pengunjung harus sedikit berjuang untuk mencapai ke lokasi wisata andalan ini.

Rute menuju Sarambu Ratte Balla membutuhkan waktu sekitar 1 jam atau menempuh jarak kurang lebih 37 km dari Kota Makale. Lewat jalan poros Makale-Bittuang-Balla bisa ditempuh menggunakan motor maupun mobil.

Eits, tidak sampai situ saja, untuk masuk menuju lokasi air terjunnya, pengunjung harus jalan lagi kira-kira 2 km dan hanya bisa dilalui kendaraan motor atau jalan kaki.

Selama berjalan kaki menuju wisata Sarambu Ratte Balla, pengunjung akan menikmati pemandangan hamparan persawahan yang hijau dan pepohonan rindang. Dengan demikian, kamu tidak akan bosan dengan jalanan menuju air terjun.

BACA JUGA : 6 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Penginapan Murah di Toraja, DIbawah 300 Ribuan dengan Fasilitas Lengkap

Jam Operasional dan Tiket Masuk

Wisata unggulan Sarumbu Ratte Balla buka setiap hari mulai pukul 08.00-14.00 waktu setempat. Wkatu terbaik untuk mengunungi wisata air terjun yang satu ini adalah saat cuaca cerah sehingga semua pemandangan yang disugughkan di sekitar lokasi dapat dilihat jelas.

Mengunjungi lokasi wisata ini pengunjung harus membayar tiket masuk berkisar Rp 10.000/orang saat weekday. Sementaraa itu, kalau berkunjung saat weekend dikenai tiket masuk berkisar Rp 15.000/orang.

Demikian informasi menarik seputar wisata terbaru 2024 Sarambu Ratte Balla yang ada di Tana Toraja. Selamat berlibur! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: