Pemilu 2024 Sukses, DIY Mendapat Penghargaan Penyelenggaraan Terbaik dari Kemendagri RI

Pemilu 2024 Sukses, DIY Mendapat Penghargaan Penyelenggaraan Terbaik dari Kemendagri RI

Gubernur DIY Sri Sultan saat melakukan pencoblosan pada Pemilu.-DOK.-

DISWAYJOGJA – Penyelenggaran Pemilu 2024 di DIY mendapat apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri RI. Apresiasi tersebut diwujudkan dengan memberikan piagam penghargaan dengan peringkat terbaik kepada DIY melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

Plt Kepala Bakesbangpol DIY Dewo Isnu Broto Imam Santoso mengatakan, penghargaan tersebut diterima Selasa, 2 April lalu di Hotel Salak The Heritage, Bogor, Jawa Barat. Penyerahan penghargaan dilakukan pada acara Evaluasi Hasil Pelaporan Data dan Informasi pada Sistem Informasi Pemantauan Perkembangan Situasi Politik di Daerah.

BACA JUGA:Pemilu 2024 Sukses, Mendagri Apresiasi Kinerja Satpol PP dan Satlinmas

Dewo menjelaskan, penghargaan itu diberikan kepada daerah-daerah yang berhasil mengawal Pemilu dengan baik. Dimana selama penyelenggaraan Pilpres 2024, DIY menjalin kolaborasi dari KPU, Bawaslu, Pemda, Polri, TNI dan masyarakat, untuk menciptakan suasana kondusif. Kerja sama harmonis inilah yang membuat pelaksanaan Pemilu di DIY terlaksana dengan jujur dan berintegritas.

“Kita sebenarnya berupaya tidak hanya pengawasan, tapi kita gencar melakukan sosialisasi sejak 2022 akhir, kemudian dilanjut 2023. Sampai 2024 kita masih ada sosialisasi dengan berbagai sasaran, baik generasi muda, masyarakat, maupun teman-teman disabilitas,” jelas Dewo, Kamis, 4 April 2024.

Menurut Dewo, sosialisasi dan edukasi membuat masyarakat DIY terdidik untuk menggunakan hak pilihnya dalam hal politik dan kewajiban sebagai warga negara. Dengan demikian, pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024 di DIY dapat berjalan dengan baik, penuh dengan integritas, dan semua masyarakat dapat dilayani dengan baik. Selain itu, Kesbangpol DIY bersama Bawaslu melakukan pengawasan dan monitoring langsung ke TPS-TPS di DIY.

”Menjaga suasana kondusif memang sangat penting. Suasana kondusif DIY tidak hanya diciptakan oleh teman-teman TNI atau Polri saja atau Kesbangpol saja, tetapi juga harus semua tanggung jawab itu ada pada lapisan masyarakat maupun dari pemerintah daerah dan para stakeholder yang lain,” jelas Dewo.

BACA JUGA:Tingkat Partisipasi Pemilih Pemilu 2024 di Kota Tegal Naik 1 Persen

Dewo mengaku, DIY masih memiliki pekerjaan rumah yang besar, yaitu Pemilukada. Karena itu, Dewo dan jajaran akan menerapkan model penanganan pengawasan Pilpres yang telah berlangsung pada Pemilukada yang akan dilaksanakan. Harapannya akan mewujudkan kondisi kondusif, seperti Pemilu 2024 yang sudah dilaksanakan.

“Kesbangpol juga punyo posko Pemilukada. Kalau kemarin kita punya posko Pemilihan Umum, sekarang kita buat pula posko Pemilukada. Posko tersebut tugasnya adalah melakukan pemantauan dan pengawasan untuk melihat situasi dan kondisi sebelum, saat dan pasca Pemilukada,” ujar Dewo. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: